TMCBLOG.com – Akhirnya Triumph Motorcycles mengungkap sosok motor MX mereka yang sudah lama secara bertahap dibocorin spesifikasinya ke publik. Secara resmi Triumph menggandieng Monster Energy sebagai sponsor utama mereka untuk berlaga di Kejuaraan Dunia Motocross MX2 mulai tahun 2024 mendatang. Dan ini dia motor Triumph MX yang telah lama ditunggu-tunggu dibuka selubungnya, namun spesifikasinya belum dirilis secara detil.

Yang pasti Triumph MX yang akan turun laga di kelas MX2 ini berkapasitas mesin 250cc 4-tak berpendingin cairan, namun Triumph juga sudah bersiap ke depannya untuk ikut turun di kelas MXGp dengan mesin 450cc 4-tak. Oke, kita bahas MX2 yang baru rilis ini saja ya. .

Menjelang FIM MX2 Motocross World Championship 2024 Triumph Racing mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan Monster Energy, kerja sama yang menarik selama dua tahun ini akan menjadikan Monster Energy sebagai sponsor utama tim Triumph MX2, seiring dengan kesiapan perusahaan sepeda motor ikonik asal Inggris ini untuk melangkah ke panggung balap motorcross global. Triumph akan mengikuti Kejuaraan Dunia MX2 untuk pertama kalinya pada tahun 2024. Monster Energy Triumph Racing akan dikelola oleh Thierry Chizat-Suzzoni dan Vincent Bereni. Bersama-sama, keduanya telah membantu membimbing banyak pembalap untuk meraih kesuksesan, dengan memenangkan tidak kurang dari 80 GP di Kejuaraan Dunia Motocross FIM.

Menjelang musim 2024, baik Thierry maupun Vince menyalurkan passion, keinginan, dan keahlian teknis mereka ke dalam Monster Energy Triumph Racing, bekerja sama dengan para insinyur Triumph dari kantor pusat di Hinckley, Inggris, dan juga tim balap Amerika Serikat. Peluncuran motor balap MX2 tim, yang menampilkan test rider Clement Desalle, menandai dimulainya babak baru dalam sejarah balap pabrikan asal Inggris ini.

Steve Sargent – Chief Product Officer Triumph: “Bermitra dengan perusahaan bergengsi dan penuh semangat seperti Monster Energy saat kami memasuki Kejuaraan Dunia FIM MX2 yang sangat kompetitif adalah hal yang sangat menarik bagi Triumph Racing. Kami tahu betapa kompetitifnya seri ini, dan berada di posisi terdepan bukanlah tugas yang mudah. Namun, memiliki mitra seperti Monster Energy, yang telah membangun hubungan yang baik selama bertahun-tahun dengan Thierry dan Vince, merupakan momen yang sangat membanggakan bagi kami, seperti halnya saat kami memperkenalkan motor balap MX2 kami. Saya ingin berterima kasih kepada Monster atas kepercayaan mereka terhadap proyek kami dan kami menantikan tahun 2024 yang sangat menarik, dan seterusnya, bersama tim Monster Energy Triumph Racing.”

Aaron Nixon O’Neill – Direktur Monster Energy – 2 Wheel Motorsports: “Kami sangat senang bisa mengumumkan motor dan nama tim Monster Energy Triumph Racing. Kami semua sangat bersemangat untuk turun ke lintasan balap bersama tim kelas dunia ini. Sudah hampir 10 tahun sejak pertama kali kami bekerja sama dengan Thierry, dan kami telah menikmati kesuksesan besar bersama selama bertahun-tahun. Bersama Vince dan seluruh tim di Triumph, kami siap untuk memulai balapan dan melaju ke Kejuaraan Dunia FIM MX2 2024. Kami memuji Triumph Racing dan seluruh tim karena ini bukanlah tugas yang mudah, olahraga ini sangat kompetitif, dan level balap saat ini berada pada titik tertinggi sepanjang masa. Kami tidak sabar menantikan putaran pertama dan memulai musim ini.”

Thierry Chizat-Suzzoni – Pemilik Monster Energy Triumph Racing Team: “Kami sangat senang mengumumkan kemitraan baru dengan Monster Energy sebagai sponsor utama tim MX2 kami, saat kami memasuki babak baru dalam dunia balap bersama Triumph Motorcycles. Kami telah menikmati kemitraan yang sangat kuat dengan Monster Energy di masa lalu dan mereka memahami olahraga kami, yang sangat penting ketika bekerja sama di level ini. Kami menghargai dan berterima kasih kepada mereka atas kepercayaan mereka kepada kami dan program kami, saat kami membuka lembaran baru dalam sejarah dan memasuki Kejuaraan Dunia Motocross FIM MX2 dengan motor 250cc yang benar-benar baru dari Triumph. Monster adalah salah satu merek yang paling dikenal secara global, dan investasi mereka dalam olahraga aksi sangat penting bagi perkembangan olahraga kami, jadi ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi kami saat kami membagikan berita ini, mengungkapkan corak motor balap dan nama tim kami – Monster Energy Triumph Racing.”

(Michael Shaw)

Kalau yang TMCBlog lihat dari motornya sendiri seperti gabungan dari dua merk yakni Yamaha pada bagian sasisnya dan juga ikut didukung pemakaian suspensi dari KYB (Kayaba), dan ada karakter khas dari KTM pada bagian mesinnya Triumph MX2 ini dan juga sama-sama di-support knalpot Akrapovic tuh. Kita nantikan saja spesifikasi lengkapnya dari Triumph yang sepertinya akan dirilis sebentar lagi nih sob.

@tmcblog – Based on Triumph Racing

 

9 COMMENTS

  1. Pertama liat rangka langsung ngira Yamaha, tapi kok body work nya lebih mirip KTM. Pas baca paragraf terakhir ternyata cocok sama statementnya mas Nugi

  2. Sekalian aje suruh Triumph jadi supplier mesin moto3 pake mesin ini, lumayan kan nurunin biaya moto3 yg udh bengkak bgt. Aga kocak sih moto2 yg kelas paling deket ke motogp tapi malah make mesin motor jalanan, sementara moto3 yg kelas paling rendah justru full prototipe.

    • yha yang mau bikin tim juga pusing, Kelas yg lebih kecil full proto yg biaya rnd nya mau dialihkan ke produksi massal juga boros karna proses rnd nya kudu luar biasa downgrade dan kepentok sama harga mass pro kelas capung

  3. Sebenarnya di akhir September, Triumph juga udah ngumumin bakal ikutan di AMA Supercross juga dikelas 250cc, bahkan motornya waktu itu udah dicoba lap parade sama pembalap Senior Supercross, dan yang kulihat memang ini motornya, karena kelihatan jelas dari Shockbreaker depan yang lebih panjang dibandingkan beberapa pabrikan lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here