TMCBLOG.com – Pada tanggal 5 Desember 2023, Pierer Mobility AG, grup di balik merek sepeda motor KTM, Husqvarna dan GasGas, mengumumkan akan menjual sebagian aset bisnis sepeda motor mereka dan merelokasi kapasitas produksi lebih lanjut ke Tiongkok dan India. Selanjutnya, sebagian Pusat Riset dan Pengembangan (R&D) di Austria akan dibongkar dan dipindahkan ke mitra strategis Bajaj di India dan CFMoto di China.

Pada dasarnya tidak mengherankan jika kapasitas produksi lebih lanjut dari Austria dialihkan ke Asia. Hal ini sudah diketahui pada tahun 2020 dimana model dua silinder segaris untuk Duke 790 sudah sepenuhnya diproduksi di China, dan sebagai hasilnya, model selanjutnya dalam jajaran 890 dan mungkin jajaran 990 baru kemungkinan besar akan dibuat oleh CFMoto.

KTM AG dan CFMoto telah mengembangkan, memproduksi dan menjual sepeda motor secara patungan sejak tahun 2017. Pada tahun 2022, Pierer Mobility memproduksi 222.000 sepeda motor di Austria; Belum diketahui bagian mana yang akan dikerjakan Oleh CFMoto dan Bajaj.

Pierer Mobility mengutip kondisi umum di Eropa dan keunggulan biaya di Timur Jauh sebagai alasan dari Keputusan Relokasi ini. Lebih lanjut, langkah ini dimaksudkan untuk mempercepat perkembangan industrialisasi di masing-masing pabrik. Keputusan ini akan mengakibatkan PHK hingga 300 orang di Austria, mungkin sebagian besar di kantor pusat di Mattighofen. – @tmcblog

22 COMMENTS

  1. Sementara perkembangan di Indonesia kaya gimana ? kayanya belom ada berita yg gimana gimana lagi, perkembangannya paling sebatas di Pulau Jawa dan sebagian Sumatera aja

    Barusan cek ig nya, ada kumpulan link, link web ktm Indonesia sendiri ya gitu. Gabisa diakses 🙁 isi feed terakhirnya… 2022, oke….

  2. Ikut MotoGP itu merugikan!! Kalo gak besar besar Amad dan passion di balap sangat tinggi, bisa gulung tikarrr objek vital mu Mas…

  3. Sok sokan jor joran dimotogp sampe kompetitif eh malah dipepet aprilia duh dikemplang ducati. Baiknya KTM main di wsbk saja. G usah ngikut jor joran kyk ducati yg haus jurdun dgn 8 motor plus pdkt dorna. Krn dananya besar dr grupnya mobil.

  4. walah, di saat banyak investor dan pabrik luar negeri mulai mengalihkan produksi mereka keluar dari Tiongkok, tapi KTM malah makin memperkuat produksi di Tiongkok. Apakah ada andil CFMoto?

    • Gara2 ngikutin langkah uni eropa yg mensanksi Russia, maka ekonomi eropa makin nyungsep….
      Jelas cina, india n usa yg lumayann cuan

  5. Lama-lama pusat riset MotoGP nya pindah ke China juga dengan alasan hemat cost R&D . Trus pelan2 sahamnya di lepas ke CFMoto mayoritas .

  6. tahun 2009 juga udah pernah PHK 300 karyawan, dan lagian juga daya beli eropa lagi turun, motor china malah naik daun di eropa.
    copy cat buatan2 eropa dan jepang dari buatan cina malah lebih laku…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here