TMCBLOG.com – Yamaha Motor Co., Ltd. (selanjutnya disebut “Yamaha Motor”), Honda Motor Co., Ltd. (selanjutnya disebut “Honda”), Kawasaki Motors, Ltd. (selanjutnya disebut “Kawasaki Motors”) dan Suzuki Motor Corporation (selanjutnya disebut “Suzuki” ) kemarin (17/5/2023)  bersama-sama mengumumkan bahwa mereka telah menerima persetujuan dari Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri (Jepang) untuk membentuk asosiasi riset teknologi bernama HySE (Hydrogen Small Mobility & Engine Technology) untuk mengembangkan mesin bertenaga hidrogen untuk mobilitas kecil.

Ke empat pabrikan jepang ini sepakat bahwa Untuk mewujudkan masyarakat yang terdekarbonisasi, diperlukan strategi multi-jalur untuk mengatasi berbagai masalah di sektor mobilitas, daripada berfokus pada satu sumber energi. Dengan latar belakang ini, penelitian dan pengembangan yang ditargetkan pada komersialisasi mobilitas dengan mesin bertenaga hidrogen.

Namun, penggunaan hidrogen menimbulkan tantangan teknis, termasuk kecepatan nyala api yang cepat dan wilayah penyalaan yang luas, yang seringkali mengakibatkan pembakaran tidak stabil, dan kapasitas tangki bahan bakar yang terbatas jika digunakan pada kendaraan dengan mobilitas kecil.

Dalam mengatasi masalah ini, anggota HySE berkomitmen untuk melakukan penelitian mendasar, memanfaatkan kekayaan keahlian dan teknologi mereka dalam mengembangkan mesin bertenaga bensin, dan bertujuan untuk bekerja sama dengan misi bersama dalam menetapkan standar desain untuk hidrogen-mobilitas kecil. bertenaga mesin, dan memajukan upaya penelitian mendasar di bidang ini.

Anggota HySE akan terus memperdalam hubungan kolaboratif mereka untuk menyediakan berbagai pilihan mobilitas kecil kepada pengguna dan memenuhi kebutuhan mereka yang beragam, sehingga berkontribusi pada terwujudnya masyarakat yang terdekarbonisasi.

Kenji Komatsu, calon Ketua HySE dan Pejabat Eksekutif Pusat Riset & Pengembangan Teknis, Yamaha Motor Co. Ltd., berkomentar, “Kami sangat senang mengumumkan rencana pembentukan asosiasi. Ada banyak tantangan dalam pengembangan mesin bertenaga hidrogen, tetapi kami berharap kegiatan asosiasi dapat memajukan penelitian fundamental untuk menjawab tantangan tersebut.

Kami berkomitmen untuk upaya ini dengan misi melestarikan penggunaan mesin pembakaran internal, yang melambangkan upaya lama yang telah diinvestasikan oleh para pendahulu kami.”

Selain anggota penuh (empat pabrikan sepeda motor yang disebutkan di atas), Kawasaki Heavy Industries, Ltd. (selanjutnya disebut “Kawasaki Heavy Industries”) dan Toyota Motor Corporation (selanjutnya disebut “Toyota”) mendukung asosiasi tersebut sebagai anggota khusus.

40 COMMENTS

  1. Jepang bisa bersatu gini ya soal pengembangan teknologi, gak menutup kemungkinan kompak out dari MotoGP juga nih 😁

    • Semoga seh, eh sekalian bersatu juga donk kompak out dari penjualan yurop dan amriki xixixi 😁

    • Mungkin aja sih cuy
      Kl nanti ujungnya jadi ev, eh jepun g setuju dan punya alternatif lain seperti ini, y bisa terjadi

  2. Katanya sih, alasan pabrikan japan adem ayem santai di era EV, karena mau serius develop mesin hidrogen.

    • kalo ane bilang mereka kudu ati2 tar tau2 pabrikan baru lain bisa kasi motor jauh lebih murah dengan jarak sangat jauh dan fast charge.

      jangan sampe kejadian itu brand n***a jadi cuma pelengkap doang yang tadinya mayoritas, atau b*********y atau lainnya kek y**** juga

  3. Hidrogen kirain dlm bentuk air H2O…
    Bermimpi mesin dlm wujud saat ini, bbm nya dlm bentuk air gt, buyar mimpinya…. masih jauh ternyata…

    • Hidrogen cair bro, dalam shippingnya saja dapat dibekukan sampai -253°C, tp klo yang dikirim ke SPBU cairan seperti Pertalite Pertamax kalo gak salah…..

  4. Kalo bisa dikembangkan lebih maksimal bisa lebih bagus lagi,karena secepat-cepatnya baterai fast charging pasti lebih cepat ngisi gas hidrogen

    The real alternatif ini

  5. Setidaknya bisa hybrid, melihat motor listrik masih mahal dan ribet pengisian dayanya, kalau dulu indonesia ada joko energi yg menciptakan HHO, yang bikin motor lebih irit dan enteng tarikannya..kapal perang RI jg sudah ada yg pake

  6. saya seperti melihat secerah harapan
    pabrikan jepun berani mencari alternatif lain di tengah gaung elektrifikasi
    dari sudut pandang lain, saya melihat seperti melawan “arus” yg dibuat oleh barat
    apakah nanti akan menjadi nomor 2 setelah ev atau malah menggeser dan menggantikan ice?who knows?
    kalau h, y, k, s, + T bergabung
    sepertinya tidak sulit bagi seluruh pabrikan jepun bersatu melawan barat, karena mereka orang yang ulet!
    seperti gajah melawan semut
    asalkan bersatu bisa melawan yang terlihat tak mungkin

  7. Jepang bersatu tak bisa dikalahkan..
    Itu naruh tabung di samping apa ga bahaya kalau sewaktu-waktu motornya jatuh terus bocor.
    Semoga berlanjut kerjasama buat mesin dan chasis balap buat melawan hegemoni eropah.

  8. Hmmmm sangat sangat manuk akal, potensi air digunakan untuk bahan bakar pengganti minyak bumi, walau aslinya minyak bumi itu juga ga ada limit produksinya.

    • Sepertinya aliran mazhab bahan bakar dari fosil jutaan tahun adalah teori, yg hakekatnya manusia belum tahu asal muasalnya

  9. Keren 4 perusahan otomotif raksasa jepang bersatu bikin riset penting dengan dana sendiri tanpa ngerepotin negara. Kapan ya konoha bisa kaya begitu.

    • konoha mah paling gamau nanggung capek di riset

      tapi entar klo beli barang jadi dari negara yg nanggung capek riset, ributnya konspirasi halahh halah

      ga negara, ga warganya juga sama

      • Konoha sudah terlena dengan genjutsu klan uchiha bray wkwkwk..
        Nunggu perang sinobi baru mungkin berubah,🤣

  10. Kalo kedepan MotoGP menggunakan hybrid tapi bukan baterai listrik melainkan hidrogen kayaknya menarik,buat akselarasi pengembangan teknologi hidrogen pula

    Dana pengembangan sayap dialihkan ke energi hijau terbarukan yg bermanfaat untuk banyak orang

  11. heheh..panteslah ogah2an di motogp dan pasrahan Yams dan Hons
    Roadmapnya motogp ke motor listrik , sedangkan Japanese pada ke mesin hidrogen..
    tinggal tunggu waktu aja sih pada cabut tuh

    • afaik motogp ke motor listrik, tapi paralel sama bahan bakar sintetis di ice nya

      pabrikan ngeropah produk ice jalan, listrik jalan
      pabrikan wibu ice jalan, listrik jalan, hidrogen jalan
      mamarika ngikut arus aja keknya akwkakwk

      Yok bisa yok Asia vs Eropa ini mah hahaha

    • ga tertarik sama sekali?
      kebanyakan perasaan bwang. wkwkwkwkwk
      perasaan pabrikan A begini
      pabrikan B begini
      Aktor A begini
      Aktor B begini

  12. Di California udah ada Mobil hidrogen plus spbu ny. Yang bikin di sana kurang berkembang salah satunya gara2 biaya produksi hidrogen yang masih mahal. Blm lagi energy yg dipake untuk bikin hidrogen juga masih besar jadinya kalah sama Mobil listrik. Semoga jepang bisa terus kembangin kendaraan hidrogen supaya ada alternative selain EV

  13. Honda clarity malah udah discontinue,karena penjualan seret,mereka emang waktu itu kelihatan ga terlalu niat jualan itu

    Mungkin waktu dibikin cuma buat pembuktian kalo mereka jg bisa bikin mobil kayak Toyota Mirai,dr jaman Soichiro kan emang ada semacam dendam dgn Toyota

  14. Klo jepun dah bersatu mreka dah melihat persaingan sdh g baik baik saja dgn pabrikan urop ato amrik. Hidrogen the next level ev.. Klo mreka menemukan riset yg lbh murah nantinya tentu akan jd pilihan utama. Kecuali mreka bs riset panel surya di body kendaraan. Wuihhhh makin hemat lagi. Yuk jepun bisa yuk…dr hybrid dulu lah. Trus hybrid hidrogen bensin.

  15. Jepang sudah produksi hidrogen cair bro dari hulu sampai hilir, roadmapnya juga jelas BBM berkurang drastis, ev berkembang tp nanti kalah sama hidrogen. Hidrogen sudah diterapkan di mesin besar seperti pembangkit listrik, kapal, bahkan pesawat terbang dikembangkan, tinggal mesin kecil seperti sepeda motor…..

  16. Real alternatif decarbonisasi tu mesin hydrogen ini sbnernya..bener2 make bahan bakar pure unsur alami yg ada di udara dgn emisi H2O, kalo bisa dibikin circulate keren juga kali ya..bahan bakar air, keluaran air..

  17. Jepang menganggap EV bukan produk yg sustainable. blm bener2 green. bahan bakunya masih pakai mineral yg tidak terbarukan. belum urusan limbahnya. mungkin Hydrogen solusi selanjutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here