TMCBLOG.com- Bersamaan dengan perilisan super naked bike M1000R, BMW juga telah mengupgrade superbike homologasi WSBK mereka yakni BMW M1000RR full fairing dengan paket aerodinamika yang lebih canggih, yang diklaim dapat meningkatkan kecepatan dan stabilitas handling dari motor berkapasitas mesin satu liter ini.

BMW M1000RR dibangun di atas S1000RR dan menjadi dasar untuk mesin balap BSB dan WSBK. Superbike ini menampilkan mesin empat silinder yang bisa menghasilkan power maksimum sebesar 209,2 Hp yang lebih kuat dan dapat disetel (Riding Mode), lengkap dengan piston forged, intake port mesin CNC, variable valve timing (Shift Cam) serta banyak lagi.

Dan untuk model tahun 2023 ia mendapatkan pembaruan besar pertamanya untuk tahun yang akan tersedia untuk pelanggan mulai bulan April 2023 dalam dua varian – model standar dengan sentuhan warna putih, ditambah model M Competition yang berwarna hitam.

Menurut klaim BMW, kehadiran desain terbaru dari winglet bagian depan dapat meningkatkan top speed dari 305,9 km/jam menjadi 314 km/jam yang mungkin kedengarannya tidak banyak namun bisa menjadi perbedaan dalam menang atau kalah di panggung balapan dunia.

Secara umum yang dilakukan BMW adalah menggunakan serat karbon untuk winglet yang didesain ulang baik bentuk, luas dan kemiringan sudut untuk lebih dapat melindungi pengendara pada kecepatan tinggi, yang seharusnya membantu mengurangi kelelahan. Winglet depan yang didesain ulang dikatakan juga meningkatkan downforce sebanyak 6,3kg pada 300 km/jam dibandingkan generasi sebelumnya. Secara umum downforce meningkat dari 16,3kg pada generasi sebelumnya menjadi 22,6kg pada generasi terbaru ini.

Pada BMW M1000RR model 2023 yang baru ini juga terlihat bahwa spatbor depan karbon hadir dengan desain ulang yang sekarang menggabungkan saluran pendingin rem untuk mengurangi suhu sebanyak 10° celcius. BMW juga mengklaim saluran membantu meningkatkan efesiensi aliran udara di sekitar kaki garpu depan suspensi dan kaliper rem.

Juga bisa dilihat bahwa BMW M1000RR versi kompetisi (M Competition) hadir penutup roda serat karbon untuk menurunkan hambatan udara yang paling efektif pada kecepatan di atas 250 km/jam. Wah kapan masuk Indonesia ya? – Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

17 COMMENTS

  1. bentuk ram air nya juga berubah jadi lebih gede ya,pantes aja walaupun sungut makin besar tapi topspeed malah meningkat

    cakep sih kalo gak ada winglet,apalagi kisi kisi samping berbentuk shark gills balik lagi

  2. Brake rotornya mehhh, kalau saya diizinkan punya pasti saya copot itu. Tp ram air nya tjakep.

    Lebih ganteng m1000rr sebelum ini, minimalist yet beautiful

    lebih ganteng lagi ? pas masih s1000rr, cleeaaaannn !

  3. Dari superbike kok malah jadi gimana, kayak motor Turing 😁 aroma TVS nya semerbak.
    Aero winglet superbike paling pas itu ya new Aprilia RSV4 xtrenta

  4. “…menjadi 314 km/jam”
    nah gini dong top speed asli diumbar 👍 jgn kayak ducati, mesin V4R segitu powerfull tp gk tau top speed brp. tunggu dibocorkan dulu sm zarco lewat video onboard baru ketauan top speednya +320, itupun versi remap spido

  5. downforce 22kg di 300kmh🤔 kalau dari motogp winglet tambah downforce untuk mengurangi wheeli saat akselerasi yang speed nya 200 an bahkan kurang. ini kenapa pakai data di 300kmh? apakah tujuannya beda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.