TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui Honda memelopori teknologi airbag untuk sepeda motor. Setelah menunjukkan beberapa motor prototipe dengan teknologi Advanced Safety Vehicle (ASV) ber-airbag, Honda meluncurkan versi produksi pertamanya di Gold Wing pada tahun 2006. Tujuh belas tahun kemudian, Gold Wing tetap menjadi satu-satunya sepeda yang dilengkapi airbag di pasar. Dan Kali ini kita akan lihat Inovasi Lanjutan Airbag Sepeda Motor Honda.

Air-bag dengan cara kerja seperti mobil yang tersimpan di kendaraan ( Motor) seperti yang digunakan pada Gold Wing, hanya berfungsi pada sepeda motor dalam kondisi yang sangat terbatas. Pengendara harus duduk dalam posisi yang dapat diprediksi dan dampaknya harus berhadapan langsung agar airbag bisa mengembang seefektif mungkin.

Ada banyak pemilik Gold Wing yang dapat membuktikan keefektifan airbag, tetapi gagasan tersebut belum menyebar ke model motor lainnya. Sementara itu, air-bag yang dipasang di dalam riding-gear juga telah membuktikan efektifitasnya dalam banyak kesempatan bahkan menjadi Kewajiban di beberapa balapan seperti MotoGP dan WSBK . . namun memilih untuk memakainya sangat membatasi pilihan pakaian Anda, dan juga akan dibatasi pada ukuran Air bag itu sendiri.

Nah Pada Desain paten kali ini, Ide terbaru Honda adalah membuat Air Bag yang dipasang di sepeda motor yang berfungsi seperti kantung udara yang dipasang di riding-gear yakni membungkus Anda saat terjadi benturan dan kemudian terlepas dari sepeda motor, sehingga kantung udara tetap bersama ketika kita terpisah dari Motor. Honda telah mengajukan banyak permohonan paten untuk sistem tersebut, menunjukkan beragam desain yang berbeda, tetapi semuanya menampilkan karakteristik yang sama.

Ada dua versi utama dari ide Honda, perbedaan utamanya terletak pada posisi airbag. Versi pertama menempatkan airbag dan inflatornya yang kemugkinan berisi gas di bagian depan jok sepeda motor. Jika terjadi kecelakaan, Airbag akan mengembang ke atas di antara kedua kaki Anda dan dibentuk untuk membungkus tubuh atau bahu Anda.

Varian kedua menggunakan ide yang sama, namun menempatkan airbag dan inflator di bagian belakang jok, tepat di belakang pengendara. Dari sini, airbag membungkus pengendara ke depan, berada di bawah lengannya dan sekali lagi melindungi dada, sementara bagian airbag tambahan menutupi punggung pengendara. Versi ini terlihat lebih efektif dalam beberapa hal, terutama elemen pelindung belakang.

Kedua versi menggunakan sistem yang memungkinkan airbag terlepas dari inflator dan sepeda motor segera setelah mengembang, serta tentunya menyegel kantung sehingga tetap mengembang selama kecelakaan terjadi. Kira Kira lebih nyaman dan aman yang versi depan atau belakang ?

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

4 COMMENTS

  1. D-air dan Tech-air : “hey,that’s our job!”

    kalo pake yg di goldwing tangan otomatis langsung lepas dr setir karena pantulan dan tetap saja rider bakal terlempar ke jalan, walaupun emang fungsinya untuk mengurangi impact tabrakan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here