TMCBLOG.com – KTM lagi dan lagi menjual edisi terbatas motor sport khusus track day mereka yakni RC 8C. Bila RC 8C pada tahun 2023 dan sebelumnya dijual secara terbatas sebanyak 200 unit, sedangkan untuk tahun 2024 ini beda lagi sob, jadi lebih terbatas! KTM praktis hanya menjualnya sebanyak 100 unit saja dan itu jatah untuk target pembeli di seluruh dunia.

Seperti yang sudah sobat sekalian pahami kalau di balik rancang bangun KTM RC 8C ini tak lepas dari peran Krämer Motorcycles. KTM RC 8C hadir sebagai bukti kerja sama kolaborasi mereka dalam membangun mesin balap yang bonafide. Melihat dari bentuk desainnya, RC 8C ini masih mengadopsi model RC16 tim Red Bull KTM Factory Racing yang digunakan oleh Brad Binder dan Jack Miller.

Paling kentara ada pada model ram air, sepasang winglets pada fairing depan, dan air scoop pada kolong ban belakang. Yah memang hampir gak ada yang berubah dari sisi model dibanding RC 8C tahun sebelumnya sih ya. Motor ini pun menjadi representasi slogan terkenal KTM, “Ready to Race”. Di mana RC 8C menawarkan paket motor yang benar-benar sudah tidak perlu di-upgrade untuk pemakaian di sirkuit, mulai dari spesifikasi mesin, pengereman, hingga suspensi.

Spesifikasi mesinnya 889 cc paralel-twin berasal dari KTM 890 Duke R. Mesin ini telah disempurnakan untuk RC 8C dengan menghasilkan output tenaga sebesar 133,2 hp yang keluar dari knapot Akrapovic titanium. Besaran tenaga ini sudah termasuk besar untuk RC 8C yang berbobot kosong 142 kg, hampir ketemu rasio berat dan tenaga 1 berbanding 1. Dengan berbekal 8 klep berbahan titanium, serta connecting rod yang juga dari titanium, dikawal throttle body berdiameter 48mm sekaligus berbagai tunning pada internal silindernya, mesin ini diijamin tetap aman berkitir hingga rev-limit di angka 12.000 RPM.

Mesin tersebut dipasangkan rangka tubular chromoly 25CerMo4 khusus, dengan tangki bahan bakar plastik yang diposisikan pada bagian belakang yang juga berfungsi ganda sebagai subframe. Sasisnya dibungkus dengan bodywork karbon kevlar yang mengambil inspirasi dari RC16. Motor ini dijual dengan warna fresh hitam, putih, dan oranye yang mewakili slogan ‘Ready To Race‘ KTM.

Air box filter yang tersimpan di bawah kap mesin dan tangki serta panel bodi dirancang untuk dapat dibongkar pasang dalam hitungan menit. Terselip di balik winscreen ada dashboard AiM MXS dengan lebar 5 inci yang full color dengan pencatat data yang didukung oleh GPS. Dengan stang clip-on yang dapat disesuaikan, switchgear bergaya GP, dan pelindung tuas rem, memang sudah siap untuk trek balap.

Bagian suspensi tidak mengesankannya, front fork pakai cartridge spek 43 mm dari WP APEX PRO 7543 dengan shock belakang WP APEX PRO 7746 yang sudah full adjustable sesuai kebutuhan dan gaya berkendara ridernya. Urusan roda roda, RC 8C masih pakai velg super ringan merk Dymag, yang dibalut dengan ban balap Pirelli sebagai standar bawaannya.

Bagian remnya pakai Brembo. Master silinder turunan dari MotoGP yang mengendalikan sepasang kaliper rem depan Brembo Stylema dan kaliper belakang dua piston. Cakram depan ganda berdiameter 290 mm sedangkan cakram belakangnya tunggal berdiameter 230 mm yang ketiga rotor ini sudah full floating, berbahan aluminium dan memakai sekrup bahan titanium.

Kalau sobat ada yang minat boleh nih tunggu sampai keran pemesanannya dibuka pada tanggal 20 Maret 2024 untuk memproses pre-order dengan harga jualnya sebesar $41.499 atau sekitar Rp. 647.000.000 kondisinya sudah pasti off the road kota Jakarta, Buitenzorg, Mattighofen dan kota lain seluruh dunia karena memang bukan motor street legal yaa.

Oh iya, untuk delivery ke 100 konsumen proses serah terimanya akan dilakukan pada sirkuit Portimao, Portugal. Dan sekaligus merasakan layanan setting motor yang dipersonalisasi, makan malam pribadi, bertemu dan menyapa pembalap KTM dan pengalaman track day bareng tentunya. Yang mau order silakan cek ke link website resmi KTM ini.

ENGINE
Torque:98 Nm
Transmission:6-Speed
Cooling:Liquid Cooled
Power (in kw):99 Kw
Starter:Electric Starter
Stroke:68.8 Mm
Bore:90.7 Mm
Clutch:Pasc™ Antihopping Clutch, Mechanically Operated
Displacement:889 Cm³
Ems:Bosch Ems With Rbw
Design:2-Cylinder, 4-Stroke, Parallel Twin
Lubrication:Forced Oil Lubrication With 2 Oil Pumps
CHASSIS
Tank Capacity (approx.):16 liter
Front Brake Disc Diameter:290 mm
Rear Brake Disc Diameter:230 mm
Front Brake:2x radially mounted 4 piston caliper
Rear Brake:2 piston caliper, brake disc
Chain:520
Dry Weight:142 kg
Frame Design:Chrome-moly tubular space frame, powder-coated
Front Suspension:WP Suspension WPXACTPRO7543
Ground Clearance:191 mm
Rear Suspension:WP Suspension WPAPEXPRO7746
Seat Height:820 mm
Steering Head Angle:66.7 °
Suspension Travel (front):120 mm
Suspension Travel (rear):120 mm

 

12 COMMENTS

  1. jaman sekarang buat motor performance oriented power-weight ratio 1:1 itu hal biasa. sekarang dah banyak motor road legal 1:1, lah ini track only malah masih diatas 1 (1,06)…yah intinya jangan di over estimated lah power-weight ratio nya itu

    • Ngatain sbk skrg udah berbahaya, tapi di sisi laen bikin duke 1300cc bahasan iklannya sirkuit sirkuit mulu. Kan anjjjj ah gabole lagi puasa ini

  2. Gw tebak 50 unitnya ga akan pernah nyentuh aspal trek, cuman dijadikan motor koleksi buat masuk pelelangan kedepannya, yg edisi sebelumnya juga udah ada masuk pelelangan dgn kondisi bener2 baru,

  3. Jadi ini calon mesin Moto2 nyangkatenye mau ngegoyang posisi Triumph….

    Btw betaon2 nyebar spyshoot road legal, etau tau yg muncul permakan Kramer lagi wkwkwk

    Lumayan bahan gorengan kolektor, soal performa ama fitur mah cuekin bae, lebih peduli angka urutan produksi. Mau org laen bisa bikin sendiri dari Kramer bahkan lebih hedon speknya, tetep kaga ada urutan produksi official KTM yg bikin harganya bisa Kegoreng. V4R aje kalah ekslusif ama ini motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here