TMCBLOG.com – Melansir dari berita di Rideapart.com di mana hadir beberapa foto candid sosok motor yang diduga kuat merupakan calon motor supersport dari KTM yang tengah ditest di jalan raya di suatu negara di benua Eropa. Saat ini produsen sepeda motor pada umumnya punya desain/produk baru yang dikembangkan dan dijual dengan menggunakan platform mesin yang sama atau bahkan common engine antara satu varian dengan varian lainnya. Begitu juga dengan KTM yang belakangan ini gencar menelurkan banyak motor dengan mesin LC8c paralel twin mereka untuk beberapa tipe motor.

Terduga RC 890 dan RC 990

Motor yang kena jepret kamera paparazzi jalan raya tersebut tampak punya tampilan yang berbeda dengan terduga RC 890 sebelumnya, di mana foto spy RC 890 terdahulu nihil perangkat aerodinamika di samping fairing bagian depan. Sedangkan pada unit uji prototipe foto terbaru ini memiliki sepasang winglet di depan yang dimensinya cukup masif, dengan memakai sepasang headlight model bertumpuk. Well, meskipun masih unit prototipe sinyalmen bentuk finalnya nanti akan tidak jauh berbeda, dimana diprediksi lampu depan motor yang kita sebut saja RC 990 ini akan menggunakan model bertumpuk atas bawah.

Bukti lainnya yang mengerucutkan pada sosok RC 990 adalah pada foto dari samping model sasis yang menggendong mesin LC8c dan juga bentuk serta dimensi swingarm juga berbeda dengan terduga RC 890. Terlihat dimensinya lebih besar dan kekar sehingga cocokologi ke mesin 990cc sangat logis, pun juga mengingat aturan homologasi mesin kelas supersport next generation yang bisa jadi KTM tengah mengincarnya guna bisa mengikuti banyak ajang balap yang berada di bawah payung FIM.

Bagian fairing depan sudah gak heran lagi kalau akan dimiripkan dengan KTM RC16, ya sudah tentu unit jagoan KTM di MotoGP itu kan bisa dikatakan punya bentuk yang cukup ikonik dengan kehadiran pinggiran body fairing yang bergerigi atau dikenal dengan sharp teeth shape di area depan handlebar.

Swingarm RC 990 ini juga sudah menggunakan aluminium. Tak lupa pengereman dari brand ternama asal Italia yakni Brembo di bagian depan dengan cakram ganda yang sudah memakai kaliper 4 piston untuk masing-masing sisinya dan juga di bagian belakang roda namun hanya pakai 2 piston kaliperc akram tunggal.

Satu bagian yang menarik perhatian TMCBlog adalah sektor buritan yang seakan didesain untuk single seater dan ini juga salah satu ciri khas KTM ketika bentuk jok boncenger dibuat seolah-olah seperti body motor alih-alih jok tandem untuk penumpang. Terlebih lagi dimensinya cukup mungil dan yakin deh kalau sampe bentuk final produksi massalnya seperti ini bokong kalian bakalan pegal-pegal dibonceng dengan motor ini.

Eh tapi kalau dilihat lagi lebih lanjut ada mirip-miripnya dengan APrilia RSV4R sih ya, desain keseluruhannya berotot di bagian depan dengan sektor buritan yang ramping dan minim abis, eh minimalis kamsudnya. Dan menurut TMCBlog motor ini juga lekat dengan  aura Kramer GP2-890RR yang juga di-rebranding oleh KTM menjadi motor track day only dengan unit super terbatas RC 8C.

Menurut informasi yang beredar mengenai pengembangan teknis pada terdiga RC 990  ini ialah ekspektasi dari output tenaga mesin yang dikabarkan mencapai 140Hp, tetapi dengan besaran torsi yang belum diketahui ada di angka berapa. Belum diketahui dengan gamblang terkait sejauh mana perkembangan yang mungkin diterapkan KTM pada unit motor terbarunya ini, harapan akan performa yang kuat tetap tinggi, seperti biasanya fitur dari perangkat elektronik canggih pasti akan menambah nilai jual dan meningkatkan minat konsumen. Tak hanya konsumen umum, juga calon konsumen tim balap yang dengan berlakunya regulasi homologasi motor Supersport terbaru melegalkan motor dengan mesin dua silinder berkapasitas 900-an cc dapat berpartisipasi ke kelas World Supersport.

Semuanya masih sebatas spekulasi pada saat ini, melihat dari timeline yang ada, motor ini diperkirakan akan mulai diperkenalkan oleh KTM paling cepat di pertengahan tahun 2024 mendatang sebagai unit model yang mulai diproduksi sekaligus dipasarkan secara worldwide pada tahun 2025. –Nugi

27 COMMENTS

  1. •Lebih mirip winglet RSGP sih
    •Itu kamuflase ya depannya dikasih kotak Sekring ?
    •Jok boncenger gak menyatu blass,kayak balok kayu ditaruh diatas doang,pant-@ boncenger pasti nyeri nyeri sedap abis naik itu wkwkwk

  2. Syshot mulu unitnya kaga pernah rilis. Ntar begitu rilis jangan2 pake muka ala Dakkar kaya RC series silinder jomblonya.

  3. akhirnya setelah sekian abad KTM punya motor sport jalan raya lagi pengganti RC8 🙏
    tapi aku gak terima kenapa ini motor dan ducati 955 disebut supersport??? aneh 🤷‍♂️ klo gitu berarti ZX9, cb900rr, cb954, petronas FP1 termasuk supersport juga donk yaa

    • Kembali lagi, regulasi dan Dorna yang mulai menganak emaskan Ducati n Pabrikan Eropa, bro. Tahu sendiri lah, gak di motogp gak di wsbk aturannya kerasa kurang adil. Entar ketika pabrikan jepang kelimpungan baru bingung. Tapi bener juga, ya, kalo gitu berarti ZX9, cb900, dll bisa dong balap di WSS. Ntar kalo sampe gak boleh, tahulah pabrikan mana yang nuntut gak dibolehin, pffft. Karena pernah denger berita waktu itu KTM pernah bikin motor 1199 cc tapi awalnya gak dibolehin di WSBK, eh habis itu Ducati bikin motor 1200 cc dibolehin, kan lawak aturannya :v KTM udah terlanjur gak jadi ngembangin tuh motor.

      • semua gara2 dorna 😅 iya pernah liat di youtube tuh, ehh giliran ducati bikin proposal gantiin 999 dgn 1098 twin langsung di-acc. langsung jurdun di musim pertama 2008 bayliss dgn 1098

    • Gak laah kalau dibilang pengganti rc8 sih. rc8 kan pada zamannya buat ngerecokin kelas 1liter 4 dapur

      kenapa disebut supersport ? Kalau kata ktm ke kasus anak emas ducati belakangan ini tuh “gw ga setuju, tapi klo lu jual ya gue beli !”

    • jaman sekarang kubikasi udah gak relevan (berkat regulasi emisi)

      jadi kategori supersport sekarang lebih ke power yang masih di bawah 150ps, superbike 200+ps

      tapi pada akhirnya keliatan absurd karena panigale 955 power std udah 155ps, jadi gak usah dituning lagi 😂

      • jd sekarang liat powernya brp ya?? jd rancu kan, media selalu menggaungkan cbr900rr superbike pendobrak dijamannya dgn bobot ter-ringan dijamannya, power 152 hp. tapi klo ikut standar sekarang malah masuk supersport itu 😬

  4. Menarik. Meskipun pny kemampuan bangun V4 utk RC16 di GP, KTM sepertinya tdk buru² pny masspro sbg hasil riset dari GP yg bs tampil di SBK. Sepertinya KTM lbh suka mesin twin kubikasi besar utk WSS..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here