TMCBLOG.com – Kebutuhan untuk mencari satu helm tipe open face/half face untuk harian membuat TMCBlog mencoba untuk ngubek-ngubek lagi beragam helm di segmen ini. Karena buat harian. Bentuknya dan harganya juga nggak ingin yang terlalu overkill. Ingin yang medium ke bawah laaah, tapi secara brand, ingin yang lokal tapi sudah terbukti, kalo bisa sudah mendunia. Setelah dulu pernah coba DJ Maru akhirnya dipilihlah KYT Galaxy FLAT R.

Ngubek-ngubek info, akhirnya jatuh suka pada satu warna yang lumayan kalem tapi cool . . Gorilla Grey. Tapi,,, ampuuun susah banget nyari di online store dengan harga yang reasonable. Terlebih untuk warna Gorilla Grey ini. Akhirnya terpaksa minta bantuan lagi ke salah satu dhelm KYT yang sudah lama kami kenal yakni Jayakarta Helm Bekasi yang berlokasi di Jl. Ir. H. Juanda No.20, Duren Jaya, Bekasi Timur. Akhirnya nemu sob si Galaxy Flat R Gorilla Grey dengan ukuran yang diinginkan yakni M. Mantabbb!! Harganya di sini bisa tembus untuk eceran 430 ribu Rupiah.

Bicara soal KYT Galaxy Flat R yang hadir di awal 2022 sekitar bulan Maret atau April ini sebenarnya bukan produk yang 100% baru. KYT Galaxy Flat R pada dasarnya menggunakan platform desain, shell terluarnya yang terbuat dari Thermoplastic, EPS, spoiler dan desain ventilasi yang sama dan berbagi pakai dengan KYT Galaxy Slide yang semenjak 2016 sudah dirilis oleh KYT dan banyak disukai oleh konsumen helm di Indonesia.

Yang jadi pertanyaan, apa yang membedakan KYT Galaxy Flat R dan Galaxy Slide? Yang pertama dan paling signifikan berubah adalah visor/kaca helmnya di mana pada Galaxy Flat R sudah menggunakan visor yang flat/rata sesuai dengan namanya. Secara dimensi, visor Flat R juga lebih panjang dari Galaxy Slide.

Namun bicara mekanisme mounting, Galaxy Flat R menggunakan model quick release dengan model ratchet yang sama persis dengan seri Galaxy Slide. Ini juga mengartikan bahwa visor flat di KYT Galaxy Flat R ini bisa berbagi pakai dengan Galaxy Slide.

Visor pada Galaxy Flat R memiliki ketebalan yang lumayan tebal dengan material yang terasa solid dan kuat namun cukup lentur. Oh ya, visor flat pada Galaxy Flat R tidak memiliki tear off pin alias tidak mendukung pemasangan tear off maupun anti-fog dengan merk Pin-lock.

Update kedua pada Galaxy Flat R adalah fitur pada bagian dalam atau busa di mana sudah dibekali dengan fitur Wearable Glasses yang dirancang dengan baik untuk menambahkan kenyamanan saat memakai kacamata. Jadi seperti dibuat tunnel khusus buat gagang kaca mata sob.

TMCBlog sendiri di vlog sudah mencoba menggunakan kaca mata sport yang notabenenya memakai platform dimensi gagang paling tebal, lebar dan solid untuk mengujinya dan masih nyaman saat dipakai.

Selain itu fitur lainnya yang diberikan KYT pada Galaxy Flat R adalah kehadiran busa yang bisa dilepas pasang, termasuk busa pipi dan kain bagian atas kepala. Oh ya, pada Galaxy Flat R ini KYT juga telah meng-upgrade bagian EPS pada cheek pads dengan mengganti material yang sebelumnya memakai styrofoam menjadi material plastik yang lebih kuat dan solid. Ukurannya gimana? Cek nih sob!

  • S (55-56 cm)
  • M (57-58 cm)
  • L (59-60 cm)
  • XL (61-62 cm)
  • XXL (63 cm)

Selain tiga hal di atas secara umum fitur lainnya sama seperti Galaxy Slide seperti : 10 spot lubang ventilasi. Ademmm sob. Lalu juga sudah lulus standarisasi SNI dan DOT. Memiliki fitur double visor dengan sun visor di bagian dalam yang bisa dibuka dan tutup menggunakan mekanisme slot di sisi kiri helm. Menggunakan sistem penguncian model Quick Buckle yang sangat terbukti cocok dan aman buat helm harian.

Juga tetap ada fitur lubang Anti Theft yang sudah dipatenkan oleh KYT. Dengan bobot sekitar 1,4 kilogram KYT Galaxy Flat R tidak bisa dikatakan yang teringan di kelas helm open face. Namun juga bukan yang terberat. Secara umum Galaxy Flat R adalah helm dengan tampilan standar yang ciamik serta modelnya tergolong everlasting. Cakep, nggak terlalu overkill cakepnya seperti umumnya helm helm open face zaman now. Juga dengan harga jual yang masih cukup terjangkau terlebih masuk budget pelajar. Jadi ya, highly recomended terlebih jika dapat warna warna spesial kayak Gorilla Grey ini. –

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

 

 

   

 

 

18 COMMENTS

  1. saya punya galaxy slide, udh lbh dari 4 tahun…
    sayangnya, tulangan di pipinya trmasuk gak awet, apalagi lem dalam bantalan pipi yg blm ada setahun beli udh ngelupas

    • sama kayak punya sodara wkwkw
      padahal termasuk masih baru tiba² udah copot aja pengancing atau apalah namanya itu
      saya akalin d kasi double tape biar ttp bisa d buka pasang

  2. kepala saya pake galaxy slide kaya kegedean, pake kyoto kekecilan, akhirnya gorilla matte grey DJ Maxi pas wakaji… dipakein visor venom clear ori cakep juga wakaji

  3. Pake Galaxy Slide sejak 2018.. visor dalam udh mulai turun sedikit tp overall masih okee dan enak banget ampe hr ini di pake harian..

  4. Wak, kapan-kapan bahas pilihan hem buat anak yg SNI resmi gitu..
    Soalnya pengalaman pribadi buat nyari helm anak (toddler), kebanyakan memang SNI sih, tapi SNI nya meragukan karena dari fisik helmnya saja tidak meyakinkan.
    Atau mungkin bisa ngasih input ke brand-brand helm lokal buat lebih memperhatikan segmen helm anak supaya orangtua yg concern dengan safety anaknya saat diajak berkendara bisa punya tenang saat membeli helm anak.

  5. sodara ada punya ini tapi masih logo lawas
    feel nya masin enakan NHK R6, INK dynamic dan KYT Kyoto

    tapi entahlah yg sekarang ama yg punya sodara dalemannya sama atau ngak, soalnya casing nya 100% sama, model busanya mirip, model platik nya juga mirik
    yg bedain cuman logo baru kyt dan ada tempelan logo kacamata

  6. mas mau tanya kalau helm kyt/nhk halfface yang ringan ada gak ya? makai nhk r6 lumayan berat mau ganti yang agak ringan.

    • kyt kyoto, kyt dj maxi, kyt flat r
      atau milih zeus / rsv tapi harganya lumayan
      kalo nhk emang rata² berat, malah masih ringanan TTC dari pada half face nhk

  7. satu lagi yang beda dari galaxy slide tp justru malah menjadi point minus untuk galaxy flat r adalah pada spoiler atas harusnya bisa dislide menyerupai kayaknya vent, namun di flat r itu hanya asesoris tempelan doang, ga ada mekanismenya.

    • Pernah beli galaxy slide awal diluncurkan, dapat bonus kunci anti-theft, sekalinya buru-buru parkir gak pakai anti-theft langsung digondol maling.

    • Saya punya KYT Galaxy Slide Flat R, dan Spoiler yang anda maksud itu BISA di Slide kok… geser ke belakang maka Spoiler warna hitam itu akan naik, dan menjadi Lubang Out bagian dari Vent…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.