TMCBLOG.com – Setelah 1 dekade sejak peluncuran MT-09 generasi pertama, sosok motor Hyper Naked dari Yamaha ini mengalami update yang cukup banyak dan refreshmment desain body dan juga peningkatan pada ingkat kenyamanan. Dengan tampilan motor yang agresif dan edgy serta spesifikasi premium plus kehadiran banynak fitur serta teknologi terbaru. Kombinasi mesin crossplane CP3 dengan output torsi melimpah dan juga bodywork yang agresif membuat MT-09 menjadi salah satu motor Yamaha yang sangat laris di Eropa.

Biasanya kan motor di kelas Hyper Naked memiliki banyak perangkat sana sini dan dimensi yang cukup besar, nah berbeda dengan pendekatan Yamaha kepada MT-09 terbaru ini yang pakai filosofi ‘less is more‘, gaya Hyper Naked generasi terbaru Yamaha ini didesain dengan bentuk bodi yang agresif tapi masih minimalis. Lampu depan LED projector terbaru sekarang tertutup semacam cover dengan sepasang Daytime Running Light yang malah mirip topeng baju tempur milik Tony Stark sang Iron Man.

Lampu depan dual LED projector berdimensi mungil ini juga dipakai pada XSR900-GP yang sebelumnya sudah dipamerkan Yamaha. Masih ngomongin pencahayaan, di bagian belakang terdapat lampu belakang LED baru yang terpisah dari lampu rem dan dilengkapi dengan lensa bawah dengan mika warna smoke.

Untuk ergonomi pengendara juga direvisi dengan mengatur ulang bentuk jok yang sekarang melibatkan model terpisah antara rider dan pembonceng untuk meningkatkan posisi berkendara dan membuat naik – turun lebih mudah. Desain tangki bahan bakar juga diperbaharui, yang membuat posisi berkendara yang lebih sigap dan sedikit condong ke depan, dengan tetap mempertahankan estetika yang tajam dan edgy yang identik generasi MT.

Masih soal riding position, Yamaha merancang ulang footpeg yang posisinya lebih jauh ke belakang sebanyak 30mm sekaligus menaikkannya hampir 10mm, sementara posisi setang lebih rendah dari model sebelumnya. Selain itu sudut kemudi dibuat lebih besar dari MT-09 sebelumnya berkat bentuk tangki yang baru.

Satu yang unik dan ini juga bisa dikatakan jadi ciri khas Yamaha, Pada MT-09 baru ini hadir sepasang air intake baru dengan kisi-kisi guna penguat akustik yang terletak di atas tangki bahan bakar untuk menonjolkan suara induksi frekuensi tinggi saat udara disedot throttle body masuk ke ruang bakar. Seperti yang juga ditemukan pada MT-10, desain air intake ini tujuannya untuk menonjolkan suara frekuensi tinggi guna memberikan sensasi berkendara dan membuat rider bisa lebih mengerti raungan mesin motor di setiap bukaan throttle. Mirip-mirip ulah Yamaha pada acoustic air intake mobil Lexus LFA ini sih.

Tenaga motor masih berasal dari mesin 890cc bertenaga 117 BHP tiga silinder ‘CP3’ yang diperkenalkan pada tahun 2021, tetapi pada model baru ini akan lebih bertenaga. Sudah memenuhi standar Euro 5 dan juga adanya pembaharuan pada injector guna mencapai efisiensi di ruang bakar mesin. Serta Assist & Slipper clutch terbaru guna menyesuaikan output tenaga yang lebih besar pada model terbaru ini.

Kemampuan IMU 6 Axis ditingkatkan, merupakan hasil dari pengembangan pada Yamaha YZF-R1 diturunkan ke MT-09 ini dilengkapi dengan Back Slip Regulator (BSR) atau pengatur gejala selip roda belakang untuk menambah stabilitas saat roda belakang terkunci saat engine brake keras. MT-09 terbaru ini juga memiliki cruise control sebagai fitur standar, quickshifter.

Quick Shift System (QSS) generasi ketiga Yamaha yang baru, yang memungkinkan up-shifting / down-shifting cepat dan tanpa menarik kopling dan QSS-nya memiliki dua pengaturan. Pengaturan pertama memungkinkan up-shifting saat berakselerasi dan down-shifting saat deselerasi. Pengaturan kedua memperluas fungsionalitas di berbagai situasi yang lebih luas dengan mengizinkan down-shifting saat berakselerasi dan up-shifting saat deselerasi. Sistem canggih ini membuat akselerasi penuh menjadi lebih mengasyikkan dan menurunkan gigi lebih cepat dan halus.

MT-09 menawarkan tiga riding mode: Sport, Street, dan Rain, dengan pengaturan yang berbeda untuk power delivery, traction control, slide control system dan lift control untuk menyesuaikan dengan situasi yang berbeda. Untuk tahun 2024, MT-09 menambahkan dua mode khusus yang dapat diprogram oleh pengendara melalui aplikasi ponsel pintar MyRide Yamaha atau menggunakan switchgear yang telah didesain ulang pada handlebar sebelah kiri.

Fitur lainnya seperti layar TFT 5 inci baru, lebih besar dari model sebelumnya, dengan pilihan empat tema layar yang berbeda untuk disesuaikan dengan situasi berkendara atau preferensi rider. Layar dinavigasikan melalui tombol-tombol setang yang terintegrasi. Konektivitas yang menjadi standar MT-09 melalui Communication Control Unit (CCU) yang terintegrasi.

Rider bisa tetap terhubung saat berkendara dengan menghubungkan smartphone ke motor menggunakan aplikasi Y-Connect gratis dari Yamaha. Selain itu, navigasi turn-by-turn lengkap tersedia melalui aplikasi Garmin StreetCross untuk mempermudah perjalanan.

Juga hadir fungsi lampu sein baru yang unik. Soft click pada sakelar lampu sein, dan rider akan mengedipkan lampu sein yang diinginkan sebanyak tiga kali sebelum lampu sein tersebut mati dengan sendirinya. Normal click pada sakelar untuk pengoperasian lampu sein normal, tetapi lampu sein 2024 MT-09 sekarang sudah ada fitur dapat mati sendiri. Jika lampu sein menyala selama lebih dari 15 detik, atau sepeda motor melaju lebih dari 150 meter, lampu sein akan berhenti berkedip dengan sendirinya. Wah, fitur penting buat motor di Indonesia nih.

Sektor pengereman juga ditingkatkan dengan master silinder tipe radial dari Brembo yang dipasangkan dengan cakram depan ganda diamter 298mm. Selain itu, tuas kopling baru menyediakan beberapa penyesuaian untuk mengakomodasi berbagai preferensi dan ukuran tangan. Di roda belakang dibekali carkam tunggal berdiameter 245mm dengan kaliper dua piston dari Nissin.

MT-09 2024 dilengkapi dengan garpu depan KYB diamter as 41 mm yang dapat disesuaikan sepenuhnya dengan travel 5,1 inci. Suspensi belakang menggunakan shock KYB dengan peredaman preload dan rebound yang dapat disesuaikan serta desain linkage baru yang diklaim Yamaha memberikan sensasi yang lebih dinamis, meskipun jarak tempuh 4,6 inci lebih pendek 0,2 inci dari model 2023. MT-09 juga mendapatkan ban Bridgestone Battlax Hypersport S23 M yang baru saja diluncurkan oleh Bridgestone di Jepang. Karet ban membalut sepasang velg alloy dengan proses mutakhir SpinForged dari Yamaha yang memberikan handling dan grip ban yang lebih baik.

Yamaha akan menjual MT-09 MY2024 ini di berbagai wilayah pasar di seluruh dunia, dengan pilihn warna, harga, serta ketersediaannya yang mungkin akan berbeda di setiap wilayah negara. Untuk wilayah pasar Amerika Serikat warna yang tersedia untuk tahun 2024 (rencananya dijual mulai bulan Maret) adalah Team Yamaha Blue, Midnight Cyan, dan Matte Raven Black. Sedangkan harga MSRP AS untuk Yamaha MT-09 2024 mulai dari $10.599 atau sekitar 170 juta Rupiah (perhitungan harga tanpa biaya shipping ke Indonesia, pajak/bea dan lain-lain). | @tmcblog

2024 MT-09 SPECIFICATIONS
Engine type4-stroke, Liquid-cooled, DOHC, 4-valves, In-Line Three-Cylinder
Displacement890cc
Bore x stroke78,0 × 62,1 mm
Compression ratio11,5 : 1
Maximum power87,5 kW (119,0 PS) @ 10.000 rpm
Limited power versionA2 version restricted – 35,0 kW (47,6 PS) @ 6.000 rpm

A2 version unrestricted – 70,0 kW (95,2 PS) @ 9.000 rpm

Maximum Torque93,0 Nm (9,5 kgf-m) @ 7.000 rpm
Lubrication systemWet sump
Clutch TypeWet, Multiple Disc
Ignition systemTCI
Starter systemElectric
Transmission systemConstant Mesh, 6-speed
Final transmissionChain
Fuel consumption5,0 L/100 km
CO2 emission116 g/km
CarburettorElectronic Fuel Injection
FrameDiamond
Front suspension systemUpside-down telescopic fork, Ø 41 mm
Rear suspension systemlink suspension, Swingarm
Front brakeHydraulic dual disc, Ø 298 mm
Rear brakeHydraulic single disc, Ø 245 mm
Front tyre120/70ZR17M/C (58W) Tubeless
Rear tyre180/55ZR17M/C (73W) Tubeless
Overall length2.090 mm
Overall width820 mm
Overall height1.145 mm
Seat height825 mm
Wheel base1.430 mm
Ground clearance140 mm
Wet weight (oil+fuel)193 kg
Fuel tank capacity14 L
Oil tank capacity3,50 L

 

14 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here