TMCBLOG.com – Triumph telah mengumumkan bahwa mereka akan memasuki kejuaraan dunia Motocross FIM (MXGP) mulai tahun 2024. Triumph berani menancapkan rencana serius ini karena pada dasarnya mereka disinyalir telah mengembangkan mesin motocross dan enduro sejak tahun 2021, dan pengumuman ini memperjelas bahwa pengembangan mesin motocross telah bergeser ke tahap balap.

Pada sesi Triumph presentation di acara Monster Energy FIM Motocross of Nations 2022, Triumph mengungkapkan bahwa rencananya mereka akan masuk dulu di kelas MX2 dengan mesin 4-tak 250cc pada tahun 2024, dan baru setelah itu rencana masuk ke kelas primer MXGP dengan mesin 450cc hadir setahun berikutnya atau tepatnya pada tahun 2025.

Ilustrasi Triumph MX

Baik kelas MX2 dan MXGP Triumph akan menghadirkan tim pabrikan/factory bernama  “Triumph Racing.” FYI Triumph selama ini telah menjalin kemitraan dengan Thierry Cisatto-Suzoni dan Vincente Belleny. Keduanya memiliki 13 tahun pengalaman menjalankan tim Kawasaki Eropa di kejuaraan dunia Motocross FIM dari 2008 hingga 2021, dengan Cizatto-Suzoni sebagai pemilik tim dan Bereni sebagai manajer tim, membawa mereka meraih lebih dari 80 kemenangan. Pengembangan prototipe buat triumph ini berbasis di Hinckley, Inggris, di mana markas Triumph berada, namun kegiatan tim balap rencananya akan berbasis di fasilitas balapan Belanda milik Cisat-Suzoni.

Thierry Cisatto-Susoni “Triumph berkomitmen penuh untuk pengembangan sepeda motor motorcross dan berada di jalur yang benar untuk lolos ke kejuaraan dunia Motocross FIM. CEO Triumph Nick Bloor dan dewan telah membuat ambisi jangka panjang yang jelas untuk proyek ini dan saya telah melihat banyak antusiasme dari pabrikan.”

“Saya senang dengan kemajuan yang telah mereka buat sejauh ini dan itu luar biasa. Vincent dan tim saya bekerja dengan para insinyur di fasilitas Hinckley untuk menyelesaikan mesin kompetitif untuk kelas MX2 pada tahun 2024. Saya senang bisa kembali ke MXGP sendiri.”

7 COMMENTS

  1. Emang gile nih merk, perkembangannya pesat banget, dari sisi perubahan garis desain , teknis mesin, varian produk dan penetrasi pasarnya bahkan lebih agresif dari merk jepang sekalipun

    • sementara temen2nya pada berguguran dan harus dijual ke asing biar bisa idup lagi, Triumph masih menjadi merk Inggris yg otentik, dan skrg malah makin agresif,

  2. Mxgp balap dunia yang memiliki kesempatan besar diikuti pembalap tanah air😄🤔,diluar sponsor tinggal skill dan fisik nya kuat kagak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.