TMCBLOG.com – Di Brazil Honda baru baru ini saja Merilis secara Resmi satu lagi varian Sepda motor dengan Kubikasi mesin satu silinder 300 cc Berpiendingin udara Honda XRE 300 Sahara. XRE 300 Sahara baru memiliki Desain Fisik, teknologi baru dan paket yang sangat menarik, di segmennya. Tidak memiliki ciri hidung seperti XRE 300 versi sebelumnya, New XRE 300 Sahara terlihat lebih banyak tampilan dan konsep Dakarian, seolah-olah terlihat mini Honda Africa Twin atau Mini Transalp, dan hal ini terkonfirmasi saat melihat foto resmi mode. 

Fitur yang menonjol adalah bagian depannya yang sangat tinggi, Suspensi depan Panjang, lampu depan, dan kaca depan. sedangkan fairingnya mirip dengan Honda CB500X sehingga memperkuat identitas visual model Honda. Sepertinya Pada bagian ini semuanya terinspirasi dari dari CRF 250 meski dengan penyesuaian ulang tertentu. Suspensinya mengalami penyempurnaan, terutama bagian belakang yang masih monoshock namun sekarang preload tujuh tingkat. Suspensi depan mempertahankan garpu teleskopik, tetapi dengan pegas dan Valve yang sepenuhnya direvisi.

Mesin dari Honda Sahara 300 ini adalah mesin silinder tunggal 293,5 cm³ yang sama dengan yang menggerakkan CB300F Twister, tetapi dengan penyesuaian khusus pada ECU dan Sisi Mekasins lainnya yang akan menghasilkan tenaga dan torsi yang meningkatkan jumlahnya, seperti sebagai Box Filter Udara yang lebih besar dan knalpot yang dikonfigurasi ulang.

Mesin XRE 300 Sahara menghasilkan Power Maksimum 25,2 hp dan torsi maksimum  26,8 Nm Yang diuji menggunakan Bensin Bio etanol yang memang Biasa dipakai Di Brazil dan Amerika selatan pada Umunya, sedangkan Saat diuji menggunakan dengan bahan bakar tradisional tenaganya turun menjadi 24,7 hp dan dengan torsi 26,4 Nm. Seperti Twister baru, ia memiliki gearbox enam kecepatan serta Assist n Slipper Clutch.

Honda Sahara 300 juga mewarisi beberapa aspek perlengkapan dari saudaranya CB300 twister Misalnya saja mempertahankan instrumentasi dashboard Full digital dengan layar LCD yang terinspirasi dari jajaran CB500, lengkap dan mudah dibaca serta dilengkapi dengan soket USB untuk mengisi daya perangkat seluler.

Honda Sahara 300 juga dibenamkan sistem ESS, sistem yang mengaktifkan lampu sein saat pengereman darurat. Walaupun mungkin Sudah biasa buat Kita di Indoensia, Namun  ini merupakan hal baru pada XRE 300 Sahara ini. ESS adalah aktivasi otomatis suar pada pengereman mendadak atau situasi darurat, untuk mengingatkan pengemudi lain akan adanya bahaya yang akan terjadi di sekitar mereka.

Velgnya berukuran 21 inci di depan dan 18 inci di belakang, dibalut karet tubeless Metzeler Karoo Street 90/90-21 di depan dan 120/80-18 di belakang. Remnya juga mengalami perubahan, dengan ukuran cakram baru dan Dual Channel ABS. Tangki juga didesain ulang sepenuhnya, namun kapasitasnya tetap dipertahankan: 13,8 liter. Honda akan menawarkan XRE 300 Sahara baru dalam tiga versi: Standard, Adventure dan Rally, dibedakan berdasarkan warna dan ketersediaan aksesoris. – @tmcblog

20 COMMENTS

  1. Di sana ngasih nama Sahara, di sini ada yg dikasih nama Patagonian, di US ada yg dikasih nama Everest, mocin ada yg namanya Hokaido. Ckckck, kebolak balik. Mental negara jajahan, apa2 yg dari luar keliatan lebih keren.

  2. Wah terinspirasi supra bapacc sama bebek jadul honhon lainnya nih. Besi kotak di depan, di belakang bagian as arm jadi pipih 😂

  3. Yuk Kawasaki jangan mau ketinggalan… Bangkitkan lagi Sherpa pakai basic RR Mono, udah pas bngt tuh basic mesin & rangkanya tinggal maksimalin desain & fitur

  4. Wak, maaf OOT. Baru² ini honda vietnam release versi upgrade dari honda wave RSX 110 fi yg menurut saya model barunya bagus dan cocok buat penerus revo x di tanah air. Berharap ahm jg merilisnya di mari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here