TMCBLOG.com – Seperti yang sudah bisa sobat lihat pada artikel sebelumnya, secara umum para pabrikan di MotoGP sudah menentukan tanggal sesi pengujian privat mereka untuk musim MotoGP 2023 dan menjelang test resmi pra-musim IRTA terakhir di sirkuit Portimao, lebih tepatnya mulai sejak hari Jumat ini selama tiga hari sampai dengan Ahad esok. Tiga pabrikan yakni; Honda, Aprilia dan KTM berencana melakukan test privat di sirkuit Jerez de la Frontera, Spanyol.

Secara umum juga, sebenarnya bicara soal waktu dan juga tempat/lokasi, test privat itu lebih bebas, namun Dorna tetap memberikan batasan yakni dibatasi oleh jumlah ban dimana untuk musim 2023 ini jumlah ban yang dialokasikan per-musim kepada tim test pabrikan telah turun dari 240 unit menjadi 200 unit per tim musim ini, yang memaksa ‘tim penguji’ untuk menghitung manuver mereka dengan sangat baik dan efektif untuk mempersiapkan musim 2023 mereka.

Selain jumlah ban, batasan lain yang ditunjukkan oleh peraturan untuk tes pribadi adalah bahwa setiap pabrikan hanya boleh menunjukkan tiga sirkuit yang juga dipakai di race weekend musim ini dimana Jerez dipilih oleh lima pabrikan.

Salah satu tim yang memang ditengarai niat banget untuk bekerja lebih keras sebelum awal musim untuk meningkatkan motornya adalah Honda (HRC). Meskipun merupakan tes pribadi, tim yang dipimpin oleh Ramón Aurín dengan test rider Stefan Bradl disinyalir akan memiliki beberapa parts baru dari Asaka, Tokyo yang harus mereka uji sebelum Marc Marquez dan Joan Mir menggujinya di Portimao. Termasuk juga mungkin seperti juga yang akan dilakukan oleh Aprilia yakni menguji update dari hardware ECU atau elektronik Magneti Marelli baru yang katanya sempat heboh karena Dorna tidak memiliki unit untuk diberikan merata ke semua tim di awal musim ini. Dan rumornya nih, dengan ECU terbaru ini RS-GP sempat dua kali ngowos alias mogok di test Sepang beberapa pekan yang lalu.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

5 COMMENTS

  1. Dukati tinggal mengamati perkembangan tim lawan, selagi level nya blm seimbang/ masih dibawah dukati, maka Dukati tidak akan memperlihatkan update2 terbaru untuk test portimao

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here