TMCBLOG.com – Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Yamaha Motor Europe hari ini mengumumkan perubahan status dan nama baru untuk kelas feeder FIM Superbike World Championship, FIM Yamaha R3 bLU cRU World Cup. Seri yang sebelumnya dikenal dengan nama Yamaha R3 bLU cRU European Championship ini telah ditingkatkan statusnya menjadi Piala Dunia ( world Cup ) berkat kesuksesannya yang semakin meningkat dan banyaknya peserta internasional.

Setelah bertahun-tahun mendapat dukungan dari FIM Eropa, FIM Yamaha R3 bLU cRU World Cup kini akan berada di bawah payung FIM global. Inisiatif R3 bLU cRU sendiri diluncurkan pada tahun 2021 oleh Yamaha Racing dan dirancang untuk memberikan jalur terstruktur dan langsung menuju balap kejuaraan dunia bagi pengendara berusia antara 14 dan 20 tahun.

Dikelola oleh Japan Italy Racing (JiR) dan didukung oleh FIM dan Dorna WSBK Organization (DWO), seri ini merupakan bagian integral dari program SBK Roadway DWO. Kemitraan antara semua pihak ini terbukti efektif dan sukses, dengan sebagian besar grid FIM Supersport 300 World Championship kini terdiri dari mantan pebalap bLU cRU.

Seri ini memberikan platform yang sempurna bagi pengendara muda untuk mendapatkan manfaat dari pelatihan profesional, dukungan teknis, dan mentoring yang dirancang untuk mendorong, mengembangkan, dan membina generasi pengendara superbike berikutnya.

Perubahan status ini juga mencerminkan fakta bahwa daftar peserta menjadi semakin internasional dalam beberapa tahun terakhir, dengan hampir separuh pebalap yang mendaftar pada tahun 2024 berasal dari luar Eropa.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here