Hypermotard 698 Mono RVE Edition

TMCBLOG.com – Sebelumnya kami sudah pernah menulis tentang spyshot sosok motor model supermoto yang diduga buatan Ducati, dan benar saja dugaan tersebut adalah Ducati yang menelurkan varian Hypermotard yang lebih ‘ringan’ berjuluk Hypermotard 698 Mono. Dengan embel-embel nama ‘mono’ di sana, secara jelas bahwa motor ini dibekali mesin silinder tunggal. Seperti apa spesifikasinya? Mari kita simak, sob!

Ducati membuat Hypermotard 698 Mono dengan tujuan lebih kepada sensasi berkendara sebuah motor supermoto yang track ready sejak konsumen membelinya dari dealer dan juga kenyamanan dalam pemakaian di dalam kota. Sebuah tujuan yang dicapai dengan menerapkan solusi teknis yang berasal dari DNA superbike kebanggaan mereka yakni varian Panigale V-engine untuk dapur pacunya, elektronik, dan juga sasis ke segmen baru bagi Ducati karena mereka kini kembali membuat motor bermesin satu silinder.

Hypermotard 698 Mono RVE Edition

Melihat dari tampangnya memang masih serupa dengan Hypermotard 950 yang menggunakan mesin V-twin, konsepnya memang seperti itu dengan desain keseluruhan yang serupa namun dengan dimensi yang lebih kompak dan juga mesin yang ‘kurang buas’. Menggabungkan estetika desain Supermotard yang khas, minimal, ringkas, dan agresif, dengan garis-garis yang bersih dan perhatian terhadap detail khas desain Ducati. Jok yang tinggi dan rata, spakbor depan yang tinggi, buntut yang lancip yang tampil serasi dengan knalpot gandanya dan spatbor belakang yang menegaskan kesan agresif khas Hypermotard. Di bagian depan hadir headlight LED berikut sepasang DRL di sampingnya dan hand guard jadi perlengkapan standar di stang kemudi yang lebar dan baplang Ducati Hypermotard 698 Mono.

Hypermotard 698 Mono RVE Edition

Posisi berkendaranya dirancang untuk menjamin kendali maksimum dalam berkendara, mendukung berkendara ala supermotor dengan kaki direntangkan ke aspal dan lutut menempel di aspal trek. Bagian stang kemudi menentukan posisi yang dominan, mendukung gerakan tubuh rider dan handlebar ini bisa diatur posisinya sesuai selera dan kebutuhan rider. Desain footpeg dimaksimalkan untuk mencapai sudut kemiringan maksimal saat cornering. Struktur bagian atas Hypermotard yang sangat ramping  dioptimalkan supaya rider mudah menggerakkan tubuh dan kakinya saat berkendara di lintasan dan jalan raya.

Untuk fitur elektronik dari Hypermotard 698 Mono ini sangat mengesankan untuk motor sekelasnya, memang untuk urusan fitur teknologi begini Ducati gak main main dah. Memakai berbagai fitur canggih dari Panigale V4, motor ini memiliki empat tingkat ABS yang dua di antaranya mengintegrasikan fungsi Slide-by-Brake, yakni melalui penggunaan rem belakang memungkinkan menikung dengan aman dan berulang-ulang saat kecepatan tinggi di lintasan balap, dengan mengatur level Slide-by-Brake ini powerslide roda belakang menjadi lebih mudah dikendalikan.

Traction control, wheelie control, engine brake control, dan launch control. Tambahan opsional termasuk quick-shifter (fitur standar pada versi RVE) up/down, dan peningkatan untuk wheelie control yang menambahkan fitur ‘wheelie assist‘ untuk pengendalian wheelie saat motor dibawa dengan gaya pecicilan.

Juga ada empat riding mode ; Sport, Road, Urban dan Wet yang mana juga hadir Engine Mode tersedia dalam 3 level yang semuanya dapat diseting oleh rider. Semuanya dikelola oleh instrumen dashboard LCD 3.8 inci dengan karakter putih pada latar belakang hitam untuk memastikan keterbacaan informasi. Seperti pada Panigale V4, Hypermotard 698 Mono juga dilengkapi dengan indikasi pergantian posisi gear dan rev limiter indikator.

Bicara soal mesin, generasi terbaru dari Ducati yang dinamakan Superquadro Mono ini dikalim sebagai salah satu mesin silinder tunggal di bawah 700 cc yang sangat bertenaga, berbobot ringan, dan berdimensi ringkas, motor ini basisnya dari mesin twin-silinder paling bertenaga dan halus yang pernah dibuat oleh Ducati: Superquadro 1.285 cc dari Superbike 1299 Panigale. Mesin Mono ini punya diameter piston (bore) 116 mm yang diambil dari mesin Panigalet, gede banget untuk sebuah mesin silinder tunggal motor jalan raya ini sih, dikombinasikan dengan stroke 62,4 mm. Dan untuk mengatasi vibrasi yang dihasilkan mesin overbore ini, Ducati membekali counter balance kruk as di bagian depan sehingga mereduksi getaran mesin.

Tak ketinggalan katup/klep intake berbahan titanium, liner silinder dari aluminium, pin piston yang dilengkapi dengan lapisan DLC dan valvetrain Desmodromic yang secara alami membuat Superquadro Mono mampu berkitir dengan kecepatan yang biasanya hanya diperuntukkan bagi motor balap silinder tunggal (limiter 10.250 RPM) dan menghasilkan tenaga maksimum 77,5 HP pada 9.750 RPM. Juga akan ada versi Hypermotard 698 Mono yang tenaga mesinnya dibatasi hanya tenaga 43,5 Hp pada 6.250 RPM dan 49 Nm pada 5.750 RPM untuk pengendara yang lebih muda dengan ketentuan SIM A2 di Eropa.

Torsi maksimumnya adalah 62,8 KGM pada 8.000 RPM, didistribusikan dengan cara yang sangat sempurna, menghasilkan pengiriman tenaga linear yang dapat dieksploitasi dalam mode Sport. Selain itu, dengan knalpot racing Termignoni, tenaganya meningkat 7 HP sehingga menjadi 84,5 HP, sebuah rekor baru untuk mesin satu silinder. Selain itu, khusus untuk penggunaan di trek, software Ducati Performance untuk wheelie control tersedia sebagai aksesori. Fungsi perangkat tambahan ini hanya bisa diaktifkan dengan knalpot Termignoni dan tidak street-legal, yang hanya bisa dipakai di sirkuit.

Beralih ke kaki-kaki, velg 17 inci di depan dan belakang dibalut ban Pirelli Diablo Rosso IV berukuran 120/70-ZR 17 di depan dan 160/60-ZR 17 di belakang, ditopang suspensi dari Marzocchi up-side down dan Sachs untuk monoshock belakang yang dapat disetel.  Swingarm aluminium, pengereman di-handle oleh Brembo dengan cakram depan tunggal berdiameter 330 mm.

Hypermotard 698 Mono terbaru akan Ducati jual pada Januari 2024 dengan pilihan warna Ducati Red, atau dalam versi RVE dengan grafis khusus dan quick-shifter DQS sebagai standarnya. Harganya di Eropa adalah £10,995 untuk versi standar Ducati Red dan £11,895 untuk RVE Edition.

Aksesorinya dijual terpisah meliputi knalpot Termignoni yang sudah disebutkan di atas, jok balap, footpeg motard, slider dan cover mesin. Ducati juga menyediakan berbagai aksesoris cover body dari serat karbon termasuk pelindung panas untuk knalpot dan peredam suara. Ada juga aksesoris berbahan aluminium billet seperti tuas rem dan kopling, reservoir rem dan kopling, dan indikator dynamic. | @tmcblog

Ducati Hypermotard 698 Mono Specs

Engine Superquadro Mono, single-cylinder, 4 valves per cylinder, Desmodromic timing, 2-balance countershafts, liquid cooled
Displacement 659cc
Bore x Stroke 116mm x 62.4mm
Compression Ratio 13.1:1
Power 77.5 hp (57 kW) at 9750 rpm
Torque 46.5 lb-ft (63 Nm) at 8000 rpm
Fuel Injection EFI, Øe 62mm throttle body with full Ride by Wire system
Exhaust 1-2 exhaust system, double aluminum mufflers, catalytic converter and lambda probe
Gearbox 6 speed
Clutch Slipper and self-servo wet multiplate clutch, hydraulic control
Frame Tubular steel Trellis frame
Front Suspension Ø 45mm Marzocchi fully adjustable aluminum fork
Front Wheel Y shaped 5-spoke light alloy 3.5″ x 17″
Front Tire Pirelli Diablo Rosso IV, 120/70 ZR17
Rear Suspension Progressive linkage with Sachs fully adjustable monoshock. Aluminum double-sided swingarm
Rear Wheel Y-shaped 5-spoke light alloy 5.0″ x 17″
Rear Tire Pirelli Diablo Rosso IV, 160/60 ZR17
Front Wheel Travel 216 mm
Rear Wheel Travel 239 mm
Front Brake Ø 330mm aluminum flange disc, Brembo M4.32 caliper, radial pump with adjustable lever, with Bosch Cornering ABS
Rear Brake Ø 245mm disc, single piston floating caliper, with Bosch Cornering ABS
Seat Height 904.2 mm
Wheelbase 1.442 mm
Rake/Trail 26.1°/4.2 inch
Fuel Tank Capacity 11,3 Ltr
Wet Weight 152 Kgs
Instrumentation 3.8″ LCD display with Improved Black Nematic (IBN) technology
Safety Equipment Riding Modes, Bosch Cornering ABS, Ducati Traction Control (DTC), Ducati Wheelie Control (DWC), Engine Brake Control (EBC), Ducati Brake Light (DBL)*
Standard Equipment Power Modes, Ducati Power Launch (DLC), Full LED lighting system, Daytime Running Lights (DRL)*, Tapered aluminum handlebars, Lithium-ion battery
Colorways Ducati Red, RVE Edition

 

Galeri Foto Ducati Hypermotard 698 Mono

13 COMMENTS

    • Lah se dijadikan acuan wkwkwk, ini Ducati boy,jagoan wsbk sm MotoGP ,kelasnya dah beda 😂😂😂,cc nya AJ 700 ,se 450 ,teknologi katupnya AJ sangar

  1. Di saat yang lain dengan motor yang sudah teruji antar benua cuma £6K, ini belum teruji jarak jauh harganya £10K – 11K

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here