TMCBLOG.com – Fabio Quartararo akan menjadi pembalap dengan bayaran tertinggi di grid MotoGP pada periode 2025-2026 dengan total 25 juta Euro untuk dua tahun. Namun yang terus selama ini menjadi pertanyaan netizen adalah apakah angka ini yang menjadi variabel utama keputusan Fabio? Dan kepada Canal+ Quartararo sendiri yang menjelaskan sebagai berikut.

“Kami tidak akan membodohi diri sendiri, saya pikir begitu, bahwa sebagai seorang pembalap saya memiliki nilai, dan Yamaha mengetahuinya dengan baik. Bagi saya, merupakan suatu kehormatan bahwa merek seperti Yamaha berinvestasi pada saya. Saya telah bersama mereka selama beberapa tahun. Alasan nomor 1, tentu saja proyek untuk beberapa tahun ke depan. Dari segi finansial, saya kira itu sebagian kecil yang diperhitungkan dalam kontrak ini,”

Lanjut Fabio Quartararo menganalisa penyebab kenapa Yamaha berani berinvestasi sebesar ini kepadanya dan kepada proyek MotoGP YAmaha Secara Keseluruhan adalah karena mereka tidak mau seperti Honda yang kehilangan superstar seperti Marc Marquez, “Saya pikir kepergian Márquez dari Honda ke Ducati menyadarkan banyak orang di Yamaha.”

“Mereka telah merekrut banyak insinyur baru, dan banyak hal terjadi di Italia (markas tim) dan bukan di Jepang. Mereka bisa mengubah bagian-bagiannya secara total. Saya pikir sangat menarik bagi saya untuk terus bersama Yamaha,” lanjutnya.

“Tentu saja, saya sangat memahami [bahwa orang-orang ragu dengan pilihannya] karena bahkan saya, beberapa bulan lalu, sudah sangat siap untuk hengkang ke tim lain,” kata Quartararo blak-blakan. “Saya tidak akan mengatakan [yang mana] tetapi, tentu saja, Yamaha menginvestasikan sejumlah besar uang untuk mendapatkan motor yang lebih baik.”

“Saya pikir mereka adalah satu-satunya merek yang berinvestasi begitu banyak dalam proyek ini. Kita akan lihat nanti beberapa perbaikan tahun ini. Saya pikir Musim ini akan sangat sulit, kami sudah berjuang untuk beberapa podium, tapi saya pikir pekerjaan yang kami lakukan sekarang akan sangat penting untuk dua tahun ke depan.”

“Jujur, saya juga punya ego, saya punya harga diri. Kami meraih gelar bersama Yamaha. Kami berada di titik terendah dalam dua tahun terakhir. Saya juga menghitungnya. Saya ingin kembali ke puncak dengan merek yang memberi Saya kesempatan untuk mengubah karier saya, dengan merek yang mengubah hidup saya.” pungkas Fabio. @tmcblog

18 COMMENTS

  1. Quartet udah ditawar Aprilia untuk diplot tandem bareng Vina, tapi April kalah daya tawar nominal gaji dari Yamaha. Makin keliatan kalo arah pengembangan RSGP memang mencari cornering speed.

    • Makin keliatan juga arah Fabio adalah gajih (#salary). Ternyata Fabio salah jalan melihat tim factory dgn budget (mungkin) terkecil sekarang jadi penantang serius Ducati. Dan mungkin skrg Aprilia gak butuh Fabio lagi sejak Batmav mulai melesat lagi.

      Judul artikel ini lebih tepat buat Marc yg pindah ke Gresini hehehe …

      • POV Aprilia; Mereka itu belom menyodorkan proposal kontrak resmi ke Fabio, baru sebatas tawaran untuk gabung, yang bisa kita imajinasikan sebatas obrolan di paddock casually sebelum duduk rembuk bareng di satu meja.

        POV Yamaha; Untuk saat ini keliatannya emang kayak begitu. Tapi kita juga gata apakah beneran Yamaha ini lagi nyiapin sesuatu parts/solusi yang baru atau gak.
        Dan kabarnya jg hari Jumat besok Yamaha testing secara privat dan bawa mesin baru. Di luar janji performa, tawaran gaji segitu besarnya siapa yang gamau? Pendusta banget kalo orang bilang gamau digaji gede.

        • Tepat banget om nug. Tiap pembalap pasti gaji sangat dipikirkan selain prestasi pribadi di kejuaraan. Saya rasa fabio selain diimingi gaji juga diimingi program yamaha sampai 2026 ini. Bisa jd mesin baru bisa jadi jg perubahan total v4 nya. Fabio jg masih mikir jika balik menggunakan v4 saat ini bisa jdi bernasib mirip morbido. Muscle memorynya msh kental i4.

        • betul, warga warga sini tuh suka lebih paham memang wkwkw

          Marc gaji tertinggi segrid, pindah demi motor, salah. Taro lebih milih gaji daripada motor, salah juga wkkw

  2. kabarnya april gak pernah memberi taro pnawaran kontrak.. jgn2 ini cm strategi taro aja biar nilainya naek.. dn akhirnya stelah sadar udah dkadalin taro, lin jarvis mau cabut dari yamaha, dia g mau jd kmbing hitam krn ngasih kontrak yg mgkin ‘terlalu tinggi’ untuk taro dgn hasil yg blm pasti.. kira2 gitu cocokloginya 😄

  3. It is what it is, Yaamha dan Hodna selalu rider oriented sejak dulu, mereka paham value seorang rider, apalagi Hodna yg dpt pelajaran dr hengkangnya mbah kuning ke Yaamha krn kurang merasa dihargai, Yaamha pun secara langsung sadar sosok rider sgt penting bagi perubahan mereka apalagi sejak datangnya mbah kuning ke pihak mereka,
    Gw yakin KTM juga cepat atau lambat akan sadar juga dgn hadirnya Pedro Acosta di pihak mereka, nilai kontrak berapapun bakal di acc krn mereka udh melihat hasilnya bahkan di masa rookienya tahun ini, bgmn si hiu seperti avatar pengendali RC16, 3 rider lainnya yg jauh lebih berpengalaman kyk ga ada apa2nya,
    Aprilia pun sama, mereka harus menemukan rider yg punya kecepatan dan konsistensi buat jadi pawang RSGP, sayangnya mereka kyk masih kurang serius meng-approach di Taro atau emg dana mereka yg cekak dan Piaggio grup ga mau ngebantu,
    Ducati ? As always masih menganggap rider itu pekerja UMR, kalo ga betah silahkan berhenti, masih banyak rider yg mau ngisi seat kamu, mending dana kita buat RnD si Desmo,

    • Wah sulit dibayangkan jika taro pergi…
      Honda meskipun kehilangan marc, tp masih ada taki dan mir yg pernah naik rcv, jadi arah pengmbangan yg dilakukan bisa terlihat sudah benar atau tersesat.
      La ini yamaha cuma taro yg hafal M1, kalau adanya rin + pembalap baru apa bisa pengembangan motor sesuai arah yg semestinya?

    • kontrak rider lain ??
      yakni ??
      rider top mana yg kira2 mau ?
      mau niru honda ? rekrut rider…ya gitu deh, dengan dalih development ?
      lagipula tandemnya Quartararo, si juara 6 seri aja masi tanda tanya bakal diperpanjang ato tidak

  4. Prasaan thn kmrn gajinya 6jt euro.. Udh lumayan tinggi.. Kok aneh ya jd dobel 12jt euro? Toh jg ada Alex Rins skrg yg jago sbg pembalap pengembang. Ada Martin jg yg haus loncat ke pabrikan. Klo sy jd Yamaha mah tetep penawaran 6jt euro atau pergi. Duit lainnya utk pengembangan motor termasuk gaji2 utk para ahli yang baru didatangkan utk ngembangin motor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here