TMCBLOG.com – Seperti Kita ketahui bersama di 2024 ini Honda telah Merilis dan menghomologasikan Iterasi desain Kedua Klan CBR1000RR-R Fireblade dengan Detail aerodinamika berupa winglet baru bergaya hoop yang terinspirasi dari MotoGP dibandingkan dengan Desain Iterasi pertama yang memiliki desain wing bertingkat. Itupun ditambah lagi dengan update pada dapur pacunya dengan Tujuan Bisa bersaing dan kompetitif di gelaran Balap Superbike (SBK).

24YM CBR1000RR-R FIREBLADE SP

Desain aero 2024 Untuk Motor Bermesin Inline-4 ini berbeda, Namun basis desain bodywok Motornya secara keseluruhan Masih mirip dengan desain awal sang Triple-R. Paralel dengan hal tersebut Honda telah mendaftarkan aplikasi Paten terbaru Untuk desain Masa depan Fireblade dengan ubahan bodywork aerodinamika yang cukup signifikan.

Detail Desain dalam Permohonan paten baru CBR Fireblade tersebut menunjukkan bahwa serangkaian revisi visual Aerodinamika yang lebih substansial sedang dikembangkan dengan fokus pada peningkatan downforce sekaligus mengurangi hambatan. Pada desain masa depan ini Terlihat hilangnya winglet yang menonjol ditujukan untuk mengurangi hambatan. Namun Honda memperkenalkan desain winglet pada hidung yang bertujuan menggantikan peran penghasil downforce yang hilang.

Secara umum ada aliran Udara yang mengalir via sebuah ‘coakan’ di samping kiri – kanan  yang area alirannya dibuat sedemikian hingga menghasilkan downforce . . Secara umum modelnya malah bergaya ‘ Inner Winget ‘ Kembali dan rasa rasanya tmcblog Pernah melihat ide ini malah di Yamaha M1, cmiiw.

Ide utamanyanya adalah untuk memindahkan fungsi penghasil downforce winglet dari posisi normalnya di kedua sisi ke wing dihidung sepeda motor dan mendorongnya lebih dekat, mengarahkan udara ke permukaan di dalam hidung itu sendiri melalui serangkaian saluran masuk dan ventilasi.

Dokumen paten Honda menjelaskan: “…ketika sayap terbalik dipasang di kedua font cowl, gaya tekan ke bawah (downforce) menjadi besar. Namun, hambatan aerodinamisnya juga menjadi besar.” Selanjutnya dikatakan: “Dalam penemuan ini, gaya tekan ke bawah dapat ditingkatkan dengan bagian penutup depan pertama yang mempunyai bentuk sayap terbalik. Selain itu, karena sayap tidak diperlukan, hambatan aerodinamis dapat dikurangi. Dengan demikian, performa gerak (kecepatan maksimum dan performa akselerasi)…meningkat dan sebagai hasilnya, performa konsumsi bahan bakar dapat meningkat.”

Komponen utama yang terlihat dari desain baru ini adalah lubang masuk yang terlihat jelas di kedua sisi bawah windshield tepat di depan setang. Nah bagian itu dilanjutkan ke sisi ‘coakan ‘ dalam kanan dan kiri front cowl yang oleh Honda memiliki Profil permukaan seperti layaknya winglet sehingga dapat menghasilkan downforce yag dibutuhkan.

12 COMMENTS

  1. Gak sekalian bereksperimen kayak ekornya Mclaren speedtail yg bisa berubah sendiri menghasilkan downforce karena gaya fisika secara alami

  2. Percayalah ini cuma berakhir jadi paten doang, paten Fireblade yg sebelumnya aja pake active winglet tapi versi final rilisnya malah ga pake

    • mau dipatenkan terus gak dipakai ya boleh-boleh aja, ngga semua teknologi yang dipatenkan itu efektif/efisien/sesuai regulasi, makanya ngga dipake

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here