TMCBLOG.com – PT Astra Honda Motor (AHM) berkomitmen memberikan produk yang terbaik untuk konsumen, salah satunya melalui layanan pengecekan untuk konsumen yang menyampaikan keluhan terhadap sepeda motornya. Pengecekan Rangka eSAF dilakukan di bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan AHM membuka layanan contact center 24 jam dalam penanganan setiap sepeda motor konsumen.

Mengacu pada hasil pertemuan terpisah antara AHM dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perhubungan dan juga Kementerian Perindustrian terkait keluhan konsumen terhadap rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame), AHM akan bekerjasama mengikuti arahan yang diberikan.

Untuk keamanan dan kenyamanan konsumen dalam berkendara, AHM akan bekerja sama melakukan penelitian bersama melalui tim gabungan Kementerian Perhubungan dan KNKT. Jika ada konsumen Honda yang masih memiliki keluhan terhadap sepeda motor Honda, AHM bersama jaringannya akan membantu untuk menanganinya

”Kami sangat berhati-hati dalam melakukan penelusuran dan analisa dengan menyelidiki penyebab permasalahan yang dikeluhkan. Kami kooperatif membantu kementerian melakukan analisa terhadap keluhan konsumen ini. Terima kasih atas kepercayaan kepada AHM dan seluruh jaringan Honda,” ujar Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi Putro.

AHM berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik dan bertanggung jawab terhadap kualitas sepeda motor yang dipasarkan. AHM menyediakan layanan 24jam melalui contact center Honda 1-500-989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia. Jaringan bengkel resmi Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) juga akan membantu seluruh kebutuhan perawatan maupun perbaikan sepeda motor Honda melalui teknisi yang tersertifikasi.

94 COMMENTS

    • 𝗦𝘂𝗱𝗮𝗵 𝗯𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 𝗯𝘂𝗸𝘁𝗶, 𝘀𝘂𝗱𝗮𝗵 𝗯𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 𝗸𝗮𝘀𝘂𝘀, 𝘀𝘂𝗱𝗮𝗵 𝗯𝗮𝗻𝘆𝗮𝗸 𝗸𝗲𝗷𝗮𝗱𝗶𝗮𝗻 𝗲𝗵 𝘁𝗲𝘁𝗲𝗽 𝗴𝗮𝗸 𝗺𝗮𝘂 𝗻𝗴𝗮𝗸𝘂𝗶 𝗸𝗮𝗹𝗼 𝗸𝘂𝗮𝗹𝗶𝘁𝗮𝘀𝗻𝘆𝗮 𝗮𝘀𝗮𝗹𝟮 𝗮𝗻, 𝘁𝗲𝘁𝗲𝗽 𝗴𝗮𝗸 𝗺𝗮𝘂 𝗿𝗲𝗰𝗮𝗹𝗹… (𝗞𝘂 𝗰𝗼𝗿𝗲𝘁 𝗺𝗲𝗿𝗸 𝗵𝗼𝗻𝗱𝗮 𝗮𝗵𝗺 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝘀𝗲𝗹𝘂𝗿𝘂𝗵 𝗮𝗻𝗴𝗴𝗼𝘁𝗮 𝗸𝗲𝗹𝘂𝗮𝗿𝗴𝗮 𝘆𝗴 𝗽𝗲𝗻𝗴𝗲𝗻 𝗯𝗲𝗹𝗶 𝗺𝗼𝘁𝗼𝗿)

    • Saya lebih percaya video yg sudah banyak bongkar motornya sendiri
      Luarnya mulus dalemnya kropos
      Jauuuuhhhhhh bgt dibanding yamaha
      Luar dalam cat tebal
      Drainase lancar jaya
      Ketebalan mantab
      Tenaga motor mantab
      Cvt haluuusss…. Suara mesin halussss
      Body tebal dan kenceng tanpa geter geter

    • Tapi jujur, kalo mau recall ganti rangka besar2an pun juga hampir ga mungkin, krn ga sesimpel recall part lain, di rangka tentu ada no rangka yg terdaftar di surat2, prosesnya njelimet dan makan banyak resource pasti krn udh laku jutaan unit,

      • Iya bener pasti njlimet asli, paling tidak harus dilakukan treatment khusus terutama strengthned dibagian fatal yang terindikasi

    • mana mungkin recall cakk…!! ambroll celengan AHM klo recall. kan sesuai tujuan awal: sasis INSAF gunanya memangkas biaya dan waktu produksi = demi cuan semata

      • April 2023, 560 ribu unit HONDA CRV produksi 2007-2011 di recall di Amerika atas temuan karat sekitar rangka dan suspensi belakang yang berpotensi bahaya. Karat tersebut kemungkinan terjadi karena mobil melewati genangan air/banjir atau terkena air laut.

        Intinya, tidak pandang apakah masih garansi dan apakah air laut/banjir, produsen tetap harus recall

        Cari aja dengan kata kunci “Honda Rust Recall”

    • April 2023, 560 ribu unit HONDA CRV produksi 2007-2011 di recall di Amerika atas temuan karat sekitar rangka dan suspensi belakang yang berpotensi bahaya. Karat tersebut kemungkinan terjadi karena mobil melewati genangan air/banjir atau terkena air laut.

      Intinya, tidak pandang apakah masih garansi dan apakah air laut/banjir, produsen tetap harus recall

      Cari aja dengan kata kunci “Honda Rust Recall”

  1. kenapa berat untuk recall semua sekaligus .. jumlah 10jt unit gak main-main bro… ganti rangka itu seperti rakit ulang motor, sulit dan lama, jadinya motor mu rakitan ahass bukan pabrik lagi..
    paling benar sih tunggu unit rusak aja baru satu persatu rangka nya diganti dengan biaya subsidi.

    • saran untuk ahm.. unit baru
      1. panjangin garansi esaf baru jadi 2 tahun. sekalian unit yang terjual sejak 2022.
      2. tambahin gratis periksa rangka pada
      KPB 3, dan 1 tahun kemudian.

      Untuk unit lewat garansi: gratis cek rangka 1x. selanjutnya mungkin jasa 100rb
      jika ketemu korosi sampai level tertentu maka gratis perbaikan, kalau parah maka berhak klaim tebus murah rangka baru, misalnya bayar jasa aja.

      • Bongkar rangka itu ga kayak servis ya, bayangin semua komponen dilepas, dirakit lagi
        Yakin ga ada yang ketinggalan?
        Kl cuma 1 2 okelah, la ini 10jt unit mau berapa lama proses nya?

        20T minimal, belum termasuk riset rangka baru nya
        Karena kalo diganti rangka yang sama ya percuma, 2 tahun jebol lagi karena karat

        Saham AHM bakalan anjlok gila2an

  2. pas dicek di bengkel AHM ternyata ada karat sedikit, langsung keluar jurus andalan: “mas, bisa kesini sebentar…ini rangkanya ada karat harus ganti, harganya 1,1 jt belum biaya pasang”

    ambroll celengan cakk..!!! 🥴😆

  3. Percuma kalo gak jujur, hasil pengecekan tinggal dibilang KARAT VISUAL!, konsumennya itu cuma keledai, 78% itu diatas angin gak akan bisa tumbang

    • Mau bearing kocak semua, bodi geter, cat seadanya, skrg rangka karatan, tetep aje konsumennya loyal ama brand ini. Emg bener keledai sih. Astrea series okelah awet harga jual kembali tinggi (slogan klasik brand ini), tapi matic skrg ga lebih dari tambang emas brand ini doank. Kalo punya motor lama daripada kredit matic dari brand ini mending duitnya buat restorasi aje, ato hunting matic brand laen seken. Toh kymco sekalipun jg tetep laku dijual, di lapangan jg harga matic brand ini sekennya gajauh ama brand Jepang laen. Loyalitas konsumennya udh kearah nonsense.

      • Dalam ilmu pemasaran dikenal rasional buyer dan irrasional buyer, kebetulan mayoritas konsumen H adalah irrasional buyer yg semua itu bisa disebut H memang sukses membentuk karakter pasar di sini melalui marketingnya sejak berpuluh2 tahun lalu, walaupun saya lebih menyebutnya sebagai pembodahan bukan edukasi.

  4. Berani tanggung jawab produsen, karena kwalitas material dan finising rangka yg belum sempurna, krn bila ada kecelekaan fatal krn rangka patah waktu melaju. Itu hrs tanggung jawab produsen

    • rangka itu ibarat tulang di dalem tubuh manusia, kalau kenapa2 dampaknya bisa berpengaruh ke seluruh tubuh karena tulang adalah tempat semua komponen tubuh menempel

  5. Untung beat’e bapakku lansiran tahun 2017 yg masih pake rangka tubular…

    Ee tapi klarifikasi soal silikat itu gmn lanjutannya? Kok bertolak belakang dgn pendapat akademisi?

    otoriderdotcom/berita/2023/klarifikasi-rangka-esaf-honda-di-mata-akademisi-klachgidisi

        • @iHiNk
          Selama ini memang disikat habis. Kemaren bongkar dua motor tua di rumah, nihil silikat.

          Tapi menyikat habis silikat perlu waktu dan juga ada beban biaya bukan.
          Naah jadi, ujung2nya mengenai apa?
          Apa aja sih usaha pabrikan saat ini untuk mencapai harga jual logis?

        • Ya memang tidak ada mas nug, karena proses weldingnya pake las mig baik robot maupun manusia 😁
          Ada yang boleh di finishing gosok, ada pula yang tidak boleh di gosok, cuma disikat aja, bersihin spater dan kotoran gosong lainnya, sehingga hasil las-lasan utuh, bersih dan terlihat rapi. Itu juga masih lewat treatment sebelum painting.
          FYI bagian lengkungan yang kena tarik die waktu proses stamping, itu juga sangat mudah mengundang karat, selain menjadi lebih tipis.

      • iya mang Nugie, kemarin saya juga baca berita kalo Yamaha juga mengakui soal silikat bukan karatan

        https: //oto.detik.com/motor/d-6906028/yamaha-sebut-silicate-di-rangka-motor-wajar-tegaskan-bukan-karatan

  6. Mungkin ada yg bisa berbagi info disini, apakah ada konsumen yg ajukan gugatan hukum secara resmi ke ahm? Atau minimal ajukan komplain resmi lewat ahass atau jalur yg tersedia?

  7. Kalo ga heboh rangka insyaf ini, kita jarang yang tahu ketebalan material yang dipakai di beberapa generasi 1 jenis produk.
    Contohnya dari beat varian sempak supermen, beat bantet sama beat insyaf. Makin ke sini makin tipissss….
    Orang pengen beli karena mikir, harga jual lebih tinggi, kalo keuangan lagi goyang bisa dijadikan andalan. Kalo sekarang bukan jadi andalan, malah jadi tambah pusing tambah pengeluaran.

    • Yoi, jaman bebek 70 juga si rangka asep udah hadir, bedanya jaman itu menyesuaikan dengan kondisi jalanan Indonesia yang berlumpur tanah merah atau paling bagus ada makadamnya.

      Vespa senyam senyum liat rangka monokok kagak, twin tube juga kagak

  8. DiBebankan semua ke konsumen… Ga perlu recall sih cuma kl ada yg patah max 3tahun ya di subsidi lah untuk pergantain rangka…
    Harga rangka+bongkar/pasang+ketok no rangka bisa2 konsumen keluar uang 2jt an..

  9. ” Jika ada konsumen Honda yang masih memiliki keluhan terhadap sepeda motor Honda, AHM bersama jaringannya akan membantu untuk menanganinya”.

    ini tindak lanjutnya dalam bentuk apakah? disuruh beli rangka baru?

  10. dari pengalaman ini jadi paham kenapa harga matic yamaha lebih mahal dari honda walau spek sama. Yang tampak mata yamaha hanya menang plastik dan cat lbh baik, ternyata rangka yamaha dicat luar dalam dan minim las, tidak menutup kemungkinan msh banyak komponen internal yg kualitasnya lbh baik dari honda.

  11. akhirnya harus mengakui kesalahan, jangan dibantah ini itu, apalagi bilangnya kena air laut.
    di perusahaan itu isinya juga orang goverment, jadi bekingan pasti besar.
    terakhir punya motor merk hhh supra x 125, pernah ngebengkel di AhASS dudukan baut fairing jebol ga dikasih tau, baru sadar udah nyampe rumah.
    dari sekian juta esaf yang sudah beredar, berapa persen yang tau dengan perkaratan ini, apalagi menjelang musim hujan makin parahlah itu efek air.

  12. Saran saya ada 2 utk AHM,, mengembangkan rangka eSaf generasi 2 utk pengganti rangka esaf gen 1 yg durabilitinya dibawah 5 tahun ini.. Kalau tetap mau mempertahankan rangka esaf gen 1 ini, brrti harus memperbaiki finishingnya, pemberian pelapis dan cat yg tebal sampai ke dalam rangka (cat celup). Karena kalau hanya mengganti rangka yg sama tanpa perbaikan dalam hal finishing, 1-2 tahun kedepan, hasilnya akan sama saja

    • kelakuan astra ya. semakin ke sini semakin ke sana
      tahu aja sih pemilik astra siapa.
      pertanyannya: apakah untuk astra mobil juga seperti itu?
      *maklum saya belum punya mobil
      kalau memang sama lebih baik coret langsung dari wishlist mobil dari astra hehe

  13. orang mungkin ada yang merasa, ah cuma sejutaan.
    atau ada yang merasa yang penting tersedia rangka nya

    tapi lupa proses memakan waktunya.
    ane prediksi paling cepat 1 minggu itu motor baru bisa dipasang dan kembali bisa digunakan. ingat ini paling cepat.
    1 minggu itu terus ga bisa dipake motor nya. kalo yang motor semata wayang kredit setengah mati. gimana?

    mau di recall juga akan habiskan waktu. sangat disayangkan si. hal kaya gini. ga kebayang kalo ini misal di mobil sejuta umat. 1 minggu itu bisa dibilang mustahil

  14. Paling blunder waktu AHeM kualifikasi, mbulet wae … Mana pake topeng, kacamata, macam tersangka penjual baso borax,atau sampoo palsu 😆😂

    Sekarang mereka bingung mau recall tapi kok bisa tekorr karena motor yang kejual banyak…

    Ujung-ujungnya jualan rangka hadeehhh

    Jurus andalan:
    Mekanik: ehemm .. maaf pak itu rangka ada karatnya sedikit… Kalo mau aman diganti yang baru estimasi pengerjaan sekian hari, harganya tanya di kasir

    Customer: uhukkk uhukkk uhukkk … Gak usah mas mau dijual ja motornya hari ini

  15. Suruh datang ke ahass biar di cek rangkanya. Yang bisa di lakukan mekanik cuma memperbaiki yang di luar rangka saja.sementara dalaman rangka yang tidak di cat dan pada berkarat gimana memperbaikinya. Makin lama ya makin keropos..ujung2nya balik lagi ke dealer suruh beli rangka baru wkwk

  16. Diceritain oleh mekanik eks ahass, dulu H pernah recall kharisma utk penggantian laher kruk as karena kesalahan pemasangan waktu di pabrik. Itu saja sudah bikin AHM terpukul dari sisi finansial, apalagi ini kasusnya tjd di bbrp tipe motor yg total jumlahnya lebih banyak 10X atau malah lebih, gak kebanyang kerugian yg diderita AHM. Tapi masak iya kerugian itu harus dibebankan ke konsumennya?

    • Motor bapak gejil dulu kena ini. Kharisma gen 1.

      Pas servis rutin di ahass langsung dibilangin. Kalo ada penggantian. Dan grstis.

      • Honhon ini sebenarnya sering recall entah krna ada ksalahan / cacat pabrik, cuman dia pinter ga bilang2 di media… Misal ada cacat di komponen lampu, nah ntar pas si konsumen service, diganti.. bilang nya udh rusak tapi ga perlu bayar soalnya masih garansi..

        ini kata sodara ane, yg kerja di dealer honhon

  17. Dan akhirnya setelah miara supra betmen 11 thn dan vario led 125 gen pertama jd tambh yakin bhwa kualitas ahm dulu dan sekarang bda bngt..makin kesini makin apa adanya …

  18. Menurut saya sih, masalah finishing bukan termasuk cacat produksi, (tergantung tingkat QC nya) jadinya wajar AHM tolak recall, cuma karena kena teguran dr pemerintah ya mereka bersedia “mbantu” nangani keluhan konsumen, masalahnya kalo disuruh bayar untuk rangka yang nantinya juga bakal CEPET KARAT lagi ya, kira kira lahh

    • FYI, QC punya spek yang dijadikan rujukan OK/tidak OK. Yang megang spek RND. Yang megang RND top management.
      Jadi kalo ada tangan nampol orang, yg salah tetep kepalanya, bukan tangannya.

    • Memangnya painting bukan bagian dari proses produksi om..?😁😇
      Jadi klu paintingnya cacat mestinya tidak lolos dari final inspectionnya Quality Control om…😬

  19. Jadi setelah kita tau kalau kualitas produksi AHM begini, kedepannya kita mau gimana? apa masih mau beli? Trus pabrikan mau gimana?

  20. sejak kasus rangka CB150r patah, mesin klotok, shock PCX melengkung, sampai rangka INSAF gak insaf2 juga, muga2 masyarakat semakin melek akan pelayanan dan merek yang berkualitas, bukan hanya dikadalin ama perusahaan. dari kasus udah terjawab dan gak diragukan akhirnya PIHAK AHM setengah hati melakukan penanganannya, semoga customermu tetap 80% menguasai Indonesia.

  21. Lulus sekolah saya kerja di Y.
    Setelah itu, dengan menyembunyikan pengalaman kerja di Y, saya bisa masuk kerja di H.
    Mungkin saya satu2nya orang yang sudah melakukan perbandingan langsung part by part dari raw material sampai finish good di kedua merk tersebut.
    Kesimpulan saya, setelah utuh jadi unit sepeda motor, saya lebih merekomendasikan merk Y.
    Tapi motor saya sekeluarga merk S semua. 😀

    • Saya pernah magang di ah**s utk cari kesibukan waktu nunggu kelulusan, mekanik2nya mengakui bbrp part Y lebih bagus, dan saya mengagumi desain motor H yg membuat servis bs cepat karena tidak perlu bongkar semua cover.
      Sekarang saya pakai S, value yg tidak pernah didapat di merk lain adalah “ketenangan”, karena motornya “anti maling”…. wkwkwk

  22. Kalo misalkan disuruh ganti rangka baru pake duit sendiri sih sama aja bohong, apalagi rangka baru kualitasnya sama aja. Masa tiap 2-3 tahun sekali harus ganti rangka?
    Ayo ahm recall aja, kan pabrikan paling sultan

    • 𝗣𝗮𝗹𝗶𝗻𝗴 𝘀𝘂𝗹𝘁𝗮𝗻 𝗻𝗮𝗻𝗴𝗮𝗻𝗶 𝗵𝗮𝗹 𝘀𝗲𝗽𝗲𝗿𝘁𝗶 𝗶𝗻𝗶 𝗸𝗼𝘅 𝗺𝗲𝗻𝗰𝗹𝗮 𝗺𝗲𝗻𝗰𝗹𝗲, 𝗻𝗴𝗲𝗹𝗲𝘀 𝗻𝗴𝗮𝗹𝗼𝗿 𝗻𝗴𝗶𝗱𝗼𝗹. 𝗞𝗮𝗹𝗼 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗸𝗲𝘀𝗲𝗹𝗮𝗺𝗮𝘁𝗮𝗻 𝗸𝗼𝗻𝘀𝘂𝗺𝗲𝗻 𝗮𝗵𝗺 𝗼𝗴𝗮𝗵 𝗼𝗴𝗮𝗵𝗮𝗻. 𝗧𝗮𝗽𝗶 𝗸𝗮𝗹𝗼 𝘂𝗻𝘁𝘂𝗸 𝗻𝘂𝘁𝘂𝗽 𝗺𝘂𝗹𝘂𝘁 𝗽𝗮𝗿𝗮 𝗶𝗻𝗳𝗹𝘂𝗲𝗻𝗰𝗲𝗿 𝗺𝗲𝗿𝗲𝗸𝗮 𝗷𝗼𝗿 𝗷𝗼𝗿𝗮𝗻.

  23. pertama, bisa dipastikan ada aja bengkel ahass minta ongkos bongkar body. lha ini salahnya hadno kok malah minta konsumen tanggung jawab…
    kedua, bengkel ahass bisa dipercaya gak? pengalaman sempet punya cbr k45g bawa ke ahass seringnya ga memuaskan, bukannya beres malah rembes…

  24. Recall hampir mustahil.

    Paling tidak, honda memberikan service gratis pengecetan ulang rangka esaf. Itu jauh lebih murah, ketimbang recall atau ditinggalkan konsumen.

  25. Mending Ahem recall semua biaya admin sampe penggantian rangka 100% gratis ditanggung Ahem, biar nama baek tetep terjaga dan konsumen ga lari.
    sebelum nambah bengkak penjualannya esap. kira2 nih udah produsi 10jt unit, harga satu rangka esaf 1,1jt. dikaliin aja tuh, Ahem minimal keluar duit 11 Triliun buat ganti rangkanya doang belom biaya admin dll.
    masa Ahem duit 11 Triliun doang ga ada, katanya pabrikan sultan kan,,,,

    • No no, biaya pasang? Surat2? Ini rangka yang ada no rangka nya ga bisa sembarangan ganti

      20 trilyun minimal

      Siap2 aja kolaps

      Diganti pun kalo bahan dan pengecatan masih sama juga 2 tahun jebol lagi, recall lagi

      • Betul. Harusnya diganti rangka baru yg lebih baik, lebih kuat, lebih tebal, tahan karat dan pake cat celup. Balik ke model turbular jg lebih baik.

  26. Itu udh ada orang Ciputat , ngecek rangka minta tolong ke mekanik untuk videoin dan foto, motor dibawa kepojok

    Pas si pemilik minta video dan foto rangkanya ga dikasih😂😂 kocaaak kocak wkwkw

  27. Emang kualitas AHMpas! Perlu pengecekan kualitas?? Orang awam pun udah tau! Gmn kualitas pabrikan H. Anda tau kerupuk? Itu klu digigit Mak krriiuuukkk…

  28. Ngeceknya gimana tuh? Klo cuma bongkar body, lihat+bersihin rangka dari luar sih ya percuma. Harusnya diperiksa dgn seksama, pake kamera endoskopi dan videonya diserahkan ke yg punya.

  29. kalo misalnya merk lain yang mengalami kasus seperti ini rasanya tidak akan ada tindak lanjut dari pabrikan.
    Contoh dulu berbagai mocin kualitas amburadul gak ada tanggung jawab produsennya, konsumen disuruh mikir sendiri,akhirnya merk-nya punah.
    Sudah bagus AHM seperti ini, berarti mereka juga terbuka

    • Ini nih mindset yang bikin ATPM bisa seenak jidat.
      Si anu Vamp*r, si inu osteoporosis. Melenggang aja kesalahan di lemparkan ke konsumen.

  30. Masih mau beli produk dari pabrikan yg *tidak bertanggung jawab?* Bukankah masih ada brand lain sebagai pilihan?

    Semoga dari 10 juta lebih orang yg mengendarainya, tidak ada yg menjadi korban jiwa jika rangkanya patah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here