TMCBLOG.com – Triumph Motorcycle per tanggal 28 Juni 2023 secara resmi memperkenalkan kepada publik motor kelas entry level terbaru mereka yang diberi nama SPEED 400 dan SCRAMBLER 400 X setelah sebelumnya ramai tersebar foto spyshot-nya di internet. Dikabarkan varian motor yang bisa dikategorikan bermesin kecil ini didesain di Inggris namun akan diproduksi oleh Bajaj di India dan juga pabrik Triumph di Thailand.

Dapur pacu dari kedua motor dengan desain khas retro klasik ala motor Inggris dengan banyak fitur modern terbaru ini adalah mesin yang benar-benar baru dengan spesifikasi satu silinder, yang disebut Triumph sebagai mesin seri TR yang terinspirasi dari TR5 Trophy yang diikuti Triumph pada event International Six-Days Trail pada tahun 1948.

Mesin ini merupakan mesin silinder tunggal berpendingin cairan DOHC dan berkapasitas murni sebesar 398cc. Tenaga yang sanggup dihasilkan mencapai 40hp pada 8000rpm dan torsi sebesar 37,5Nm pada 6500rpm, ciri khas produk sport klasik Triumph yang memanjakan torsi besar di putaran mesin rendah.

Ini membuat Triumph 400 series cukup dekat dengan varian 390 KTM dalam hal tenaga dan torsi, tetapi motor Inggris ini membuat angka puncaknya lebih awal pada rentang putaran mesin yang rendah dengan transmisi gearbox 6-percepatan. Wah ini fakta cukup unik sih sob, mengingat mesin motor paralel twin 900-1200cc Triumph seperti varian Bonneville T series hanya menggunakan gearbox 5-percepatan.

Bicara desain memang sangat kental dengan sport retro klasik ala Triumph, dengan kehadiran tangki yang membulat lalu handlebar yang lebar serta headlights bulat dengan kesan tegas. Kehadiran mesin yang benar-benar baru untuk Triumph, bermain di kelas motor kubikasi kecil memang dilakukan dengan menggandeng Bajaj Auto asal India.

Tapi, jangan under-estimate dulu sama motor satu ini karena spek mesinnya boleh diadu dengan pabrikan Jepang. Menggunakan DLC-coated parts dan finger-follower valve actuation, sudah berpendingin cairan dengan mengantongi sertifikasi lulus gas emisi buang Euro-5, yang berarti masa depannya dalam jajaran produk Triumph akan terjamin di pasar Eropa dan seluruh dunia setidaknya untuk beberapa tahun ke depan.

Pemilihan gearbox dengan 6 percepatan juga dinilai sebagai langkah yang baik untuk Triumph bermain di segmen ini karena rival terdekatnya dari segi mesin adalah KTM 390 series terkenal tangguh dan punya performa bagus. Pemilihan angka rasio kompresi silinder 1:12 dengan bore × stroke 89mm × 64mm, counter-rotating balancer shaft yang membuat posisi rantai berada di sebelah kanan, sistem injeksi disokong oleh Bosch electronic fuel injection untuk masuk ke 2 klep inlet dan keluar di 2 klep exhaust dan dibekali fitur electronic throttle control alias sudah ride by wire. Motor retro sport yang bukan kaleng-kaleng nih sob!

Diluncurkan langsung dua varian, Speed 400 yang mengusung genre sport roadster dan Scrambler 400 X yang sudah jelas dari namanya saja kita tahu genrenya motor dual purpose ringan, keduanya berbagi mesin serta sasis dan juga supensi yang sama. Hanya detail pada bagian desain body, bentuk knalpot dan ukuran lingkar roda yang membuat kedua varian Triumph bermesin TR 400 ini berbeda.

Triumph menggunakan sasis di motor terbaru mereka ini dengan sasis hybrid spine/perimeter frame terbuat dari besi tubular. Meskipun mesinnya identik di kedua motor ini, ada perbedaan yang cukup besar di bagian sasis, dimana Triumph mengklaim bahwa setiap varian mendapat manfaat dari sasis dan pengaturan suspensi yang spesifik.

Sebagai spek bawaan pabrik, Triumph Speed 400 menggunakan lingkar roda 17 inci depan (110/70-R17) dan belakang (150/60-R17), dibungkus dengan Metzeler Sportec M9RR yang tergolong premium dan punya tampilan sporty khas motor sport on road. Sementara itu, Triumph Scrambler  400 X mendapatkan kombinasi velg diameter 19 inci (100/90-R19) di depan dan 17 inci (140/80-R17) di roda belakang, dan dibalut dengan ban Metzeler Karoo Street semi dual purpose.

Kedua motor ini pun memiliki format setup suspensi yang sama, front fork teleskopik upside down dengan piston besar berdiameter 43mm dan juga monoshock di bagian belakang. Namun Scrambler 400 X mendapatkan travel suspensi yang sedikit lebih panjang daripada Speed 400. Scrambler 400 X punya travel 150mm di setiap suspensi, sedangkan Speed 400 140mm di depan dan 130mm di belakang. Data setup tersebut membuat perbedaan tinggi jok yang signifikan, Scrambler 400 X punya tinggi jok sejauh 835mm sedangkan Speed 400 790 mm.

Remnya juga sedikit berbeda, Scrambler menggunakan cakram depan 320mm yang sedikit lebih besar dibandingkan dengan Speed yang punya cakram 300mm. Hal ini mungkin disebabkan karena motor ini sedikit lebih berat, yaitu 179kg pada Scrambler, dibandingkan dengan bobot Speed yang hanya 170kg.

Fitur yang disematkan Triumph pada kedua motor entry level terbaru mereka ini terbilang wah.. Bagian penerangan semua sudah pakai LED, seperti yang sudah disebut di atas kalau motor ini sudah ride-by-wire, dibekali pula Traction Control yang bisa dinyalakan dan dimatikan, ABS dual channel di kedua roda, sistem immobilizer, kopling dengan assist clutch, port pengisian daya USB type-C, dan instrumentasi semi-digital.
Di bagian dashboard memiliki takometer analog besar dengan layar LCD kecil di sebelahnya. Pada layar tersebut terdapat pembacaan untuk takometer digital, indikator posisi gigi, data perjalanan (MID), dan fuelmeter. Dan terlihat ada simbol handgrip yang dipanaskan di sana, mungkin Triumph menawarkan fitur handgrip heater ini sebagai aksesori opsional. Pada Scrambler 400 X, Triumph mengatakan bahwa ABS dual-channel juga dapat diganti untuk penggunaan di lintasan off-road.
Sayangnya untuk informasi harga jual belum diumumkan oleh pihak Triumph, pun begitu pula dengan waktu kapan customer bisa memesan Speed 400 atau Scrambler 400 X ini. Triumph menyebutkan bahwa kemungkinan bulan depan (Juli 2023) harga jual motor ini akan diumumkan dengan prediksi waktu delivery pada bulan Desember 2023 hingga Januari 2024 mendatang. Untuk calon pembeli di Indonesia sepertinya harus sedikit menunggu lebih lama lagi ya. – Nugi

10 COMMENTS

  1. Wuoh mesinnya sangar ini, mau digarap versi sport nya sekalian jangan ?

    tapi klo ngerasa molor di jalan, nyetel rantainya tunggu knalpotnya adem dlu ya akkakkw unik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here