TMCBLOG.com – Hari Jumat ini Sirkuit Buddh akan melakukan debut Grand prix di ketiga kelasnya Moto3, Moto2 dan MotoGP. Selain telah lolos homologasi FIM, sirkuit ini juga telah lolos inspeksi teknis dari FIM sehari sebelum sesi latihan pertama dihelat yakni hari Kamis kemarin. Tomé Alfonso Ezpeleta, yang mulai musim ini menggantikan Franco Uncini dan memainkan peran penting sebagai FIM Safety Officer untuk MotoGP menjelaskan mengenai hal ini.

“Loris (Capirossi) berkendara pada hari Kamis dan kami senang. Pada hari Kamis pukul 14:30 waktu setempat dan seperti di semua sirkuit, kami telah melakukan inspeksi lintasan. Inspeksi lintasan hal ini selalu dilakukan di MotoGP dan homologasinya berlaku sejak pemeriksaan yang selalu dilakukan pada hari Kamis pukul 14.30, hingga tengah malam di hari terakhir acara.”

“Inilah yang selalu dilakukan. Mengapa dilakukan pada hari Kamis dan bukan sebelumnya? Misalnya, di Jerez, yang harus memasang banyak ‘air fence’, dan sebagian besar menyewanya, Anda tidak bisa pergi tiga bulan sebelumnya dan meminta mereka menyewanya untuk pemeriksaan, lalu membongkarnya dan mengembalikannya ke trek ketika akhir pekan GP tiba.

“Dan mengenai catnya, sudah disetujui. Primer serta lapisan yang diaplikasikan sudah bagus, tidak bisa dicek tiga bulan sebelumnya. Oleh karena itu, semua pemeriksaan dilakukan pada hari Kamis dan, jika semuanya sesuai, maka persetujuan lintasan akan dikeluarkan. Begitulah prosesnya, Kamis pukul 14.30 kita keliling lintasan, semuanya dicek lalu keluar persetujuan yang berlangsung hingga Minggu tengah malam.”

“Di lap inspeksi ada anggota Race Direction, yaitu Mike (Webb), Loris dan saya. Personel dari ‘Race control’ dan beberapa departemen Dorna juga datang jika ada masalah yang muncul. Sebenarnya pemeriksaannya dilakukan oleh FIM dan Race Direction-nya ada di sana.”

Pada penjelasannya Alfonso juga menceritakan titik-titik paling kritis dari Sirkuit Buddh dan bagian mana yang telah dimodifikasi: “Pada tikungan 12, kami memindahkan tembok ke belakang dan menambahkan kerikil. Dan di tikungan 13, yang terakhir, kami memindahkan tembok ke belakang dan membuang semua aspal yang ada untuk memasang kerikil. Sirkuitnya baik dan saya senang. Sekarang kita perlu melihat apa yang dikatakan para pembalap ketika mereka mulai membalap pada hari Jumat, tapi menurut saya ini adalah sirkuit yang bagus.”

Dua sesi latihan kelas MotoGP hari Jumat ini akan dihelat dalam durasi waktu yang cukup lama sebagai upaya pengenalan dari trek yakni masing-masing 70 menit. – @tmcblog

24 COMMENTS

  1. secara overall seperti paddock, tribun dan layout (kecuali luas area run off/gravel) terlihat lebih “decent” dari Mandalika.

  2. Kalau dilihat dari layout nya, Mandalika kalah “elit” . Kalau Ama Sepang mandalika bisa lah bersaing. Ini dari sisi layout ya, bukan yang lain2

    • Layout maksudnya yg kyk gmn nih ? Bukannya layout itu tergantung karakter sirkuitnya ? Ada yg stop and go, ada yg flowing, ada tipikal drag race dgn straight panjang ada yg kombinasi keduanya atau ketiganya, kyknya ga bisa dibandingkan deh,

      • Ya trek nya aja gak termasuk gravel tribun dll. Mau flowing atau stop and go ada “kelasnya” sendiri, semakin sulit dan menantang biasanya itu sirkuit levelnya lebih di atas. Ya sama aja macem game, game easy ya buat amatir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here