TMCBLOG.com – Terlepas dari semakin ketatnya regulasi emisi global, Suzuki untuk tahun 2023 ini masih memproduksi naked bike kelas menengah yakni SV650 Series (SV650 dan SV650X). Dan untuk tahun ini tersedia warna warna baru untuk mungkin satu dari sedikit jenis motor di segmen medium big-bike yang menggunakan platform mesin V2 ini.

Secara umum, SV650 memulai debutnya pada tahun 2016 dengan mesin 2 silinder tipe-V dengan kubikasi mesin 645cc. SV650 Series adalah medium big-bike yang mudah dikendarai berkat bodynya yang ramping dan ringan serta posisi berkendara yang natural.

Pada tahun 2018, model turunan “SV650X” ditambahkan ke jajaran produk. Berbasis SV650, dilengkapi dengan headlight cowl, mini side fairing, setang clip terpisah, dan tuck roll seat. Secara umum SV650X memiliki gaya seperti motor cafe racer yang unik.

Model untuk tahun 2023 ini sudah memenuhi regulasi emisi Euro terakhir di Jepang yang diperkenalkan pada 2020. Hadir ke pasar motor di Jepang dengan hanya dilakukan perubahan warna bodi dimana hadir 3 warna baru untuk SV650 dan satu warna pilihan untuk versi SV650X. Sementara itu diinformasikan tidak ada perubahan spesifikasi dan harga. Sayangnya pihak Suzuki Indonesia kembali belum berminat untuk memasukan varian ini di Indonesia.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

26 COMMENTS

  1. gegara remisi aka regulasi emisi, satu2nya mesin V2 kelas menengah ramah kantong utk ukuran yurop ini terancam suntik mati. pasahal dijaman supersport next gen ama wss300 yg bakal beralih ke supertwin, ini basis mesin oke bgt buat dikembangin dari SV series (naked) ke GSV series (fairing). mesin plek ketiplek SV650 aja tuning dikit kasih baju udh bejaban ama R7 dan Ninja 650, naekin dikit bore ato sekalian stroke, ama desain ulang head, kasih lah kapasitas 800 ato 900, udh bisa bejaban di supersport next gen. sayang Jepang sendiri jg kaya lesu di sport kelas tanggung aka menengah gini. artikel ini kaya sinyalemen abisin sisa stok SV650 series aja sebelon total all new pake inline 800cc series.

    • Kalau disebut abisin sisa stok kayanya ga juga Om imho. Di kelas ini pada rame rame menuju desain futuristik dengan semangat enjin +- tapi dengan segmentasi masing”.

      Kalau saya liatnya ya si sv650 ya jadi diferensiasi, murah, v enjin tulen, dan.. desain timeless, malah mager desain mager facelift jadi kekuatan sendiri buat ini motor. Juga sambil preparing siklus yang selalu terjadi, pada desain simpel lamalama desain ribet, nanti balik lagi ke selera yang simpel, motor ini udah siap menyambut wkwkwk. Jadi kayanya gabakal dibiarin mati begitu aja.

      • kalo diterusin produksinya mgkin iya, dan gw berharap gitu jg ketimbang abisin sisa stok. tapi utk dikembangin jadi basis calon mesin baru buat supertwin tulen aka sport fairing (bukan pemakai SV650 pasang sendiri fairing gsx) dan supersport nex gen, kayanya kecil kemungkinan. Suzuki bakal ngikut tren jg bikin mesin inline buat calon supersport next gen. kalo berkaca ke Triumph, bisa aja mereka malah sengaja bikin naked only, utk wss tinggal sediain conversion kit biar bisa kepasang fairing gsx kaya Triumph yg cuma nyediain comversion kit (baca mounting fairing) buat para kontestan supersport pemakai 765.

  2. Motor idaman 😁. Kalo ibarat lagu, design sv650 ini evergreen, sejak rilis 2016 sampai sekarang 2023, ngga sedikitpun bikin design motor ini ketinggalan jaman. Evergreen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.