TMCBLOG.com – Hari ini Jumat 17 November 2023, Kawasaki Motor Indonesia Secara resmi Merilis dua produk EV Sport mereka Yakni Kawasaki Ninja E1 dan Kawasaki Z E1 Untuk Market Domestik Indonesia. Kedua Produk ini didatangkan Secara CBU dari Jepang dan menjadikan KMI sebagai Pabrikan Jepang Pertama di Indonesia yang Mulai resmi menjual Produk Sepeda motor Listrik Tipe Sport.

Kawasaki yang memiliki image Motor jenis sport sudah jelas dalam niatnya untuk membawa sepeda motor listrik ke jajaran motor jenis sport-nya sesegera mungkin dan hari ini Kawasaki menepati janjinya dengan mengumumkan dua sepeda motor listrik baru: Ninja e-1 dan Z e-1 Untuk Pasar Indonesia. Didesain untuk perjalanan perkotaan, Secara Desain dan Dimensi kedua sepeda motor Listrik ini sebagian besar didasarkan pada model 250cc Kawasaki, tetapi membuka pintu bagi pengalaman berkendara yang benar-benar berbeda dibandingkan dengan sepeda motor bermesin bahan Bakar

Menariknya, Kawasaki bahkan dengan pecaya diri mengatakan, bahwa kedua Sepeda motor bertenaga listrik ini benar-benar unggul dan menawarkan performa yang lebih unggul dibandingkan skuter atau sepeda listrik di kelasnya ( Setara dengan ICE 125 cc)  Bukan rahasia lagi bahwa Geng Ijo, seperti semua pabrikan, berniat menjangkau pebalap baru, dan kedua motor ini merupakan bagian dari misi tersebut dan Kali ini di segmen Sepeda motor Listrik.

Ninja e-1 dan Z e-1 ditenagai oleh motor listrik brushless dengan daya 5,0kW, dengan daya maksimal 9,0kW . . yes kecil memang dan Setara Mesin Bakar 125 cc. Selain keuntungan nyata dari performanya yang bersih, senyap, dan pengendaraan yang nyaman, Kawasaki mengatakan motor ini dimaksudkan untuk menawarkan tenaga low-end yang kuat dan respons throttle yang cepat untuk akselerasi yang cepat. Ini adalah komponen kunci untuk membuat sepeda motor bekerja dengan baik dalam situasi berkendara komuter yang stop and Go di perkotaan kota.

Tenaga ditransfer dari motor melalui gigi reduksi primer ke penggerak akhir rantai. Transmisi rasio tunggal dan motor listrik menghilangkan kebutuhan akan kopling atau tuas pemindah gigi, namun Kawasaki tetap mengoperasikan rem belakang di Tuas kaki kanan, daripada memindahkan tuas ke stang kiri yang sekarang kosong Karena minus Tuas Koopling.

Dalam upaya untuk menjaga bobot serendah mungkin, Kawasaki menggunakan rangka bergaya teralis yang terinspirasi dari sasis yang digunakan di jajaran produk lainnya, namun dengan kekakuan yang direvisi dan posisi pemasangan yang rendah untuk motor listrik, yang membantu menurunkan CoG motor.  Garpu depan teleskopik 41mm dan shock preload yang dapat disesuaikan untuk berkendara di perkotaan. Bobot Ninja E1 140 kg sementara Z E1  seberat 135 kg. Kaliper Rem dua piston bekerja pada satu cakram 290 mm di depan, dan kaliper dua piston bekerja pada cakram 220 mm di belakang. Ukuran bannya 100/80-17 (depan) dan 130/70-17 (belakang).

Baterai lithium-ion ganda dipasang dalam susunan paralel ( Jadi kalau satu dicopot, Maka Motor masih bisa dihidupkan dengan jangkauan Setengah ). Tempat Baterai ada di bawah kotak penyimpanan tempat tangki bahan bakar pada motor Bakar biasanya berada. Setiap baterai yang dapat dilepas memiliki berat yang diklaim 11,5 kg  . . asli lumayan berat. Baterai ini menawarkan kapasitas nominal 30Ah, dan tegangan nominal nominal 50,4V. Ini membuat total kapasitas baterai menjadi 60Ah.

Melepaskan baterai dilakukan dengan membuka kunci dan membuka kompartemen penyimpanan, membuka kunci penutup baterai, dan menariknya keluar, sebuah proses yang menurut Kawasaki menjadi fokusnya untuk memastikan kemudahan penggunaan. Keuntungan lain dari baterai yang dapat dilepas adalah dapat dibawa ke dalam ruangan untuk diisi dayanya. Pertimbangkan untuk memarkir sepeda motor Anda di jalan raya di lingkungan perkotaan tanpa garasi—baterai dapat dibawa ke tempat tinggal Anda dan diisi dayanya di dalam ruangan.

Berbicara tentang pengisian daya, baterai dapat diisi dengan salah satu dari tiga cara berikut: melalui dok pengisi daya, tanpa dok pengisi daya, atau dengan menggunakan kabel & adaptor pengisi daya di bawah jok belakang. Total waktu pengisian daya diklaim 7,4 jam, atau 3,7 jam per baterai. Kawasaki mengklaim 1,6 jam per baterai untuk pengisian sebagian, yang didefinisikan sebagai menghabiskan baterai dari 20 hingga 85 persen.

Pengereman regeneratif memungkinkan energi yang dihasilkan selama perlambatan didaur ulang kembali ke baterai begitu pengendara melepaskan pedal gas. Fitur ini aktif saat baterai terisi 60 persen, lalu secara bertahap berkurang saat baterai mendekati daya penuh. Jangkauannya diklaim 66 km, yang menunjukkan bahwa sepeda motor listrik ini sangat dimaksudkan untuk perjalanan cepat komuter dan keliling kota.

Ada Baterai 12V terpisah digunakan untuk menyalakan layar dan mengoperasikan lampu, tetapi sepeda Motor Listrik ini tidak dapat dijalankan dengan menggunakan Baterai / aki ini.

Ninja e-1 dan Z e-1 memiliki mode berkendara Road dan Eco, dan kecepatan tertinggi bervariasi tergantung modelnya, dengan Ninja full fairing mampu mencapai kecepatan tertinggi sedikit lebih tinggi di Road (88 km/jam) dan Eco (64 km/jam) . Sebagai perbandingan, kecepatan tertinggi Z e-1 adalah sekitar 85 km/jam di Mode Road dan 62 km/jamdi Eco. Pengendara dapat mengubah mode kapan saja melalui saklar yang dipasang di stang, selama kondisi pengisian baterai di atas 35 persen. Setelah daya turun di bawah itu, sepeda akan beralih ke “operasi daya terbatas”.

Untuk menambah keserbagunaan, kedua sepeda dilengkapi dengan fitur e-boost yang meningkatkan tenaga untuk akselerasi lebih kuat dan kecepatan tertinggi lebih tinggi. Fitur ini diaktifkan melalui sebuah tombol di stang dan dapat digunakan hingga 15 detik setiap kalinya, untuk membatasi dampak pada jangkauan dan suhu baterai. E-boost meningkatkan kecepatan tertinggi Ninja e-1 menjadi 105 mkm/jam di Mode Road dan 75 km/jam di Eco. Demikian pula, Z e-1 mampu mencapai 101 km/jam di Jalan dan 72 km/jam dalam mode Eco saat menggunakan e-boost.

Ninja e-1 dan Z e-1 hanya berbeda dalam hal bodywork dan posisi berkendara. Perbedaan terbesar di sini adalah pada setangnya: Setang model clip-on Ninja e-1 dipasang di bagian atas tabung garpu, sedangkan Z e-1 menggunakan stang tinggi satu bagian yang menempatkan pengendara di dalam posisi yang lebih tegak.

Kedua sepeda motor listrik ini memiliki kotak penyimpanan berkapasitas 5 liter, yang dapat menampung berbagai macam barang kecil dan berguna saat melakukan perjalanan keliling kota. Kenyamanan tidak berhenti sampai disitu saja, karena sepeda motor ini dilengkapi dengan layar TFT 4,3 inci dan teknologi Bluetooth yang memungkinkan pengendara terhubung ke sepeda motornya secara nirkabel. Untuk Sementara KMI membandrol harga kedua Produk ni seharga 149,9 Juta rupiah Buat Ninja E1 dan 146,9 Juta rupiah Buat Kawasaki Z E1 . .

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

Video

 

27 COMMENTS

  1. Kemahalan dan kurang efisien
    Jarak tempuh hanya 66KM
    Kehujanan kepanasan pula
    Ngecas lama
    G mana mau peralihan ke listrik,harga motor dan mobil listrik saja masih ga ngotak

    • Molis kecil torsinya justru, makanya loyo di tanjakan.. Klo bicara akselerasi nah baru tuh molis kenceng… Macam motor 2-tak.

    • Teknologi EV terkini masih dibatasi pada kemampuan baterai. Yg artinya penyimpanan dan penyaluran sumber daya ini menjadi titik kritis untuk digunakan seefisien mungkin.
      Sproket belakang guede ala free styler salah satu tujuannya untuk mengurangi beban angkatan/akselerasi. Di mana saat angkatan inilah beban tertinggi motor-listrik.
      “Benda diam akan cenderung diam, benda bergerak akan cenderung bergerak.”

      Anw bisa jadi tujuan setiap pabrikan berbeda.

  2. EV perdana dari genk ijo…iya, sulit diterima dimari yang mengutamakan efisien, ekonomis dan mudah perawatan, tapi bagi peng hobbi boleh lah

    • Jangkauannya diklaim 66 km, yang menunjukkan bahwa sepeda motor listrik ini sangat dimaksudkan untuk perjalanan cepat komuter dan keliling kota.

  3. segmented sekali ya
    yang pengin naik motor listrik
    dengan dimensi dan handling sport
    cukup untuk lucu lucuan dalam kota
    dan harga bukan masalah asal barangnya ada

  4. saya sudah 2 bulan pakai Yadea E8s Pro, ngecas paling cepat seminggu sekali karena hanya untuk antar jemput anak sekolah dan belanja ke pasar.

  5. Nanggung banget 66km, baiknya launching jangkauan 100km,misal jogja solo 60km, harus ke delanggu buat ngecas, pdhl tinggal 20menit nyampe solo😁,betul cm buat muter2 dlm kota, kapan kawasaki bikin skuter matic E, ga asik macet2 sambil membungkuk, bagusnya EBoostnya bisa diutak atik buat nge drag nih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here