TMCBLOG.com – Setelah Absen pada Pengetesan Pra Musi sebelumnya Karena kontraknya di Yamaha berlaku hingga 30 November, Akhirnnya Toprak Razgatlioglu bisa mencoba Untuk Pertama Kalinya Superbike BMW M1000RR Spek WorldSBK di team Rokit BMW Motorrad pada Pengujian Di Jerez Kemarin. Pembalap Turki ini pada dasarnya melihat Potensi Mesin Jerman yang menggunakan Mesin Inline-4 ini sangat Positif saat menatap Kejuaraan Balap WSBK Musim 2024 nanti.

Awalnya direncanakan Toprak Razgatlioglu baru akan melakukan tes pada hari Senin ini, 4 Desember 2023 tetapi dengan cuaca yang tidak dapat diprediksi, dia dan tim Shaun Muir memutuskan untuk memajukan Jadwal tes dengan setengah hari pada hari Ahad kemarin. Pada Pengujian Perdananya, Toprak hanya memanfaatkan sesi sore harinya sebanyak total 11 lap yang harus terhenti karena masalah ceceran oli di permukaan Trek. Meskipun mengalami ketidaknyamanan ini, Toprak behasil mencicipi untuk pertama Kalinya BMW M1000RR dan Memperoleh Impresi yang cukup Positif.

Kepada WorldSBK.com Toprak berkata : “Pertama-tama, kataku, akhirnya! Kami menunggu kontrak saya selesai tetapi akhirnya, saya bisa mengendarai BMW. Bagi saya, ini sangat positif, saya suka pengereman yang keras tetapi engine Brake bekerja dengan baik. Di dalam tim, perasaan saya sangat hangat dan semua orang adalah orang yang sangat baik, jadi saya senang untuk ini. Hari pertama sudah selesai tapi menurut saya totalnya hanya 11 lap tapi penting untuk memiliki perasaan. Perjalanan pertama sangat bagus dan positif.

“Kami mencoba melakukan setup tetapi hari ini, kami tidak memulainya karena motornya belum siap. Kami menggunakan setengah hari dari jam 12 siang. Kami punya masalah dan semua orang bilang itu masalah mesin, tapi sebenarnya itu masalah oli. Saya kehilangan waktu karena hal itu, namun laju terakhir saya sangat positif karena saya berkendara delapan lap. Saya mempelajari motornya karena Motor ini dan motor lama saya berbeda. Saya sangat senang karena setiap lap saya berkembang dan mempelajari gaya motornya. Saya membutuhkan gaya saya tetapi di tikungan lambat, saya merasa lebih baik sekarang.”

“Di lap pertama, saya hanya tersenyum,” lanjut Toprak Razgatlioglu  “Terutama di exit tikungan. Saya mengenal sepeda motor lama saya dengan sangat baik setelah 4 tahun tetapi saat keluar dari tikungan terakhir, saya merasakan tenaga yang luar biasa dan saat melewati tanjakan sepeda motor itu masih melaju.”

” Motor ini semakin cepat. Saya harus menyesuaikan pengereman di tikungan pertama karena ketika saya mencobanya seperti Mengerem di Motor sebelumnya, pengeremannya terlalu berlebihan. Selain itu, setelah masalah di Tikungan 1, ada oli di sisi kiri trek jadi kami pakai bagian tengah. Ini tidak mudah bagi saya untuk menikung ke Tikungan 1. Bagaimanapun, setiap lap saya menjadi lebih baik, memahami motor dan traksinya. Koneksi throttle jauh lebih baik. Saya sangat senang dan kami memiliki banyak bagian untuk dicoba.”

Oh Ya mengenai absennnya Toprak Di Jerez dahulu, Manajer Road race Yamaha sebenarnya sempat mengajukan tawaran kepada Razgatlioglu Untuk menguji sebelum Masa Kontrak berakhir, namun dia menolaknya. Tawaran tersebut Menyebutkan bahwa Toprak dapat turun di tes kedua WSBK di Jerez pada 22/23 November 2023 . dengan BMW Motorrad Motorsport, tetapi tidak akan membuat perbandingan publik apa pun antara BMW dan Yamaha  . . Namun Kabarnya Toprak Menolak Tawaran ini. – @tmcblog

20 COMMENTS

  1. benar2 menghormati “janji” yang sudah disepakati. tp yakin deh tahun ini mungkin belum bisa jurdun, karena penyesuaian. setidaknya masuk lah podium

  2. Untung sempat punya pengalaman di screamer/flat plane waktu bawa ZX dulu, jadi ga kaget lah dgn karakter mesinnya, meskipun kyknya sih sensasi Crossplane pasti jauh lebih melekat di benak Toprak,

  3. Dari cara ngeremnya yg superlate ama cara nikungnya yg stop and go, Toprack emg lebih cucok di mesin screamer rpm tinggi ato V4 aga kurang cuco ama Yamaha yg musti rolling speed. Tp sayangnya casis BMW ga segurih Yamaha, Toprac mgkin bisa dapet topspeed yg dia mau, tp dia jg punya pr gede buat neluk itu stang BMW yg dari R75 ampe M1-000R terkenal celenk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here