TMCBLOG.com – Triumph, Harley Davidson dan sekarang Aprilia semenjak beberapa tahun terakhir gemar menggebrak pasar Asia dimulai dari India dengan motor kubikasi awal yang jauh dari angka mainstream yakni 250 – 300 cc. Kini, mereka bermainnya di mesin 400-an cc. Dan semenjak bulan Januari 2023 pada dasarnya Aprilia sudah siap dengan platform mesin terbarunya untuk menghadirkan sportbike Aprilia RS 440.

Di India sendiri jelas motor motor kelas 400-an cc ini hadir untuk menantang sosok sportbike cc kecil yang sudah lebih dahulu mapan seperti KTM RC 390 atau TVS Apache RR 310. Sampai saat ini spekulasi mengenai sosok mesin yang tersembunyi di balik fairing-nya adalah mesin twin paralel yang berkapasitas silinder 440cc. Crankcase mesin yang terlihat di beberapa foto spy sangat mirip dengan motor yang lebih besar yakni Aprilia RS 660.

Dari beberapa foto spy terlihat pula bahwa motor ini memiliki knalpot bagian bawah (under-belly), mirip dengan RS 660. Perbedaan RS 440 dengan kakaknya ada di bagian hardware dan sasis mesin baru membutuhkan pengembangan sasis baru untuk mengakomodasinya.

Swingarm juga tampak lebih kurus dibandingkan unit RS 660 dengan hadirnya hanya satu cakram di bagian roda depan. Suspensi depan dan belakang memiliki setup sendiri, roda pada RS 440 juga semuanya berbeda dengan saudaranya bermesin 660cc dan tidak memiliki desain yang sama dengan Aprilia RS series lainnya yang lebih besar.

Namun sob, menurut TMCBlog, styling fisik dari Aprilia RS 440 akan memiliki kemiripan yang jelas dengan motor sport yang lebih besar yang sudah dijual lebih dulu. Pengaturan tri-headlight khas dan bagian ekor bersudut hampir identik dengan motor sport Aprilia. RS 440 ini juga tampak memiliki tangki bahan bakar yang besar, yang akan memberikan kesan bahwa motor ini adalah motor yang besar.

BTW, bakalan ada Tuono 440 dan Tuareg 440 nggak nanti yaaa? – @tmcblog

20 COMMENTS

  1. Apalah artinya kelas berdasarkan kubikasi mesin utk motor jalan raya produksi masal.
    Bagi konsumen akhirnya kombinasi antara kecocokan thd budget ditambah sensasi rasa berkendara yg akan jadi penentu keputusan beli atau tidak.

  2. Kirain cc nya bakal 330

    Dibelah lagi silindernya gitu,yg awalnya v4 dibelah jadi inline twin,terus dibelah lagi jadi single silinder wkwkwk

    Kayak amoeba aja tuh mesin 😂

    • klo teori gitu mah, rsv4 awalnya 1000 om, dibelah dua harusnya 500 jadi 660,

      ini kalau single bisa jadi 450 wkwkwkw

      • Keknya ngambil dari yang RSV4 versi 1100 cc, deh. Makanya dapetnya 660 cc, meski ya tetep aja terkesan bukan mbelah mesin karena kalo belah mesin ya harusnya jadi 550 bukan malah 660, hehehe.

        • Iya, mungkin kebiasaan nya setelah dipotong abis itu ditambah Revo koperasi (110cc)

          Walaupun untuk kasus yg ini beda,bukan pembelahan mesin Aprilia,tapi mesin yg sepertinya totally berbeda

  3. Masuk kesini aja, bakalan ketemu paling di sunmori sency wkwk.
    Sama zx4r kali yak kelasnya ?

    Btw semenjak aprillia turun lagi di motogp dan masuk kesini lewat piaggio grup jadi sering liat motor aprillia wara wiri dijalanan jakarta. Aprillia yg moge turing tuh sama si sr400 sering liat 2 motor itu dengan plat yang beda beda.

  4. Bentar…. si rs660 aja harganya segitu

    Ini adeknya punya basis sama, mau semengerikan zx4r harganya apa gimana ?

    • Ya, bisa lebih murah bisa lebih mahal. Kalo dibikinnya di India atau Cina ya kemungkinan bisa lebih murah, hehehe. Makanya kan KTM dan BMW bikin motornya di India, sedangkan Benelli kerjasama dengan Loncin biar dibikin di Cina.

  5. iri sama negeri vrindavan, otomotif di sana jauh lebih maju. banyak pabrikan, banyak tipe, harga jauh lebih murah dibanding di sini

  6. Buat pasar Indo versi rakitan lokal nanti dikasih versi 220, mayan sepertiga moge dan setengah dari indihe. Jadilah GPR220R

  7. Mereka mau mengobrak-abrik kejuaraan wssp (walaupun cuma diadakan di eropa) setelah di kejuaraan twin cup supertwin,RS660 bisa dibilang dewa disana

  8. Wah kemungkinan dlm bbrp tahun kedepan kelas 400cc bakal comeback lagi kyk dulu. Jadi masih ingat dulu ada kata2 dari majalah mcn “untuk apa membeli mtr 750cc jika anda bisa membeli mtr 400cc” wkwk gak terlalu paham mksd nya tapi yg jelas kelas 400cc waktu itu mengalahkan penjualan seluruh dunia mtr 750cc. Yg memaksa pabrikan semua menaikkan cc nya jadi 900an agar dapat bersaing kembali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here