TMCBLOG.com – Line-up pembalap bagi tim factory/pabrikan Ducati musim 2025 baru terkonfirmasi 50% dengan kepastian Pecco Bagnaia di sana, sementara itu ada waktu beberapa bulan ke depan buat tim asal Borgo Panigale ini untuk menentukan siapa tandem Pecco. Sementara ini calonnya sudah lumayan ngantri : Enea Bastianini, Jorge Martin dan Marc Marquez. Namun tahukah sobat sekalian, bahwa cukup dengan 3 seri perdana MotoGP 2024 untuk menyakinkan seorang Gigi Dall’Igna bahwa ia menginginkan Marc Marquez untuk berwerpak merah Ducati tahun depan dan bertandem dengan pembalap yang di Portimao clash dengannya – Pecco Bagnaia.

Isu ini hadir dari telik sandi orang dalam team Lenovo Ducati yang dimiliki oleh jurnalis Mat Oxley. Dalam siniar terbarunya, Mat sangat yakin bahwa “Kami memiliki mata-mata di setiap pabrikan, dan Kami memiliki bukti dengan level ‘solid gold’ dari insider kami di Ducati bahwa Gigi Dall’Igna menginginkan Marc Marquez untuk tahun depan,”

Marc Marquez memang terlihat turun kelas dari awalnya membalap bersama Repsol Honda ke Gresini tahun ini, namun ia sepertinya tak peduli akan hal itu “Ia mungkin sudah memiliki seratus juta Euro di rekening banknya,” Dan yang jadi pertanyaan kenapa memilih Marc Marquez?

Lanjut dalam siniarnya, Mat menjelaskan berbasiskan analisa bahwa Marc Marquez saat ini memilih membalap bersama tim level C dari Ducati yakni Gresini Racing [level A = Lenovo Ducati dan level B = Pramac Racing) namun ia telah membuktikan di tiga balapan pertama bahwa ia berhasil menempatkan dirinya di market pembalap, ia berhasil membuktikan dirinya bahwa ia masih bisa menang, Ia masih memiliki rasa lapar akan kemenangan itu.

Menguatkan informasi yang diperoleh Mat, partner siniarnya yakni Peter Bom menambahkan bahwa Gigi Dall’Igna harus melakukan sesuatu untuk Marc, karena Marc Marquez telah membuktikan bahwa ia masih kencang, dan ia memberikan banyak feedback kepada Ducati. Bahkan jika anda tidak menyukai Marc untuk bergabung di tim, namun mungkin adalah sesuatu yang lebih baik untuk menempatkannnya di tim. Karena Marc bisa jadi masalah bagi Ducati factory jika berada di tim lain tahun depan.

Satu statement kuat yang keluar dari Peter Bom adalah “Menurut Saya, Gigi [Dall’Igna] menyukainya. Mereka telah mengenal satu sama lain. Keduanya tidak memiliki opsi selain menang, menang dan menang.” 

Namun yang mungkin menjadi salah satu pengganjal adalah salah satu yang juga diinformasikan oleh insider Ducati kepada Mat Oxley yakni dimana Pecco Bagnaia tidak menyukai Marc Marquez sebagai team-matenya. Walau demikian, Gigi biasanya memiliki posisi dan pendirian yang kuat di atas para pembalapnya, jadi jika Pecco bersikeras tidak menyukai Marc ada dalam satu box dengannya, namun jika Gigi menginginkannya. Maka tahun 2025 Pecco harus bersiap karena Marc akan hadir di sisi pit box-nya.

63 COMMENTS

    • Pembalap yang begitu dimusuhi VR46 beserta fans beratnya hingga ke liang kubur tentulah bukan seorang pembalap sembarangan.

      Tidak mungkin VR46 dan fans yellow stabilow-nya memusuhi pembalap yg biasa saja kemampuannya, kan ??
      Itulah sebabnya para fans berat warna stabilow susah banget untuk menerima pembicaraan yg membicarakan tentang kelebihan skill MM93.

    • Serius amat, hanya rumor agar nama mark terus di sebut, kita saja, klo martin jurdun naik ke lenovo, klo enea jurdun, ya tetaplah line up

    • dulu juga pas boyong anak kesayangan luigi (paduka Jorge)
      Dovi ketar ketir
      Luigi Cengar Cengir

      sayang Paduka hanya dua tahun di ducati…
      andai andai beliau lebih lama. tapi ga perlu dibahas ya kalo ga salah udah ada artikel panjang wak haji mengenai kepindahan paduka ke repsol karena keterlambatan ducati mempertahankan beliau

  1. Kasian amat jorge martin.. jatuh bangun tunjukin performa kalah sama pendatang baru diteam level “C” hanya dari 3x balapan saja..

    • martin sih wajib jurdun musim ini klo gk mau pamornya turun apalagi klo pindah pabrikan butuh penyesuaian lagi,, klo pembalap sekaliber marc sih jgn ditanya lagi siapa yg gk kepincut dg talenta marc,, opsi ducita ya masukin aja sekalian di tim biar gk ngrecokin apabila masuk tim pabrikan lain resiko ngrecokin dominasi ducita

    • khas netijen +62
      mbandingin itu apple to apple jangan apple to duren
      apple martin
      duren si ngkez
      ngkez koleksi jurdun udah 6 di kelas premier bos. bargaining point nya beda

  2. No debat ma lek gigi dall’Igna.. Di levev C aja dah 👍, apalagi di level A… Bisa👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

  3. Buktinya dovi aj bs out klo gk nuruut sama opa gigi.byrpn udh membuktikn back to back runnerup dblkng marck kalau itu

      • Dan itu menang sulit, yg harusnya menang mudah bagi duc4ti, makanya jika ketemu circuit yg cocok sama h0nda dovi kalah jauh. Itu poin yg membuat nilai d0vi turun, karna kala itu duc4ti sangat 0P dan h0nda hanya bertumpu pada marc, sedang team lain sedang progress, harusnya duc4ti menang banyak pada kesempatan itu.

    • Nah, kombinasi pedro-marc di KTM adalah salah satu yg ditakuti Gigi, makanya diangkutlah Marc ke factory sekalian.
      Bisa jadi ini strategi pelemahan buat marc juga, agak serem sih, tapi mungkin aja..

    • dari garis nasab sponsor lebih masuk akal KTM
      tapi apakah ga ada yg pngen liat ngkez tandem dani pedrosa lagi seragam oren. kbayang ngga kalo in future si ngkez yg nyundul dani jadi jurdun, langkap dah tuh kisah hidup si dani jadinya

    • entah knapa saya jg melihat martin mungkin isi seat hrc atau aprilia malah. si martin bargaining point nya mayan seksi ibarat zarco jaman masih jaya di tech 3 garpu tala

  4. Munkin pakde gigi tertarik dengan data telemetri marc, yg bisa bantu pengembangan desmogp, apalagi thn 2027 mulai regulasi baru, mungkin dengan gaya balapnya yg cepat adaptasi, marc menarik gigi untuk development yg dimulai 2026, pecco mungkin cerdas diatas motor, tpi ada data tersendiri yg disukai pakde gigi dri marc

  5. Mungkin Gigi tidak melihat apa yang dilat oleh haters nya Marc..
    “Marc sudah renta” “Marc waktunya pensiun” “sudah habis waktunya si Marc” “Marc sudah tidak bisa menang” dll dll..

  6. Well, sebenarnya gw lebih berharap Marc tetep stay di Gresini dgn motor factory atau pindah ke KTM,
    Kalo ketidaksenangan Pecco terhadap Marc kalo jd teammates nya sih udh banyak yg duga, krn Marc bukanlah sosok yg mentalnya mudah down, ga mempan kena psywar, meskipun kadang suka lost control waktu di trek, bisa2 bakal ada sekat jilid 2 di masa depan, wkwkwk

  7. Dari Marc sendiri bgmn kira” ? Menurut saya, bila terjadi seperti itu, akan menurunkan nilai Marc sendiri krn memilih motor yg superior dan mendominasi saat ini.

    • smacam logika dangkal
      yg superior ya p 23 wong trbukti udah battle proven dan menang pada musim 23. meski 24 adlah versi update, bellum ada bukti kalo bakal gondol gelar di akhir musim, april dan ktm lagi ganas juga lho

      • Memang benar bahwa Honda RCV213 tahun 2019 atau Ducati 2023 adalah paket motor yg memang terbukti bisa juara dunia pada tahun tersebut.

        Sedangkan paket motor Ducati 2024 serta motor pabrikan 2024 lainnya BELUM terbukti bisa menjadi motor yg mengantarkan pembalap menjadi juara dunia….

        Namun motor-motor pabrikan 2024 itu sudah terbukti dalam beberapa kesempatan latihan pra musim dan 3 kali race di awal musim mampu mengalahkan race pace dan kecepatan motor-motor tahun sebelumnya.

        Intinya motor-motor pabrikan 2024 itu terbukti lebih cepat namun belum terbukti mampu mengantarkan pembalapnya juara dunia.

  8. Sy lebih suka 2025 Marc & Pedro KTM, Vinales & Martin Aprilia dan Pecco & Enea Ducati.. biar motogp jadi tambah rame dan seru, tambah menyala bang!!

  9. cocok sih marquez
    1. sebagai daya tawar untuk menekan martin.
    2. sebagai marketing, penarik sponsor
    3. champion contender /skill masih bisalah bersaing dengan martin. pecco tetap contender utama
    4. preemptive strike, tindakan pencegahan krn ktm sudah punya acosta

  10. krn kl marc nggk masuk ducati factory, rugi lah ducati scara akan diambil lawan spt KTM jg mau dan gaji sponsor redbull yang kuat bisa masuk dan itu bisa merusak ducati masa depan.
    jorge martin kl ingin tantangan bisa masuk ke Honda Repsol dengan gaji yg tinggi. jiwa muda martin sangat cocok buat honda.
    kl honda nggk dpt martin bisa ambil maverick vinales dengan iming2 gaji yang tinggi pembalap muda harusnya mau ke repsol honda.
    kembali ke joan mir ini yg kasian telanta cocok buat motor inline

  11. Gigi D’alligna tau pengembangan motor suatu saat bakal mentok.
    performa motor (setidaknya antar pabrikan eropa) bakal relatif setara.
    maka disaat itu, pembalap lah yg menjadi pembeda

  12. logisnya MM ke Pramac dl dgn paket full pabrikan, Martil dpt kesempatan 1 thn di Factory. Sayang jg talent Martil yg ga dimanfaatkan

  13. wahh…inti sarinya terlalu maksakan ini namanya.benar akang, jika pembalap sdah mulai gak laku, maka udah tugas jurnalis untuk mengangkat kepermukaan lgi.

  14. Karena ktm sudah menemukan rider yg pas, maka ducati jadi merasa ada lawan. Peco tahun ini belum kelihatan dan jm belum tahu ada di mana tahun depan.

  15. Asal jangan dijadikan development motor aj sih,fatal kalo sampe ngrubah Ducati JD marq sentris😅,JD motor peremuk badan

  16. Karena Ducati bakal keliatan bodoh kalo sampe Marc bisa juara dunia di Tim satelit jadinya dia harus diambil. Lagian Marc juga masih pembalap paling hebat

  17. Kalo nanti beneran marq k ducati lenovo mgkn ini lbh ke strategi Gigi gmn caranya Ktm dan Aprilia nggk juara dunia..Marq dengan Ducati terkuat. Kalo nggk jurdun ya minimal Marq bantu Pecco di akhir musim. Ngeri si liat performa si Pedro

  18. Gigi tak punya pilihan lain karena kehadiran rookie Alien bernama Acosta di KTM dan ancaman dari pabrikan Aprilia yg sudah improve terlalu banyak ditambah sudah menemukan kliknya dengan sang rider Vinales

  19. Menurut gw ini cuma berita goreng-goreng nama Marquez doang dari blogger/jurnalis Marquez-sentris yang entah apa motivasi dibaliknya xixixi, jadi terkesan melebih2kan, segala mcm ttg Marquez sampe jatuh angkat motorpun diglorifikasi, padahal kenyataannya dia nyungsep. Gigi segitu senangnya sama si Marc? bisa jadi dia juga senang sama Martin, Enea, bahkan dia pernah bilang suka Oliveira sampe pengen Oliveira di gresini.

    • Ya ABM (Asal bukan Marquez) pasti kelojotan baca artikel beginian

      Wajar banyak yang suka Marquez karena talent dia yang specialized, rookie langsung jurdun, dan deretan gelar prestasinya.

      Macam yang sekarang suka dengan acossssstaaa, dari beberapa kalangan penonton senior yang nimang cucu atau adek adek kelahiran 2010,

      Tapi yang pasti ABM adalah kuning stabilo 😂

  20. Ducati masih butuh mamakez untuk menang?
    Btw kurang yakin apasih ama JM?
    Udah runner up sengit ama pecco, super konsisten. Sama2 spanyol juga.

  21. Sepertinya gigi rada khawatir dengan perkembangan ktm dan aprilia…jgn sampe marc ke ktm apalagi motor ktm itu type marc banget…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here