TMCBLOG.com – KTM resmi meluncurkan motor produksi terbatas turunan tunggangan balap yakni 450 Rally Replica terbaru mereka. Motor ini adalah versi konsumen dari motor reli pabrikannya di Reli Dakar 2024. Sebagai pabrikan sepeda motor tersukses dalam sejarah Reli Dakar, motor ini dibuat berdasarkan masukan dari para juara Reli Dakar dari KTM, yang menampilkan komponen-komponen yang memberikan tingkat performa yang diminta langsung oleh para juara reli ini. Hadir dengan pembaruan besar dengan desain yang berbeda, seluruh body fairing didesain baru. Tata letak tangki baru dan posisi jok reli yang lebih baik dengan ergonomis baru, memberikan kenyamanan yang lebih baik dalam berkendara jarak jauh. Navigation tower (dashboard menara navigasi) terbaru yang terbuat dari bahan serat karbon juga disematkan.

Model fairing penutup mesin bagian bawah terbuat dari serat karbon dengan gaya model pacuan Reli Dakar dengan corak dan garis yang berbeda dari generasi sebelumnya. Untuk tahun 2025 ini, KTM mengatakan bahwa 450 Rally Replica menawarkan penyegaran yang paling ekstensif hingga saat ini yang menampilkan mesin baru, revisi bodywork, dan sasis yang disempurnakan yang dikembangkan oleh KTM Factory Racing. Ini adalah satu-satunya sepeda motor yang sepenuhnya diproduksi dan dirakit di gedung KTM Motorsports di Austria, dengan hanya 100 unit yang tersedia di seluruh dunia.

Dapur pacunya merupakan versi terbaru dari mesin injeksi bahan bakar 450cc yang digunakan KTM di arena Motocross dan juga Enduro. Dilengkapi dengan kepala silinder SOHC terbaru, kopling yang diperkuat, dan gearbox yang diperkuat, motor ini merupakan perangkat keras kelas atas yang dirancang untuk menghasilkan tenaga dan keandalan yang optimal. Dua radiator terpisah menangani pendinginan mesin guna meningkatkan efisiensi yang lebih baik untuk mesin.

Model terbaru ini juga punya sasis baru yang dibuat dengan tangan di fasilitas produksi KTM Motorsports Mattighoffen. Dirakit dari bagian yang dipotong dengan laser dan dibentuk secara hidro, rangka ini memiliki parameter kelenturan longitudinal dan torsi yang diperhitungkan secara khusus dibandingkan dengan konstruksi rangka teralis baja sebelumnya, namun tetap mempertahankan umpan balik dari pengendara yang luar biasa, penyerapan energi, dan stabilitas garis lurus. Hal ini didukung oleh swingarm aluminium die-cast berongga baru yang dirancang untuk menawarkan kekakuan dan keandalan yang optimal dengan bobot seringan mungkin.

Sektor handling, 450 Rally Replica yang baru dilengkapi dengan suspensi WP PRO terbaru. Di bagian depan, garpu katup kerucut cartridge WP XACT PRO 7548 diameter 48 mm dengan jarak travel 304 mm dijepit ke dalam klem tiga mesin CNC offset 23 mm yang baru untuk mendapatkan kekakuan yang optimal. Penjepit atas juga menawarkan sistem PHDS yang dikembangkan sendiri, dilengkapi dengan peredam kemudi SCOTTS.

Mengambil alih kendali di bagian belakang adalah shock WP XACT PRO 7750 yang memiliki  travel suspensi 280 mm, dapat disesuaikan sepenuhnya untuk setiap rider dan medan off road tertentu. Telah dicoba, diuji dan digunakan dalam berbagai kemenangan di berbagai panggung Rally oleh orang-orang seperti Kevin Benavides dan Matthias Walkner.

Secara visual, motor 450 Rally Replica ini telah mengalami pembaruan model, dengan profil body yang lebih tajam dan agresif. Menara navigasi yang dikembangkan secara khusus yang terbuat dari serat karbon ekstra ringan berada di belakang fairing yang telah disempurnakan, yang memberikan aerodinamika yang lebih baik. Hal ini berarti pengendara akan mengalami lebih sedikit turbulensi dan goncangan saat berada dalam posisi duduk.

Di bagian belakang, tangki bahan bakar 16 liter mandiri berfungsi sebagai subframe dengan dua tangki tambahan 9 liter dan 9,5 liter di bagian depan, digerakkan oleh dua pompa bahan bakar terpisah yang dapat diaktifkan secara independen dari tangki depan atau tangki belakang. Hal ini meningkatkan total kapasitas angkut bahan bakar KTM 450 Rally Replica 2025 menjadi sekitar 34,5 liter (9,1 galon).

Fairing ini juga melindungi dasbor baru yang lebih ringan dan lebih sempit, dengan lampu peringatan terintegrasi dan dudukan untuk sistem buku petunjuk digital. Sistem lampu depan LED baru kini disematkan pada tameng depan, meningkatkan output pencahayaan secara keseluruhan sebesar 33% yang memainkan peran penting dalam berkendara di kegelapan malam.

KTM 450 Rally Replica 2025 juga dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang dirancang dengan baik dan unik untuk peralatan yang terintegrasi ke dalam penutup mesin. Hal ini memberikan pengendara akses cepat ke kunci pas dan membebaskan ruang dan berat tambahan pada pengendara. Urusan harga, KTM 450 Rally Replica adalah motor yang diproduksi dan dijual secara terbatas hanya 100 unit di seluruh dunia. Pengumuman KTM belum mengonfirmasi harga, tetapi bisa dijadikan ancer-ancer mengacu dari harga model tahun sebelumnya yang dihargai $27.220 belum termasuk PPN & pengiriman, sepertinya tidak akan jauh lebih mahal dari angka segitu sob. Pemesanan unit KTM 450 Rally Replica 2025KTM 450 Rally Replica 2025 dibuka pada 24 April 2024 di dealer resmi KTM. @tmcblog

9 COMMENTS

  1. Entah kenapa tapi suka banget sih sama replika Rally kaya Ktm ini atau Crf 450 rally, kalau dibandingin sama versi gede macam africa twin, pan america, atau gs1200 ibaratnya body builder replika Rally 450 lebih ke petinju kelas menengah proporsinya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here