TMCBLOG.com – Seperti yang sudah kita diskusikan di artikel sebelumnya, Kawasaki Motor me-provide tim factory mereka di WorldSBK, Kawasaki Racing Team dengan motor model year 2023 yang bisa dibilang merupakan model homologasi terbaru dengan harapan FIM bisa memberikan kenaikan rev limit untuk mesin ZX-10RR baru ini dibandingkan acuan maksimum sebelumnya yakni 14.600 RPM. Sebelum Test PI, ada rumor kemungkinan penambahan 500 RPM, sehingga memungkinkan ZX-10RR mencapai 15.100 RPM, namun ternyata gagal sob!!

Menjelang tes Phillip Island, FIM mengkomunikasikan limit atas putaran mesin masing-masing pabrikan yang tertera secara leterlek di buku kuning regulasi. Dibandingkan dengan musim lalu, bagaimanapun, tidak ada beberapa perubahan substansial dari limit RPM tertinggi yang diperbolehkan. Meskipun perusahaan yang berbasis di Akashi telah menghadirkan homologasi baru dari ZX-10RR, namun keputusan FIM ya masih seperti itu.

Bukan hanya Kawasaki Ninja ZX-10RR, namun juga Superbike update lainnya di model 2023 seperti Ducati Panigale V4R 2023 yang tetap 16.100 rpm dan BMW M1000RR yang walaupun secara bentuk fairing berubah banget, tetap saja rev limitnya di angka 15.500 RPM . . Sama seperti M1000RR tahun 2021.

Ya memang Ducati tidak mempermasalahkannya karena limit mereka di V4R 2019 juga sudah tinggi (bahkan tertinggi di antara semua motor homologasi). BMW juga masih termasuk tinggi. Lah ZX-10RR ini yang secara umum punya rev limit paling rendah di antara semua harus putar otak keras kembali terutama saat Rea atau Lowes berjibaku adu top speed di straight dengan pembalap pembalap Ducati.

Kenapa bisa tetap? Kemungkinan karena FIM menilai bahwa walaupun homologasi baru namun jeroan dari New 2023 ZX-10RR masih sama dengan jeroan mesin model sebelumnya. Secara detail dari apa yang dimaksud dengan ‘update jeroan’ bisa berupa perubahan dimensi bore/stroke piston, tata letak/platform bentuk mesin (inline atau V ), perubahan tipe penggerak klep, perubahan bahan dari klep, perubahan sudut seating dari katup/klep, perubahan spek dari Con-rod, sistem transmisi baru, perubahan bobot dari crankshaft ataupun tata letak dari box filter udara.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

42 COMMENTS

  1. Mbok ya setidaknya dinaikkan barang 250rpm biar tontonan makin seru. Kalo gini terus entar rea frustrasi bisa2 main sikut lagi.

  2. Semakin memperlihatkan akal bulus Dorna. Yang juara dari Euro tak dicekik RPM. Yang 2 tahun tidak jurdun tetap dicekik RPM

    Mabok!!!

  3. gagal maning son son
    Rea harus ngeden ngeden dah

    Kalo mesin tetep kekeh gak bisa diubah,harusnya Kawasaki inisiatif pindah ke sektor lain,dengan meringankan bobot motor,mengganti bentuk fairing dan ram air,ganti knalpot kayak inline MotoGP yg lebih free flow,biar tenaga dan pwr masih bisa ditingkatkan walaupun dgn mesin ejakulasi dini,toh pabrikan lain ganti tampilan, knalpot dan winglet runcing langsung di acc kok

    • Om.. om.. itu jurus ganti bentuk fairing kan ga mempan. Padahal ganti fairing tapi dalemannya tetep ga sama kaya edisi sebelomnya

  4. Seperti di motogp..
    Tetap aja pabrikan eropa sebagai antagonis…biar katanya imbang motornya hehehe..
    kalau mau imbang ngapain insinyur udah capek2 bikin motor yg lebih baik dr pabrikan lainya eh malah di kebiri..
    Bedanya di wsbk ada 2 samurai yamaha dan kawasaki
    Yg rpm nya di sunat sampai 15K bahkan ada yg <16K..hiahiahia

    • enggak ah, panigale V4R standar punya rpm limit di 16.500, kalo yg V4S memang cuma 15500. coba ketik google image ” V4R speedometer ” keliatan redline di 16.500 rpm posisi standard pabrik

  5. Kawasaki bukan gak bisa ngejar Ducati di lurusan, tapi Bautista yang bobotnya ringan kayak anak kelas 1 SMA. Musim lalu ngejar Rinaldi dan Bassani kayaknya mampu2 aja walaupun harus sampai ujung.

  6. Setelah MotoED (MotoE Ducati), muncul DucatiGP, lalu terbitlah WorldSuperDucati. Terlalu ketara untuk dpt dikatakan bhwa Ducati diistimewakan dalam brbagai balap internasional.

  7. dibantu singlet
    dibantu ECU
    dibantu RPM
    dibantu tim order
    dibantu wasit
    dibantu regulasi
    terus DORNA bertanya kok penontonnya pada minggat
    mirip nonton drama politik daripada drama balapan

    • Di WSS ..malah ada yg offset cc nya…tp masih kalah ama yg cc lbh kecil..hehehr
      Kayaknya di kita..indoprix/motoprix bikin aja kelas R15,CBR150,GSXR150 VS R25,NINJA250, CBR250 jg aja kalau gitu..hiahiahia

  8. Kalo mau minta penambahan rev limit hrusnya kawasaki belajar dari pengalaman gak usah neko – neko atau pusing- pusing ubah mesin cukup ganti warna motor jadi merah dan tempeli stiker ducati.

  9. Berarti imbang aja sebernarnya ya om walau RPM dikebiri…? Cuman Katup ini yg bikin bonussssssssss buat si…..
    bener ngga om???

  10. Berasa gk adil yah wak pdhl kawasaki udah 2 kali kalah dlm perebutan gelar ko gk ada dispensasi nya sama sekali memutar otak berkali” Pikiran liar saya menganggap sprti ada peng anak tirian dari motor” Jepang wak aji di mulai dari motorgepe dan skrg super bikeeeeee maaf wak bila pemikiran ini terlihat dangkal 😊🙏🙏

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here