TMCBLOG.com – Tidak begitu Jelas banget Video yang menunjukan seperti apa kejadian pasca Crash Pol Espargaro yang membuatnya Dinyatakan Cidera parah walaupun tidak membuat dirinya Kritis dan Sesi P2 dibuat Red Flag Selama 20-25 Menit. Terlihat setelah T10 Pol mengalami Crash tunggal yang membuatnya terjatuh dari Motornya. Namun memang yang cukup mengerikan adalah kejadian pasca jatuhnya itu sob.

Dari beberapa Video terlihat Pol Espargaro mula-mula menabrak tumpukan ban yang terlalu dekat, kemudian ditabrak oleh motornya sendiri yang melaju di turunan setelah T10. Gas gas RC-16 mungkin telah terhempas ke udara lagi oleh benturan ini dan kemudian menabrak pengendara jauh ke bawah.

Pasca kejadian ini FIM Safety Officer Tomé Alonso menjadi Orang yang paling ingin diketahui tanggung jawabnya mengenai pertanyaan  mengapa tidak ada pagar udara/ Air fence di sana. Mantan team mate Pol, Marc Marquez sendiri ketika ditanya pendapatnya mengenai kejadian ini mengatakan bahwa “Pada hari Sabtu harus ada 10 pagar udara di tikungan ini.”

Sementara itu Pecco Bagnaia Nggak kalah galak soal ini saya pikir (Red Flag) yang kedua bisa dihindari jika Anda mendengarkan kami. Karena tanpa kerikil itu, tidak akan ada Red Flag. Itu adalah tabrakan yang keras, tetapi tidak sekeras pada akhirnya karena Pol berakselerasi di dasar kerikil. Air Fence juga tidak ada di sana.”

“Awalnya saya sangat khawatir ketika Pol tidak bergerak,” jelas pemilik Team, Herve Poncharal. “Tapi kami kemudian mendengar bahwa dia sadar dan bisa bergerak. dr Charte telah meyakinkan kita bahwa tidak ada bahaya bagi kehidupan. Tapi saya bukan dokter, jadi saya tidak ingin mengantisipasi tes selanjutnya. CT scan sedang dilakukan di Faro dan mereka memeriksa secara detail bagaimana kinerja Pol.”

Setelah test tomografi komputer terperinci di rumah sakit di Faro telah dipastikan bahwa Pol Espargaro (31) tidak dalam bahaya besar setelah kecelakaan pada sesi latihan kedua ini di Portimao dan tidak mengalami cidera permanen. Tetapi tim GASGAS Factory Racing Tech3 kemungkinan harus merelakan potensi absennya Pol selama beberapa bulan ke depan dan Mungkin digantikan Dani Pedrosa atau Jonas Folger.

Abang Pol yang berusia 33 tahun, Aleix espargaro juga sempat mengungkapkan kepada Jurnalis mengenai masalah memar di paru-paru dan rahang Pol yang patah. Dan berita terakhirnnya sebelum pukul 21.00 waktu setempat Pol Espargaro juga diabarkan menderita retak tulang belakang (fractured dorsal vertebra).

Beruntung Saat ini Pol bisa menggerakkan lengan dan kakinya dan tidak memiliki defisit neurologis. Namun sejauh ini belum jelas apakah cidera tulang belakang ini perlu distabilkan dengan operasi. Mungkin hari sabtu ini akan lebih jelas, Namun Pol telah dikabarkan telah diberi obat penghilang rasa sakit yang kuat.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

21 COMMENTS

  1. cirkuit menang gaya doang… dan bisa jadi ini ulah pol yg over acting menutupi kelemahan motornya sehingga menimbulkan over presure to the limit… mknya biasa ja klo seneng jgn menjelekan yg lama dan biasa ja klo pas susah jadi serba salah kan.

  2. motor sekarang udah terlalu kencang, dan teknologi keselamatan udah gak mampu mengimbangi

    dan motor makin kencang gak ada hubungannya dengan keseruan balapan

  3. Aduh serem bener, kemaren memang bikin panik dia ga respon abis ndlosor itu

    Get well soon Pol, jangan fatal yang ampe bikin pensi 🙁

  4. Nah kan, ini di portimao, gimana dengan sirkuit dengan run-off yang lebih sempit lagi macam Budh, Jerez, Catalunya, Mugello dsb? Apakah standar yang diterapkan FIM sekarang masih up to date dengan perkembangan motogp? atau nunggu ada kejadian fatal dulu baru standar dinaikkan? Soalnya serius deh, balap motor ini resikonya besar tapi standar keselamatan di sirkuit masih rendah, baik itu motogp, wsbk, apalabi balap balap lokal Europa, asia, amerika, sama aja… harus update standar mengikuti perkembangan motor sekarang. Sesegera mungkin, sebaik mungkin.

  5. Liat video crashnya serem juga, yang bikin serem itu langsung hajar tembok loh tidak ada air fence disana. Padahal jarak tembok dan trek deket banget, gravel sempet pula.
    Beruntung pol tidak seperti luis salom yang lewat setelah crash hajar tembok pembatas langsung dan ketiban motor.

  6. Pace Marc jelek di sektor terakhir, dia tahu diri makanya butuh referensi, namun sayang tidak bisa ngikut pace F1/4

  7. Kubikasinya perlu dikaji untuk diturunkan,mungkin kembali ke 800cc

    Walaupun prestige nya mungkin agak tercederai karena jadi hampir mirip dgn Moto2 yg 765cc dan WSBK yg tetap 1l,tapi mau gimana lagi pabrikan makin urakan menyuntikkan tenaga ke mesin tapi perkembangan safety sirkuit dan elektronik keselamatannya kayak siput

    Penonton mau lihat aksi salip salipan bukan pembalap setor nyawa

  8. Get Well Soon buat Pol,, cedera tulang belakang gitu efeknya bisa cacat seumur hidup krn kalo ga salah banyak saraf2 terkumpul disana,
    Dan lagi2 kejadian ini menambah panjang daftar catatan buruk FIM mengenai keselamatan rider,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here