TMCBLOG.com – Pada dasarnya Kawasaki menghadirkan model homologasi baru di tahun 2021 yang mesinnya bisa berputar 15.100 rpm. Namun asosiasi motor dunia FIM dan DWO tidak mengklasifikasikan ZX-10RR ini sebagai mesin baru sehingga semua mesin Kawasaki di Kejuaraan Dunia Superbike saat ini hanya diperbolehkan berputar maksimal 14.600 rpm mengikuti Limit rpm pada Homologasi ZX-10RR sebelumnya.

Saat itu Kawasaki sempat berang, Namun tak ada yang bisa mereka lakukan sehingga secara umum regulasi teknis ini selama beberapa tahun terahir menempatkan Kawasaki jauh di belakang persaingan: Ducati Panigale V4R saat ini memiliki kecepatan maksimum 16.100 rpm, Honda CBR1000RR-R 15.600 rpm, BMW M1000RR 15.500 rpm, dan Yamaha R1 14.950 rpm. Sepanjang dua Musim berlakangan Mereka hanya bekerja pada Modifikasi sasis, kelincahan, aerodinamika, elektronik serta setup setup lain yang diperbolehkan regulasi agar dapat mengikuti persaingan.

Via Speedweek terungkap bahwa Pada tanggal 7 Februari, Kawasaki akan menghadirkan mesin balap tahun ini Kawasaki ZX-10RR untuk Kejuaraan Dunia Superbike. Sehari setelahnya tim pabrikan KRT direncanakan juga akan mengikuti prosesi Launching dengan Model presentasi video secara online. Pada Jerez Test Sendiri Guim Roda Sempat Mengungkapkan bahwa Rea dan Lowes menguji beberapa Part Untuk ZX-10RR masa depan . . Namun belum terkonfirmasi apakah makna ‘ masa depan ‘ itu bisa berarti bisa dihomologasikan Untuk tahun 2023 ini atau 2024.

Walaupun diperkirakan bentukan Fisik fairing dan Bodywork akan mirip dengan versi 2022, namun Patut banget dikepoin mengenai spesifikasi mesin yang dihadirkan. Spesifikasi nanti akan menentukan apakah limit rpm ZX-10RR SBK pun dapat juga terkerek naik setelah Prosesi Homologasi teknis yang akan di Lakukan Oleh Direktur Teknis FIM WSBK yang baru pada tiga hari jelang Race weekend WSBK 2023 dimulai di Phillip Island.

Sementara itu, Setelah menyelesaikan sesi Jerez pekan lalu akan ada satu lagi tes musim dingin berbasis Eropa untuk kedua pembalap KRT, di tempat yang sangat berbeda yakni di Autodromo Internacional do Algarve, di Portugal, antara 31 Januari dan 1 Februari 2023.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

31 COMMENTS

  1. ooo tidak bisa pasti masih dianggap mesin lama yg cuma dikilik sedikit,beda dgn Ducati yg sampai bikin diatas ambang batas harga (yg akhirnya disesuaikan)yg sudah pasti itu totally new from scratch 😂

  2. Knalpot underbelly bikin titik pivot swing arm jadi lebih naik ya Wak?
    Pengaruhnya apa terhadap performa motor?

    • cmiiw dari awal ya memang di desainnya kaya gitu Om. Kebetulan ada space ya sekalian aja diisi sama perut knalpot a.n desain barang produksi massal.

      Toh juga di race ganti knalpot sama arm underbrace toh.

  3. kayaknya Honda juga anteng aja gak ada pergerakan untuk ngidupin rvf series, padahal jualan rcv lemot aja dulu udah memenuhi jumlah kuota untuk proses homologasi

    • kalau ga salah si akang pernah bilang alasan pabrikan jepang males ngeluarin teknologi motogp nya buat motor masspro karena ga mau teknologinya sampai dijiplak sama pabrikan lain.

    • RCV lemot gak bisa masuk karena harganya sudah lebih dari yang diatur regulasi, jadi meski terjual banyak tetap gak bisa masuk

  4. Dorne : “Lahan nerf baru nih.”🫢🤭🤣
    Kawak : “Ah shit,here we go again”😰🥲🫠
    (Seperti itulah kira-kira gambarannya…jokes only😂😂😂)

  5. kalo emg ada Ninja baru paling cepet dipake musim depan. krn gw belon pernah denger ada motor baru yg di homo lo ga si? in beberapa minggu doang sebelon musim berjalan. selambat-lambatnya motor yg mau dipake di suatu musim harus udh di homolobasiin akhir taon sebelomnya. tapi yaa, Dorna kan ajaib. never say never lah yak. tapi tebakan gw sih cuma ‘mesin baru’ buat musim ini, sekali lagi gw harap tebakan gw salah aja kali ini. krn musim ini Batistuta diatas angin bgt, Toprac kaya udh hopeless, Reading ngatain motornya cuma polesan, Iker Casillas kayanya progressnya ga bakal seberapa, Rea jg kemungkinan pake mesin berperforma buluk lg. tapi kalo bener ada motor baru dan boleh lsg dipake, maka kita bakal ada kesempatan liat battle, kalo kaga ya bakal jadi omr Ducati.

    • biasanya pabrikan Jepang tradisinya memperkenalkan proyek pentingnya di ajang Tokyo motorcycle show yg diadakan Maret besok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here