TMCBLOG.com – Secara umum tanggal 25 Oktober 2022 yang lalu Lembaga Paten Indonesia mengumumkan status masa perlindungan desain yang diajukan oleh Honda Jepang terhadap satu desain sepeda motor jenis Cub (motor bebek) yang secara umum bentukannya mirip seperti Honda Wave 125i yang sudah lama hadir di Thailand.

Sama seperti yang telah TMCBlog publish kemarin perancang model motor ini pun ada 3 SDM asal negara Thailand yang diperkirakan merupakan SDM di RND Honda Asia yang bertempat di Bangkok – Thailand. Mengenai desainnya plek alias sama banget dengan varian untuk market Thailand termasuk cover rantai (ketengkas) yang sudah lama ditinggakan oleh AHM dalam setiap desain motor Cub-nya.

Mengenai Honda Wave 125i sendiri di Thailand menggunakan mesin satu silinder berpendingin udara 124,89 cc dengan dimensi bore × stroke: 52,4mm × 57,9mm dengan perbandingan kompresi 9,3:1 dan kopling rotari semi-otomatis. Secara umum sangat mungkin untuk dihadirkan di pasar sepeda motor Indonesia karena platform mesin ini masih sama dengan mesin yang dipakai pada SupraX 125 saat ini. Jadi, mungkin tinggal ‘ganti baju’ saja untuk refreshment.

Cuma memang salah satu fitur menarik buat Wave 125i jika memang bahkan malah desian terbaru 2023 akan menjadi desain Supra X 125 mendatang adalah headlamp-nya yang sudah LED melengkapi beberapa fitur lainnya seperti seat opener, premium amber meter, dan bagasi under seat berkapasitas 17 liter. Jadi apakah kita akan melihat desain ini sebagai pengganti dari Supra X 125 di tahun 2023 atau tahun-tahun mendatang?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

34 COMMENTS

    • kalo dobel cakram, katenglas lepas, design velg ganti Y, kasih varian warna mate+emblem supra 3D,, lumayan bisa naikin penjualan bebek AHM

      • kalau mau gaya itu Jupiter Z1 lu ambil, moped paling cakep tuh,,,ini’mah mementingkan fungsinya,,itu penutup berguna banget buat durabilitas rantai, jangan sampai masuk Indo dihilangin lagi itu tutup rantai demi pemuja alay yang gila model.

  1. entar Supra Batman tak lagi Batman

    kalo saja knalpotnya juga tetap full chrome bakal terlihat lebih premium,dan langsung kelihatan kastanya lebih tinggi kalo dijejerin revo

  2. ini sih kalau masuk, lebih ke menghidupkan kembali Suprax Helm-in ya.

    tapi pasti ga bakal pake cover rantai, cat shock depan pasti hitam. Lampu led nya pasti buram, khas honda. Dan ga bakal beli, kalau tonjokan tensionernya masih kekeuh dongret model rolrolan, gamau balik ke model tonjokan kaya yang umum dipakai motor lainnya.

    Suprax gen sekarang, tiap naik, mau punya sendiri, punya keluarga, punya ojol, pasti keteng kendor bin berisikkkk, tenaga auto loyooo

  3. Ygbl jelas batok lampu headlamp wajib diupgrade. Mosok dari jaman supra fit sampe supra FI tiap lewat jalan nggronjal tangan kiri sibuk megangin batok lampu.

  4. desain campuran
    batok lampu mirip Revo
    tebeng depan mirip Supra helm in
    bodi belakang mirip fit x
    knalpot mirip Supra x 125 generasi 2016
    spakbor depan mirip Honda Blade 125

  5. yah palingan cuma buat mengamankan hak intelektual aja biar gk dijiplak dimari secara gituloh org2 di negri ini masih doyan barang jiplakan kalo buat dimaspro dimari kayaknya tidak 100%, garis desain lebih mirip Supra x125 Helmin yg bagasi, headlamp,rem cakram nyusut tapi ada beberapa yg diupgrade

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.