TMCBLOG.com – Triumph secara resmi telah meluncurkan motocross generasi pertama mereka yang diberi nama TF 250-X, dimana motor spesifikasi kompetisi ini menghadirkan rasio power-to-weight terbaik di kelasnya dan paket spesifikasi terlengkap sejak dalam keadaan standar pabriknya yang pernah diluncurkan di pasar motorcross 250cc. Dikembangkan sepenuhnya oleh Triumph di Inggris, melalui riset panjang dan kolaborasi dengan para juara balap termasuk Ricky Carmichael dan Iván Cervantes, motor kompetisi 4-tak terbaru ini merupakan desain yang sepenuhnya baru. Powertrain berperforma tinggi desain sasis aluminium yang ringkas dan sangat ringan, dengan semua komponen terbaik  yang ada di pasar, sudah terpasang di motor ini sejak pertama kali konsumen menerimanya dari dealer. Gokil Sob!

Mengutip dari rilis resmi Triumph Motorcycle, dengan style motor yang fokus pada kompetisi dan agresifitas, TF 250-X terlahir dengan dimensi ramping, namun berani. Motor ini akan langsung dikenali di lintasan balap, dengan bentuknya yang minimalis dan ringan serta skema grafis Triumph Racing Yellow and Black yang khas. Sebelumnya Triumph telah mengumumkan tim balap pabrikan untuk tahun 2024 pada ajang MXGP dan Kejuaraan Dunia SuperMotocross di Amerika Serikat. Triumph berharap motor ini akan memulai debutnya di balapan A.S. ketika kampanye 250SX East Region dimulai untuk Monster Energy AMA Supercross di Detroit, Michigan, pada bulan Februari mendatang.

Chief Product Manager Triumph Motorcycles, Steve Sargent, mengatakan: “Peluncuran TF 250-X merupakan puncak dari komitmen dan investasi yang signifikan dari Triumph, tidak hanya untuk menghadirkan motor yang benar-benar baru di dunia motorcross, tetapi juga untuk memberikan performa yang unggul. Untuk mencapai hal ini, kami fokus untuk memberikan paket yang paling lengkap untuk semua tingkat pengendara, mulai dari juara hingga amatir,”

“Motor ini 100% Triumph, yang dirancang, didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh tim sasis dan mesin kami yang terkemuka di dunia, dengan dukungan ahli dari para juara balap kami. Kami memulai dengan selembar kertas kosong dan memulai desain yang sepenuhnya baru termasuk mesin baru, sasis baru, dan elektronik baru.”

Powertrain Balap Performa Tinggi

Triumph telah mengembangkan powertrain balap dengan standar performa baru. Mesin 4-tak silinder tunggal spek kompetisi terbaru ini sangat ringkas dan sangat ringan, dengan piston aluminium forged dan klep berbahan material titanium. Mesin ini juga memiliki diamond-like carbon low-friction coatings untuk meminimalisir gesekan pada dinding silinder, cover crankcase berbahan magnesium yang sangat ringan, dan kopling dari Exedy Belleville.

Manajemen elektronik pada mesin dan kemudahan dalam me-setup yang canggih dilengkapi dengan aksesori opsional lewat aplikasi MX Tune Pro yang bisa dibeli secara terpisah, yang memungkinkan pengendara menggunakannya dalam mengatur/menyesuaikan mapping ECU secara real-time.

Juga kehadiran sensor yang bisa memantau kondisi mesin secara real-time pada dashboard, serta fungsionalitas live diagnostic melalui sistem manajemen mesin yang dapat dikontrol dan mudah diprogram untuk menyesuaikan kebutuhan track dan karakter dari masing-masing rider.

Sasis Aluminium Super Ringan

Sasis aluminium yang unik memiliki rangka/sasis yang sangat ringan dan berkekuatan tinggi dengan dudukan model twin cradles memungkinkan sasis menahan beban dan momentum yang kuat n amun tetap menghadirkan bobot yang ringan. Sasis dirancang untuk keseimbangan optimal antara performa, bobot massa dan juga fleksibilitas sehingga meningkatkan tingkat kekompetitifan dari motor ini.

Berat total motor ini akan membuat TF 250-X baru ini menjadi tolok ukur baru untuk rasio ‘power-to-weight‘ terbaik di kelasnya. Motor ini juga memberikan tingkat penyetelan yang luas juga presisi untuk menyesuaikan dengan pengendara dan gaya berkendara yang berbeda pula.

Spesifikasi Kelas Wahid

TF 250-X dilengkapi dengan parts premium kelas atas di seluruh bagiannya, sehingga menambah spesifikasi teknis motor yang sangat tinggi untuk sekelas motor produksi dalam kategori special engine ini.

Suspensi KYB berada di urutan teratas, dengan front fork coil AOS 48mm, triple clamp berbahan aluminium 7075-T6 yang ditempa (forged) dan dikerjakan dengan mesin CNC, dan juga dibekali dengan shockbreaker belakang dengan tabung piggyback tiga arah penyesuaian (pre-load, compression, rebound setting).

Sistem pengeremannya sudah memakai merk Brembo, kaliper depan tipe floating dengan diameter piston 24mm ganda, kaliper belakang juga tipe floating dengan piston 26mm tunggal. Sedangkan rotor cakram depan berdiameter 260mm dan cakram belakang diameter 220mm di-supply oleh Galfer.

Velg aluminium DID DirtStar 7000 Series dan hub  tromol bahan aluminium dilengkapi dengan ban mid-soft Pirelli Scorpion MX32. Terakhir, stang berbahan serat karbon dari Pro-Taper ACF dan handgrip wafel dari ODI pada bagian kemudinya melengkapi set-up mewah dari motor SE ini.

Aksesori Balap

Selain spesifikasi standar kelas premium di atas, Triumph pun juga menyediakan aksesoris tambahan untuk pemakaian level kompetisi dari pabrikan.

Bekerja sama dengan merek-merek premium untuk menciptakan berbagai aksesoris kompetisi khusus untuk lebih meningkatkan performa motor, antara lain:

  1. Knalpot full system bahan titanium dari Akrapovic
  2. Hole shot device dari XTrig
  3. Launch control dari Athena LC-GPA, dengan rider-selectable enhanced traction control yang dapat diatur oleh rider, serta LED engine speed indicator
  4. Modul MX Tune Pro dengan fitur wi-fi
  5. Jok dan sarung jok dengan gripper
  6. Bodywork replacement untuk kompetisi

Pada dealer Triumph juga akan menyediakan rangkaian pakaian untuk dipakai ke lintasan balap, yang juga tersedia bersamaan dengan TF 250-X baru. Diluncurkan oleh Triumph dalam kemitraan mereka bersama Alpinestars, rangkaian produk ini meliputi sepatu Motocross dan Enduro serta apparel jersey.

Harga TF 250-X

Mengenai harga dari TF 250-X ini akan dijual mulai dari $9.995 USD / $11.495 di Amerika Serikat atau Rp 155.000.000 / Rp 178.000.000, dan pemesanan unit motor ini sudah bisa dilakukan dari sekarang di dealer Triumph khusus off-road untuk pengiriman mulai akhir musim Semi 2024. Sedangkan untuk Indonesia sepertinya akan masuk melalui jalur importir umum. Dan fun fact dari motocross Triumph ini adalah akan hadir juga TF 450-X dengam mesin 450cc yang ke depannya akan segera diumumkan oleh Triumph.

Spesifikasi Teknis dan Galeri Foto

18 COMMENTS

  1. Bisa mapping ECU lewat handphone? Apakah itu termasuk baru di dunia motorcross? apa gw yg kudet… hehe… Keren sih, biasanya kan lewat laptop kalo motor balap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here