TMCBLOG.com – Di artikel sebelumnya , sobat sekalian tentu sudah membaca sYamaha MT-09 MY 2024 yang penuh dengan update dan keterbaruan seperti riding mode Yamaha Ride Control (YRC) baru yang memungkinkan pengendara memaksimalkan performa mesin 890cc CP3 dengan memilih karakteristik tenaga mesin dan mengubah tingkat bantuan dari berbagai alat bantu elektronik (Sistem Kontrol Traksi, Slide Sistem Kontrol dll), dan kali ini kita akan membahas sub-variannya yang juga nggak kalah keren yaitu Yamaha MT-09 SP.

Jika untuk tahun 2024, MT-09 menghadirkan riding mode SPORT, STREET dan RAIN dengan opsi untuk menyempurnakan dua pengaturan CUSTOM lebih lanjut, Maka pada MT-09 SP secara eksklusif dilengkapi penambahan mode TRACK ke pengaturan YRC, memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan empat pola tambahan agar sesuai dengan skenario trek tertentu, misalnya sirkuit atau kondisi trek tertentu.

Mode TRACK individual memungkinkan pengaturan yang lebih halus dan terspesialisasi, termasuk opsi untuk memilih antara dua pengaturan Engine Brake Management (EBM) dan kemampuan untuk mengubah tingkat Brake Control (BC). Selain itu, pengendara juga memiliki opsi untuk mematikan ABS belakang untuk lebih meningkatkan performa di lintasan.

Setiap mode dapat diubah dan diatur langsung di menu dashboard atau menggunakan aplikasi gratis MyRide di smartphone sebelum dikirim ke MT-09 SP, di mana pengendara dapat beralih di antara setiap mode dengan mudah menggunakan switchgear.

Selain itu MT-09 SP juga menggunakan kaliper monoblok Brembo ‘Stylema’ yang menyempurnakan kinerja pengereman dengan teknologi terkini. Kaliper ‘Stylema’ memiliki area piston dan bantalan rem yang lebih ramping dibandingkan kaliper konvensional, serta lebih ringan, lebih kaku, dan menawarkan kontrol yang lebih baik dalam input pengereman.

Selain itu spesialnya MT-09 SP juga ada pada sektor suspensi yang lebih premium. Lapisan DLC (Diamond Like Carbon) berlapis emas pada garpu depan USD KYB 41 mm, dan monoshock Öhlins memiliki kecepatan pegas yang lebih tinggi, menawarkan stabilitas luar biasa saat berkendara dengan karakteristik redaman telah disempurnakan untuk meningkatkan kenyamanan berkendara.

Garpu KYB dengan spesifikasi lebih tinggi menawarkan penyesuaian penuh untuk preload, re-bound, dan peredam kompresi. Monoshock Öhlins melengkapi paket suspensi kelas atas MT-09 SP, menawarkan penyesuaian penuh untuk kompresi dan redaman serta dilengkapi dengan pengatur preload jarak jauh untuk memungkinkan pergantian yang cepat dan mudah.

Berikut ini adalah poin spesifik pembeda MT-09 SP :

  • Warna & Grafis yang terinspirasi R1M
  • Empat mode TRACK Yamaha Ride Control yang dapat disesuaikan
  • Tema tampilan TRACK eksklusif untuk dashboard TFT penuh warna 5” yang baru
  • Kaliper Brembo Stylema premium
  • Garpu depan KYB 41 mm yang dapat disetel sepenuhnya, dilapisi DLC, berwarna emas
  • Shock belakang Öhlins yang dapat disetel sepenuhnya
  • Smart Key System
  • Brushed aluminium swingarm

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

8 COMMENTS

  1. Bentuk headlamp bagi saya adalah “Jiwa” dari motor tersebut ketika dilihat dari arah depan.
    Masa iya beli motornya terus headlamp diswap milik CBR 150R?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here