Hukuman diskualifikasi tekanan ban MotoGP 2024 sedang dikaji kembali

TMCBLOG.com – Rencana awalnya, bentuk penalti/hukuman bagi pelanggar regulasi rekanan ban minimum di kelas MotoGP pada musim balap 2024 akan jauh lebih ekstrim dari hukuman di musim 2023 dimana pembalap nantinya akan langsung kena diskualifikasi ketika mereka dapat dibuktikan melanggar. Melihat data FIM semenjak seri Catalunya 2023 ada sekitar 20 pembalap yang terbukti melanggar regulasi tekanan ban ini dimana empat diantaranya (Marini, Morbidelli, Aleix dan Digianantonio) bahkan kedapatan dua kali melanggar dan memperoleh penalti penambahan 3 detik waktu balapan.

Data ini adalah data setengah musim saja loh, bisa dibayangkan ketika full 1 musim . . . Namun yang dikhawatirkan memang potensi keruwetan yang bisa terjadi apabila dalam satu ketika dan dalam satu kasus, regulasi ini hadir di antara dua atau lebih pembalap yang sedang berjibaku dalam perebutan posisi Juara Dunia di klasemen umum.

Kalau sudah begini bagaimana? Sebelum jeda musim dingin banyak pembalap yang mempertanyakan kelanjutan nasib regulasi tekanan ban ini dan salah satu yang saat ini bisa menjelaskan adalah Sporting Director Dorna, Carlos Ezpeleta.

Ketika Carlos ditanya menegenai mungkin kah ada amandemen mengenai detail regulasi tekanan minimum yang ditentukan untuk ban depan, saat ini 1.88 bar, .ungkinkah berubah di masa mendatang, Ia menjawab. . 

“Hal Itu (penalti diskualifikasi di 2024) adalah ide awal dan kita harus melihat bagaimana pengujian pra-musim berjalan. Michelin menghadirkan banyak material baru dan tetap menjadi mitra luar biasa dalam olahraga ini. Mereka mendatangkan ban khusus baru yang kurang sensitif terhadap slipstreaming dan aerodinamis, sehingga pasti berdampak positif.”

“Belum dapat dikonfirmasi atau diumumkan bahwa diskualifikasi akan menjadi hukuman langsung. Aturan tekanan ban telah menjadi bagian integral dari balap selama bertahun-tahun dan diterapkan di banyak olahraga motor. Saya yakin Michelin adalah pemasok ban terbaik yang pernah ada dan kami harus sangat menghormati mereka karena mereka adalah ahlinya.”

“Topik tentang aturan tekanan ban minimum ini disarankan oleh pabrikan dan Michelin untuk alasan keselamatan. Sayangnya hal ini menjadi masalah yang sangat sensitif karena banyak pembalap dan tim yang berlomba dengan tekanan yang sangat rendah dengan cara yang tidak aman dan kami harus menerapkan batas minimum.”

“Kita perlu berbicara dengan Michelin untuk melihat apakah mungkin untuk menurunkan target ini (Batas Minimum tekanan 1,8 Bar) ke nilai yang lebih rendah, yang tentu saja tetap harus aman dan membuat Pembalap merasa lebih nyaman. Perubahan kecil pada tekanan dapat membuat perbedaan besar pada sepeda motor. Pembalap dan motornya sangat bagus, kompetisinya sangat hebat, sehingga kami ingin berbicara dengan Michelin tentang menurunkan target tekanan ban ini.”

“Semua perlu memahami bahwa sepeda motor telah banyak berubah dalam empat atau lima tahun terakhir dan Michelin belum menerima ‘warning’ apapun mengenai hal ini. Beban pada ban depan menjadi sangat tinggi dan kami akan berbicara dengan Michelin tentang bagaimana kami dapat memperbaikinya di masa depan.” – @tmcblog

23 COMMENTS

  1. Pas Motor udah dikembangin, eh tiba2 ngeluarin ban baru yang pastinya membuat Pabrikan paling nggak ngubah arah development kalo karakter ban nya berubah lagi.

    • Kaya jawaban orang-orang di pesbuk kalo buka thread nanya “kok ban maksis saya cepet getas yak ?”

      “Oh tekanan angin dijaga mbah”

      Solusi pinggir jalan sekali 😂

      • Duh iya tah ban meksis cepet getas? 😭😭Kemaren baru ganti di mbit depan belakang, beli gara2 batikannya minimalis… Kalo rangka itu sensitip bgt. Jadi takut beli produk sayap yg pake insaf… Untung mbit saya tahun 2017, belum pke rangka insaf

        • Sering dengernya si begitu… Line up up nya banyak medium comp juga kan. Dan harga masuk akal.

          Yha jagajaga tekanan angin aja klo kerasa kurang jangan diabaikan

    • Boleh juga tuh idenya.
      Nanti bakal ada balapan dnf karena ban nya bocor… makin seruu… makin tambah drama… wkwkwk

  2. asli ribet bener aturannya, aturan d WSBK udah paling bener samain semua tekanan ban nya sama suplier ban, beres

  3. Aturan ampas. Mikelin tau. Kualitas bannya ga stabil. Daripad aborok kebongkar mending bikin aturan ini. Kalo ampe diterapkan. Liatlah ga sampe paruh musim semua pabrikan protes… yang bener. Semua start dengan tekanna ban sekian diukur dengan alat homoligasi.. Dah beres.

  4. Caranya simpel sih, ganti pemasok ban dengan Bridgestone atau Pirelli, beres dah itu aturan tekanan ban,

  5. Harap maklum sama Achilles Corsa ini

    Nunggu aspira turun langsung di MotoGP.. pake merk pirelli tapinyah

  6. Padahal udah tau akar permasalahannya loh 🤦🏻‍♂️
    Kurangi downforce nya,jangan tetap dibikin abu-abu kayak sekarang

    Entar Pas puncture sampe ada pembalap yg rungkad,yg diminta pertanggung jawaban produsen bannya doang

    Ini motor,yg cuma bertumpu dg 2 ban doang

  7. Sanjungan Ezpeleta sampai segitunya ke Michelin. Dari yg awalnya ditujukan utk safety malah jd strategi..

  8. Aneh banget sih ya Dorna sport ACC aturan tekanan ban gegara akan merusak konstruksi ban yg mengakibatkan: maaf.. kecelakaan!.. lah trus apa gunanya itu baju balap canggih ,saya rasa gpp lah tekanan dibebasin aja tapi tetap pakai alat ukur tekanan ban nah kalo pas balap si pembalab ban motor nya meleduk dan terbukti dibawah standar..baru tuh si pembalap di sangsi

  9. Entah Michelin yang gak bisa ngikutin perkembangan aero, atau malah perkembangan aero nya yang udah terlalu jauh banget untuk dikejar michelin

Comments are closed.

TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP