TMCBLOG.com – Menyusul dua hari pengujian pada Kamis dan Jumat pekan lalu, Sirkuit Barcelona-Catalunya, juga dikenal sebagai Montmelò – dari nama kotamadya di provinsi Barcelona tempatnya berada, akan menjadi tuan rumah putaran kedua FIM Superbike World Championshi musim 2024 ini. Ini adalah seri yang pertama di Eropa setelah debut menarik di Australia dan Pirelli membawa dua solusi ban Baru ke sini . . . apa saja itu ?

Pembalap kelas WorldSBK akan mendapatkan dua ban baru, satu di depan dan satu lagi di belakang. Dalam kasus pertama, ini merupakan evolusi dari standar SC1 dalam spesifikasi C0516 dan telah dikembangkan oleh Pirelli dengan tujuan untuk mendapatkan stabilitas yang lebih baik. Untuk melakukan ini, tanpa variasi dalam hal senyawa, perubahan dilakukan pada struktur. Para pebalap sudah berkesempatan mencoba ban ini pada tes awal musim, termasuk tes minggu lalu di sirkuit ini.

Sedangkan pada bagian belakang, inovasi baru merupakan pengembangan SCX, lebih khusus lagi merupakan evolusi dari B0800 yang banyak digunakan oleh pembalap tahun lalu. Opsi baru ini berbeda dalam hal kompon dan struktur: spesifikasi C0900, ditujukan untuk meningkatkan stabilitas dan kinerja. Perkembangan ban ‘super soft’ ini memulai debutnya dalam pengujian minggu lalu dan sekarang juga tersedia untuk balapan sebenarnya.

Giorgio barbier, Direktur Motorsport Rida dua Pirelli mengatakan “Bagi kami, Barcelona adalah sirkuit yang ideal untuk memperkenalkan ban baru, pertama-tama karena balapan akhir pekan tiba segera setelah dua hari pengujian di trek ini; oleh karena itu, kami sudah memiliki beberapa data yang tersedia, dan juga karena ini adalah trek yang cukup menuntut ban sehingga merupakan ajang pembuktian yang sangat baik untuk segera memahami jika suatu solusi memiliki titik lemah.

Tahun ini kami menghadirkan dua ban baru dengan tujuan untuk lebih meningkatkan performa dan stabilitas dibandingkan dengan solusi standar. Bagian depan pengembangan SC1 telah mendapatkan masukan yang baik baik dalam dua tes yang dilakukan pada awal tahun 2024 dan minggu lalu, dan oleh karena itu merupakan pilihan yang wajar untuk menambahkannya ke alokasi balapan.

Kami memiliki lebih sedikit informasi tentang bagian belakang C0900 baru, berasal dari pengujian minggu lalu; ini adalah solusi yang mengikuti jejak B0800 yang diperkenalkan pada tahun 2022 dan sudah banyak digunakan pada tahun 2023, kami mengusulkannya kepada tim untuk pengujian Kamis dan Jumat lalu dan tanggapannya positif, itulah sebabnya kami memutuskan untuk memasukkannya ke dalam alokasi untuk balapan. Kecepatan tertinggi dicapai di sirkuit Barcelona dan pengendara harus mendapatkan keuntungan dari stabilitas lebih besar yang ditawarkan oleh opsi baru ini”.

Selain ban baru yang telah disebutkan di atas, pembalap WorldSBK akan memiliki standar SC1 dan SC2 di depan dan SCX dan SC0 di belakang, selain SCQ yang khusus ditujukan untuk Balap Superpole dan Superpole. Pilihannya menyempit di WorldSSP, di mana pengendara dapat memilih antara SC1 dan SC2 untuk depan dan SCX dan SC0 untuk belakang.

4 COMMENTS

  1. Seru juga liat ketoprak yang akhirnya dapet senjata buat ngelawan ducita di lurusan. Urusan belokan kayaknya dia udah dapet selahnya BeEmWeh.

    Bagus lah, daripada tiap abis balapan mecahin windshield terus heheheh

  2. Agak aneh gak sih, sejak 2022 keknya Pirelli ini dalam semusim sering banget ngeluarin ban baru, dan kebanyakan itu supersoft atau extra soft yang jarang banget dipake pembalap bertubuh besar. Mau bilang ban ghoib tapi gimana, gak bilang ban ghoib tapi kok yang pake pembalap itu2 saja, hehehe. Dan tahun ini lebih aneh lagi menurutku, karena baru 1 seri udah langsung test lagi. Padahal kan sebelum di Australia udah test pramusim 2 atau 3 kali di Eropa, di Jerez di akhir musim lalu dan awal musim ini, dan juga di Portimao. Apakah emang benar Pirelli bikin ban ghoib, biar yang menang si anak emas Dorna yang bobotnya ringan itu? Soalnya udah sejak 2022, lho. Dulu2 nya pirelli gak kayak gini. Bahkan di 2022 n 2023 sering banget ngeluarin ban baru, dan ketika ban baru itu muncul udah ketebak siapa yang bakal menang dan pake ban supersoft :v

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here