TMCBLOG.com – Brad Binder pada sesi FP1 MotoGP Portimao berada di posisi Top-3 dengan laptime yang sebenarnya pada umumnya tidak terlalu cepat untuk semua karena kondisi trek yang tidak sempurna karena kotor. Namun yang cukup menarik adalah Brad Binder menggunakan sesi pertama ini untuk menguji solusi aero terbaru yang kali ini ditempatkan oleh KTM di bagian bawah dari buritan motor.

foto : P McLarren

Bentuknya sayapnya berbuku-buku dengan kehadiran tiga bilah wing kecil. Yang terlihat dari foto yang dijepret oleh jurnalis Dr. Thomas Morsellino adalah ketiga paket wing ini ada di bagian kanan dan kiri dari motor. Dan sesuai regulasi memang penempatan part baru di bagian buritan tidak mengubah status homologasi aerodinamika dari motor karena daerah ini adalah daerah yang tidak terlalu dikendalikan oleh regulasi teknis.

Pict : Dr Thomas Morsellino

Tujuannya untuk apa? Diperirakan untuk menambah kembali tambahan daya tekan ke bawah (downforce) dari bagian belakang KTM RC16 untuk membuat roda belakang mendapatkan grip tambahan yang memang banyak menajdi bahan riset hampir semua pabrikan MotoGP saat ini. Dan Terlihat memang KTM mempercepat development mengenai seat-wing ini, hal ini terbukti dengan hadirnya part ini di GasGas RC16 Pedro Acosta saat sesi Practice.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

 

9 COMMENTS

  1. ketika motor sudah sulit lebih kencang lagi karena sebab teknis dan keamanan, strategi terakhir adalah bikin yg membuntuti jadi buyar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here