TMCBLOG.com – WSBK 2024 seri ke tiga di Sirkuit Assen baru saja selesai. Dan seperti kita ketahui bersama, mulai musim 2024 telah hadir tambahan regulasi teknis yakni berupa kombinasi bobot/berat di kelas WorldSBK, dimana menggunakan angka minimum bobot kombinasi (bobot motor + bobot pembalap) tertentu dimana semua peserta harus mengikuti aturan ini.

Berat minimum sepeda motor akan sama untuk semua orang yaitu 168kg tetapi perbedaan bobot pembalap bisa mencapai 30kg dari yang terberat hingga yang teringan. Dengan suara bulat, semua pabrikan telah mencapai kesepakatan dan itu akan menjadi bobot minimum sepeda motor dan referensi bobot pembalap sebesar 80kg dengan semua perlengkapan balap terpasang.

Dan di seri Assen FIM merilis secara resmi data bobot kombinasi WSBK 2024 sepanjang 3 seri. Berikut datanya sob :

Siapa pun yang berada di bawah referensi bobot pembalap sebesar 80kg akan mendapat tambahan 0,5 (kg) per kilogram (kurangnya). Dengan berat rata-rata 80kg, beberapa pengendara paling ringan harus menambah 5-6kg (tergantung seberapa berkurangnya hingga 80kg) dengan referensi rasio 0,5.

Contoh kasusnya nih di pembalap dengan bobot kombinasi paling ringan, data Alvaro Bautista : Setelah diukur bobotnya secara resmi bobot pembalap + perlengkapan balapnya + bobot motor [berat basah] 168kg hasilnya adalah 244,6 kg.

Ini artinya bobot Bautista + perlengkapan balap hanya 76,6kg atau artinya 3,4kg di bawah referensi bobot rata-rata pembalap 80kg. Dan dengan ini maka dengan rasio 0,5 maka motor Panigale V4R Bautista sepertinya diberi tambahan berat menggunakan ballast atau alat lain yang tentu sudah dihomologasikan pada motor sebesar 1,7 kg [(80kg – 76,6 kg )× 0,5].

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

14 COMMENTS

  1. terlepas dikasih ballast whatsoever, si baut membuktikan dia memang kencang dan adaptif. kalo dia bisa jadi jurdun lagi tahun ini, sukses juga bungkam kritikus.

    walaupun saya kepinginnya bmw yang juara sih. yang perdana gitu lho. pasti spesial banget heheeh

    • Mau dikasih ballast pun, tetep dia paling ringan bang :v kalo mau adil ya ballast kek yang diterapin di balap GT. Kalo yang di WSBK entah kenapa masih kerasa beda gitu, toh Toprak aja santai menanggapi bobot kombinasi motor + pembalap. Padahal itungannya Toprak juga bisa aja gendong ballast. Di tabel juga udah kelihatan kalo dikasih ballast juga tetep Bautista paling ringan di kombinasi bobotnya :v

  2. Maksud dari tabel ini apa sih? Kok ada yang kosong, apakah yang kosong itu artinya pembalap udah memenuhi bobot minimum?
    Soalnya emang kok kayak kerasa aneh setelah di Race 1 Australia performanya bautista jadi kek beda. Sedangkan di Race 1 Australia dia kelihatan susah banget. Apakah artinya cuma di Race 1 Australia dia pake ballast sedangkan di balapan selain itu dia berada di batas minimum berat pembalap, ya? Soalnya ada yang kosongan dan ada juga yang ada keterangan bobotnya, maksudku kalo emang bobot minimum sudah terpenuhi bukannya gak perlu dicatat disitu, atau dibuat kosongan saja? Karena kan jadi pertanyaan nih, kok ada yang kosongan juga ada yang berisi kombinasi bobot, kalo gitu maksudnya tabel kosongan itu apa?

  3. Motor saya 150 cc 13 HP, 135 kilo ditambah berat saya 80 plus yg bonceng 70 total berat yang dibawa 285. Pantes gak bisa sekenceng Alvaro dan Toprak.. 😀

  4. Anjii4r redding paling berattt 266kg beda 20kg dr baut..pntes dia paling vocal.. tp skg agak diem stelah toprak juara seri pke bmw 🤣

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here