TMCBLOG.com – Test Resmi Satu hari IRTA MotoGP di Sirkuit Jerez telah selesai dilaksanakan. Window Test dibuka di Pitlane Jerez selama sekitar 7 jam dan akhirnnya Pembalap Mooney VR46 berhasil membawa Ducati Desmosedici GP22nya jadi yang tercepat dengan catan waktu 1:36,574. Walaupun bisa dibilang Tanpa Update Part apapun yang disupport Ducati Corse ke GP22, Luca Marini berhasil pula membuat Tim Milik valentino Rossi ini menduduki dua posisi teratas Timesheet Final di sore hari.

Bicara Pembalap Ducati Lain, Fabio Di Giannantonio menjalani hari yang baik dalam catatan waktu di urutan keempat, Francesco Bagnaia di urutan keenam. Jorge Martin berada di urutan kesembilan, Alex Marquez di urutan kesepuluh dan Johann Zarco di urutan ke-13. Ducati pada dasarnya hanya menguji setup setup kecil yang tidak kasat mata di Jerez. Satu-satunya kebaruan di Ducati tampaknya hanya penampakan belly pan baru di GP23 Prima Pramac Zarco, dengan lubang Inlet kecil di bagian bawah.

Di Monster Energy Yamaha MotoGP, ada dua sasis berbeda untuk Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Quartararo juga menguji swingarm baru yang sebenarnya sudah juga ia gunakan akhir pekan lalu di siruit yang sama. Beberapa Winglet menarik juga diuji oleh Morbidelli, dan sidepodnya lebih besar. Sementara itu, Quartararo menguji knalpot baru di sore hari selama beberapa putaran. Quartararo berada di urutan ketiga secara keseluruhan sementara Morbidelli di P16.

Di Aprilia Racing, sepertinya fokusnya lebih pada menyempurnakan apa yang mereka miliki dan bekerja dengan pengaturan detail kecil.  Maverick Viñales dan Aleix Espargaro secara khusus mengambil setiap kesempatan untuk mencoba Launch Control setelah dia juga kalah adu drag saat start di Tikungan 1 empat kali berturut-turut akhir pekan lalu dari KTM dan Ducati. Viñales di urutan kelima, dan Espargaro ketujuh.

Di Paddock KTM Hadir seseorang dari Red Bull Advanced Technologies, Beberapa aero baru yang pertama kali digunakan Dani Pedrosa (Red Bull KTM Factory Racing) selama akhir pekan lalu di Jerez terlihat diuji oleh Brad Binder dan Jack Miller. Juga hadir satu sidepod yang memiliki panel vertikal tambahanpanjang sampai ke bawah fairing. Oh Ya Dani Pedrosa Juga terlihat menggunakan Sasis baru.

Binder mengakhiri hari pengujian di urutan kedelapan dan Miller di P14.  Augusto Fernandez dari GASGAS Factory Racing Tech3 memperoleh aero baru, tanpa tambahan samping, yang pakai oleh Pedrosa.

Honda merupaan Pabrikan dengan Stock part baru paling banyak dibawa dan diuji selama Pengujian di Jerez. Kita Bisa melihat sasis Kalex yang telah lama ditunggu-tunggu dan berada di tangan pembalap penguji HRC Stefan Bradl. Manajer Tim Repsol Honda Alberto Puig mengatakan tanda-tanda awal bagus.

Joan Mir memiliki menguji sasis normal dan Sasis Marc Marquez. Mir juga mencoba pembaruan aero kecil yang dimiliki Bradl sepanjang akhir pekan balapan, serta saluran downwash baru di bagian side-fairing. Mir menyelesaikan hari di P15

Alex Rins (LCR Honda Castrol) terlihat dengan sasis yang digunakan sebelumnya oleh Mir, serta saluran downwash di side Fairing. Honda juga punya “winglet” baru di lengan ayun. Rins melakukan 82 lap dan berada di posisi P17, mengalami crash pada akhir sesi tetapi pembalapnya baik-baik saja. Takaaki Nakagami (LCR Honda Castrol) berada di puncak Honda di P12 setelah 70 lap. Untuk MotoGP, perhentian berikutnya: #GP1000 di Le Mans.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

13 COMMENTS

    • seperti kata Matteo Vinales harusnya sering latihan start, mungkin minta Aprilia buat nyediain RS GP dan berkardus2 kopling bolak balik di lintasan lurus, seperti yg dilakukan Lorenzo dulu sampe akhirnya dia bisa jadi salah satu pembalap yg startnya bagus

  1. Taon lalu ada Enaena yg dinilai pantes masuk factory/pramac krn skillnya ga pantes bgt dikasih motor bekas, skrg ada Marzocchi aka Marco Bebsky unjuk skill dgn motor uzur jg. Yg jelas satusatunya rider Ducati yg layak dilepas cuma Fabio yg bukan Quartaro itu. Yg laen ada gunanya jg krn punya andil nyelametin keuangan tim mereka meskipun gapernah menang race motogp ato cuma masuk podium bisa diitung pake jari.

  2. Jones Vlogger ame Elsalvador kalo tes gini biarpun posisinya buncit tapi timenya bagus, knp begitu event race beneran time mereka lebih kaya rider moto3 yg tetiba disuruh naek motobiji alias jauh bgt dari rider reguler yak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here