TMCBLOG.com – 539 hari dan 24 Grand Prix telah berlalu sejak Honda terakhir memenangkan balapan, dan Alex Rins (LCR Honda Castrol) telah mengakhiri penantian panjang itu dengan perjalanan yang benar-benar mengesankan menuju kemenangan di Grand Prix Red Bull Amerika. Alex Rins berhasil melakukan psy war untuk menekan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team) sehingga sampai rider pengguna nomor 1 melakukan kesalahan dan alami crash. Dan dari situ Rins mencoba mempertahankan kepemimpinannya dengan berusaha konsisten pada race pace kencang.

Rins mengakhiri rekor tanpa kemenangan terpanjang Honda sejak mereka kembali ke kelas utama pada tahun 1982, ini adalah kemenangan LCR pertama sejak 2018 dan podium ke-100 tim di paddock Grand Prix. Ini juga berarti Rins telah memenangkan 50% dari enam balapan MotoGP terakhir. Dan dengan dua motor yang berbeda. Bagaimana dengan paket statistik lainnya yang terjadi pasca gelaran GP Amerika 2023 di semua kelas? Cekidot sob!

2018 – Di COTA, Alex Rins menjadi pembalap pertama selain Marc Marquez yang menang bersama Honda sejak Cal Crutchlow di GP Argentina 2018 (yang juga merupakan kemenangan MotoGP terbaru untuk LCR).

1994 – Di Moto2, Bo Bendsneyder finish posisi 3 untuk podium pertama yang ditorehkan pembalap asal Belanda ini di kelas intermediate sejak Wilco Zeelenberg juga menempati posisi ketiga di kelas 250cc pada Assen TT Belanda 1994. Ini juga podium pembalap asal Belanda pertama di Kelas Moto2 (empat tak).

539 – Di GP Amerika, Rins memberi Honda kemenangan pertama sejak Marc Marquez di Emilia-Romagna 2021 GP, 539 hari yang lalu.

50 – Rins memenangkan tepat 50% dari enam balapan MotoGP terakhir dengan 2 pabrikan berbeda.

29 – Fabio Quartararo finish posisi 3 untuk meraih podium pertamanya sejak ia juga terakhir podium 3 di GP Malaysia tahun lalu. Ini adalah podiumnya yang ke-29 di kelas utama, dan semuanya bersama Yamaha. Ini menempatkannya di atas legenda MotoGP – Max Biaggi dalam daftar pembalap Yamaha dengan podium terbanyak di kelasnya.

24 – Dengan kemenangannya di GP Amerika, Alex Rins mengakhiri rentetan tanpa kemenangan terlama Honda – 24 balapan berturut-turut – sejak pabrikan Jepang kembali secara penuh ke kelas utama pada tahun 1982.

8 – Rins meraih kemenangan keenamnya di MotoGP (yang kedua di COTA) dan yang pertama bersama Honda, setelah sebelumnya menang dengan Suzuki. Ia menjadi pembalap berbeda kedelapan yang menang dengan dua pabrikan sejak diperkenalkannya MotoGP pada tahun 2002 bersama Jack Miller, Andrea Dovizioso, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Maverick ViΓ±ales, Max Biaggi dan Valentino Rossi.

8 – Sejak balapan pembuka musim di Portugal, ada delapan peraih podium berbeda MotoGP pada hari Ahad, satu angka kurang dari tahun lalu pada tahap musim ini. Marco Bezzecchi adalah satu-satunya pembalap dengan lebih dari satu podium MotoGP sejauh ini.

4 – Dengan Rins (Honda) menang di depan Luca Marini (Ducati), Quartararo (Yamaha) dan Maverick ViΓ±ales (Aprilia), ini adalah 1-2-3-4 pertama dengan empat pabrikan berbeda sejak Valencia tahun 2022 yang lalu.

3 – Sejak balapan pembuka di Portugal, selalu ada pembalap Mooney VR46 Racing Team di Grand Podium Prix: Bezzecchi di Portugal (P3) dan Argentina (P1) dan sekarang Marini di Amerika (P2).

2 – Ini merupakan podium pertama yang menampilkan dua pabrikan Jepang berbeda sejak Australia tahun lalu, saat itu adalah Rins (Suzuki) yang menang di depan M. Marquez (Honda). Dan pertama kali dengan pembalap Yamaha dan Honda sejak GP Amerika 2021 (dengan M. Marquez menang di depan Quartararo).

2 – Di GP Amerika, Marini menyelesaikan balapan di posisi 2 untuk meraih podium perdananya di kelas MotoGP.

 

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here