TMCBLOG.com – Salah satu Riding gears yang memiliki posisi terpapar sinar matahari sepanjang Dipakai terutama siang hari adalah helm dan Dalam permohonannnya Ke HAKI, Universitas Gunadarma – Depok mendaftarkan Paten Desain Dari Satu helm yang selain diklaim nyaman dipakai, serta safety dan juga memiliki fungsi sebagai penghasil energi.

Sangat jelas tertera pada Judul Pendaftaran Desain patennya bahwa helm Tersebut adalah helm full Face Untuk pengguna Sepeda motor. Fungsi Penghasil energi diperoleh dari beberapa Detail Lapisan panel Surya yang dilekatkan ke beberapa spot permukaan helm. SobatBisa lihat seperti di bagian atas dan di bagian samping memutar 360 derajat.

Menurut tmcblog apa yang dipatenkan masih sangat Logis alias Masuk akal dimana lapisan Panel Surya hanya menempati lapisan terluar dari shell Helm. dan Secara umum teknologi Sel Surya saat ini sudha mulai memiliki ketebalan yang minimal sehingga dapat memberikan permukaan helm Yang baik dan tidak bergelombang jika diatur dengan Baik mountingnya.

Dan Penggunaan Panel surya di Helm ini akan semakin banyak kebermanfaatannya sebagai sumber energi ketika di masa depan helm helm sendiri sudah semakin pintar dengan mengadopsi komputer Mini tertentu dan Tentunya teknologi Head-Up Display atau HUD yang akan membuat perjalanan bersepeda motor makin memperoleh cangkupan banyak Informasi dan tentunya experience lebih baik.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

18 COMMENTS

  1. Nahh ini patut d dukung pemerintah dan diapresiasi ksh modal kelanjutan,bisa dijual dan bnyk mengurangi pengangguran kalo djadiin pabrik..mungkin bisa di info2 temuan lain karya anak bangsa wak..mantap

  2. kaya gini nih yang seharusnya didukung abis….
    minimal maximal ada hasilnya dibanding BR*N nih boss
    drone elang hitam aja stop RND..padahal sekarang jamannya Drone and electronic warfare yg Inhouse,,minimal jamming2 lah
    Jadi inget kisah seih mobil listriknya Bang Ricky Elson yg mandek,,,,

  3. Paling jg bakal anget tai ayam,ada kemarin yg motor tenaga air,tenaga surya bahkan mobil listrik buatan lokal tapi …

  4. Harusnya dibawa keluar negeri tiap temuan agar dihargai selayaknya, soalnya bukan rahasia umum di negeri ini gak ada peduli sama hasil anak bangsa sendiri. Bahkan sudah banyak contohnya malah di stop penelitian dan temuan!!

    • Masalahnya sering2 tiap temuan mirip dengan “reinventing wheels”, sudah ada pihak lain yang menemukan, dan atau tidak practical untuk diproduksi secara massal.

      Ini secara umum, tidak cuma temuan orang2 Indo aja.

  5. Sudah pernah baca ada paten2 serupa, bahkan ada paten yang didaftarkan tahun 70an dan sudah expired.

    Maaf tidak bisa posting link, reply jadi tidak muncul, search aja “solar energy helmet patents”.

  6. Masalahnya sering2 tiap temuan mirip dengan “reinventing wheels”, sudah ada pihak lain yang menemukan, dan atau tidak practical untuk diproduksi secara massal.

    Ini secara umum, tidak cuma temuan orang2 Indo aja.

  7. halo..
    kalau boleh tau dapat sumber gambarnya dari mana ya, tolong dihapus kalau tdk ada ijin dari pemiliknya. terimakasih

    • emangnya knp bro? ini serius nanya. kalo supaya ga ada yg niru, kan ini udah didaftarin paten, yg niru bisa dituntut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here