TMCBLOG.com – Semakin banyak seri balapan (21 seri di tahun 2023) plus semakin banyak jumlah balapan dengan penambahan Sprint Race di 2023 secara umum tidak sebanding dengan jumlah sesi pengujian (test) yang bisa dilakukan pihak pabrikan. Hanya akan ada dua hari sesi test resmi yang dilakukan sepanjang musim 2023 yakni sehari pasca race Jerez dan sehari pasca race Misano. Selain itu pabrikan hanya bisa bergantung pada test privat.

Tidak seperti test resmi yang bisa diikuti pembalap permanen, test privat secara umum hanya bisa diikuti oleh para test rider yang dikontrak oleh pabrikan. Selain itu test privat bisa dilakukan di sirkuit mana saja, oleh karena itu, pabrikan akan diizinkan untuk menghabiskan waktu di trek uji populer MotorLand Aragon karena saat ini tidak ditampilkan di kalender dengan alokasi ban yang sama.

Terkhusus untuk test privat di sirkuit dalam list kalender MotoGP, tidak boleh dilakukan dalam kurun waktu 14 hari sebelum dilakukan race weekend. Tidak ada batasan jumlah hari yang dapat mereka uji tetapi ada batasan jumlah ban yang tersedia untuk mereka, dikurangi musim ini oleh Michelin dari 240 menjadi 200 untuk tahun ini. Sehingga di regulasi pun setiap produsen dapat menominasikan hingga 3 sirkuit Grand Prix yang dipakai buat balapan musim ini.

Menurut informasi dari MotoGP.com, kelima pabrikan telah memilih Circuito de Jerez – Angel Nieto di Spanyol Selatan sebagai salah satu dari tiga sirkuit yang mereka pilih untuk private test. Kemudian empat dari lima telah memilih World Circuit Misano Marco Simoncelli sebagai tempat lain yang dinominasikan; kecuali Yamaha.

Pabrikan asal Jepang -Yamaha dan Honda- sama-sama memilih Motegi sebagai salah satu sirkuit tempat tes mereka, sementara KTM telah menghapus trek kandang mereka, Red Bull Ring, dari tiga nominasi mereka untuk pertama kalinya sejak mereka tiba di kelas utama. Daftar lengkapnya adalah sebagai berikut:

Ducati: Jerez, Misano, Mugello
Yamaha: Jerez, Mugello, Motegi
Aprilia: Jerez, Misano, Valencia
KTM: Jerez, Misano, Valencia
Honda, Jerez, Misano, Motegi

Perlu juga dicatat bahwa pabrikan diizinkan untuk menguji di sirkuit yang tidak terdaftar pada kalender MotoGP atau tidak dipakai untuk rangkaian seri championship musim 2023 ini.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

6 COMMENTS

  1. wow, Ymh pilih Mugello, benar benar ingin menunjukan perbedaan power, selain mugello Catalunya juga bisa dijadikan referensi, karena sirkuit ini juga bisa tes top speed

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here