TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui Grand Prix ke 1000, MotoGP Le Mans 2023 dimenangkan dengan fantastis Oleh Marco Bezzechi, ini pertama kalinya ada empat kemenangan untuk Pembalap Italia selama lima balapan Pembuka Musim MotoGP sejak terakhir 2006 yang menampilkan Loris Capirossi, Valentino Rossi dan Marco Melandri. selain itu Buat Pabrikan Ducati sendiri Dengan kemenangan Bezzecchi dari Jorge Martin dan Johann Zarco, Ducati mencatatkan rekor 31 Balapan MotoGP berturut-turut dengan menghadirkan setidaknya satu pembalap di podium.

Dengan kemenangan di Le Mans, Bezzechi kini menyamai Catatan sementara  Pecco Bagnaia sebagai pebalap tersukses musim ini dengan dua kemenangan. Selain itu, Bezzecchi sementara mencatatkan diri sebagai  pebalap dengan podium terbanyak musim ini dengan tiga podium.

Di Trek Bugatti, Bezzechi meraih kemenangan keduanya di MotoGP, menjadi pebalap Ducati kesembilan yang menang lebih dari satu kali dalam satu musim.

Balapan Grand Prix adalah Balapan utama di hari ahad, sehingga dalam Catatan Statistik, Podium di Le Mans merupakan podium pertama Jorge Martin musim ini dan yang pertama sejak dia berada di urutan ketiga tahun lalu di GP Valencia.

Sementara itu, Johann Zarco finish Podium 3 dan menjadi raihan podium MotoGP ke-17 dirinya dan Podium Zarco kedua tahun ini setelah P2 di Argentina

Dengan Catatan ini Zarco kini memiliki satu podium lebih sedikit dari Christian Sarron, yang duduk di urutan kedua dalam daftar pebalap Prancis bersama podium terbanyak di kelasnya di belakang Fabio Quartararo (29 Podium ).

Dengan podium ke-17nya, Zarco pun memperpanjang rekornya sebagai pebalap dengan podium terbanyak namun tanpa kemenangan. Ia berada di depan Colin Edwards dengan 12 pada catatan ini.

Secara umum dengan hasil Dua balapan di Le Mans Jorge Martin adalah pembalap yang mendulang paling banyak Point dengan 32 Point hasil dari Podium pertama di Sprint dan Podium kedua di race Utama.

Namun Bezzechi dengan Modal 28 Point dari Le Mans berhasil memperpendek jarak dengan Pimpinan Klasemen sementara – Pecco Bagnaia – menjadi hanya 1 Point jelang Grand Prix Italia di Mugello 3 pekan ke depan.

Performa Lar Biasa Brad Binder dan KTM menempatkan pembalap Afrika selatan ini berada di Posisi ke tiga dengan Jarak 13 Point dari Pecco. Semeentara Alex Rins menutup Top 10 sementara juga sebagai Honda terkuat dengan 47 point dan berjarak 47 Point dari Pecco di Posisi 10.

Ducati Sangat Digjaya di 5 Seri pertama ini dimana Mereka berhasil mendulang 174 point Konstruktor yang jika dirata ratakan artinya mereka mempeorleh sekitar 34,5 Point per seri semenjak race pembuka di Portimao yang lalu.

KTM menyusul di tempat kedua dengan 103 point atau rata rata 20,6 point. Aprilia menempatkan tiga Pabrikan eropa di Top-3 sementara pasca Seri ke lima ini. Yamaha berada di posisi terbawah dengan Jarak 15 point dari Honda di posisi empat.

Sementara itu yang juga menarik adalah Dua Team satelit/ Independent team memimpin Klasemen sementara Team sampai seri ke 5. Klasemen ini menjumlah total point yang diperoleh kedua pembalap di setiap race weekend.

Dan dengan Modal Konsisten, Bezzechi plus Marini membuat VR46 Racing team memimpin Klasemen ini dengan 147 point atau dengan rata Rata 29,4 Point per Seri di lima seri pembuka Musim 2023 ini.

Marco Bezzechi memimpin klasemen Pembalap satelit terbaik sementara dengan raihan 93 point dari Lima Balapan atau dia hampir menorehkan 20 point per Seri sepanjang 5 seri pembuka Musim ini.

Yang juga patut diacungi jempol adalah Ducati Menempatkan 4 pembalapnya di Klasemen ini pada Posisi top 5 dengan Bezzechi, Martin, Zarco dan Marini . . . edaaan !

Memuncaki Raihan Klasemen Team Sementara, otomatis juga akan menempatkan VR46 Racing team sebagai pemuncak Klasemeen sementara team Independent dengan 147 point.

LCR Honda menggagalkan sementara upaya Ducati menguasai Top 3 di Catatan Kalsemen ini dengan mengungguli Gresini sebanyak 2 Point.

Top Speed di Le Mans ? Data Berbicara . . KTM Meraih angka Tertinggi dengan 325, 8 km/jam dan 1 km/jam lebih tinggi dari Desmosedici GP23 yang dibesut Johann Zarco –

Setelah GP Prancis, MotoGP sekarang akan memiliki istirahat tiga pekan sebelum kembali ke Mugello pada 9-11 Juni 2023 untuk GP ke-6 yakni GP Italia. Ini jelas akan menjadi acara khusus untuk Ducati, yang akan menghadapi putaran kandang pertama mereka tahun ini – Taufik of BuitenZorg @tmcblog

30 COMMENTS

  1. Semoga marq & Honda segera membaik.biar bisa memberi perlawanan.kemaren dah lumayan.semoga di kandang ducati bisa menang.

  2. Sudah sesuai setingan…liat gmn winglet hantam marini. Cm ya itu klo winglet dihilangin urop bakal megap megap.

    • semoga accident winglet hampir “motong” lengan Marini kemaren, bikin dorna review lagi soal aturan winglet ini, kalau kata ken miles, “he think he can fly”

  3. Kemenangan grandprix pertama diawali oleh pabrikan Eropa yaitu Norton,dan ke 1k kembali ke eropa lagi

    1949 jepang masih menderita kekalahan perang ya waktu itu, sekarang jg lagi kalah inovasi (dan penurunan angka kelahiran)

  4. Masih kebawa emosi sejak tadi malem, mau iklas tapi 2 lap terakhir, nontonnya engap cui. Hadeh markes markes. Padahal itu kesempatan, Ducati banyak yang crash, Miller, dll. Harusnya si harusnya ya..Marc. masalahny kapan lagi. Ntar di Mugello mana bisa lu begitu, long straight panjang banget udah pasti Ducati semua yg di depan.

    Senin yang rungkad 🤕🤕

  5. pecco ama vinales terlalu cepet baekan. ini libur panjang loh. kalau boleh bikinin artikel soal yang crash2 kemaren dong wak, terutama pecco-vina dan marini – alex

  6. Marzocchi aka Marco Bebsky ternyata beneran jadi Enaena jilid 2. Disayangkan sih si Enaena harus cidera diawal musim, kalo kaga gw yakin 3 pucuk klasemen dikekep Ducati, dan akhir musim Ducati tinggal nunjuk rider kesayangan mereka buat jurdun, yg laen cukup kasih bonus lembur lumayan buat nutupin gajinya yg kecil yekan. Sayangnya KTM trennya positif jg ampe red Fernandez bisa fenomenal semalem, kaga lucu kalo yg jurdun ampe bukan Ducati. Asli malu banget pasti Ducati.

  7. Kalo motor Eropa dibiarkan berjaya terus bisa redup MotoGP di kawasan negara berkembang. Di daerah tersebut mayoritas pakai motor Jepang, mungkin 70% mendukung pebalap yang pakai merk motor Jepang yang mereka pakai.

    • komennya lucu. ga baca artikel sebelumnya. motogp ga butuh fans garis keras pabrikan jepang terutama fans SEA yg cuma modal tv gratisan. nyatanya motogp masih rame penonton

      • Lagu lo bro @aryanto merendahkn fans sea yg lo kate modal nonton tv gratisan..wkwk
        Kalo komen jgn sok
        Nyatanya penjualan motor emg paling banyak di negara berkembang
        Dah nonton2 aja nikmatin
        Ngopdud doloe ahh🤣

  8. Udah paling bener Marquez pisah baik-baik dengan HRC, Agar adrenalin juaranya gak hancur berkeping-keping.

    Mumpung usia belom ketuban atau ketutup uban itu rambut

    Paling tidak kalo udah ketuban bisa video call ke pembalap calon juara

  9. ini seri keberapa ya? blm nyentuh 100 poin top klasemen. padahal ada 2 race buat ngedulang poin, ck ck ck… anak sekarang pada males2an, MM juga, rebahan aja kerjaannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here