TMCBLOG.com – Sepeti kita ketahui, regulasi teknis MotoGP yang akan menggantikan regulasi saat ini dan akan berlaku mulai tahun 2027 akan segera dirilis secara resmi. Atau minimal draft perdanannya akan mulai dicicil untuk perlahan-lahan diinformasikan kepada publik rencananya di sekitar Grand Prix Perancis di sirkuit Le-Mans akhir pekan depan.

MotoGP tampak sudah begitu siap untuk berpindah dari kubikasi 1000cc ke 850 cc, salah satu yang mungkin akan berubah adalah perubahan nilai bore piston maksimum yang saat ini ditetapkan 81 mm, entah akan berada nilainya nanti saat diinfokan. Mungkin akan berada di angka 70-an mm.

Namun begitu sepertinya angka angka krusial seperti nilai bore × stroke, kubikasi silindernya dan hal-hal daam koridor teknis lainnya sudah diinformasikan kepada semua pabrikan karena sejatinya tahun 2027 hanya tinggal 3 musim kompetisi berjalan lagi dan untuk membuat sesuatu yang baru, jelas pabrikan harus memulai projek ini sedini mungkin. Salah satu yang sudah mengakuinya adalah Aprilia Racing.

Salah satu petinggi teknis pabrikan yang bermarkas di Noale Italia ini – Albesiano mengatakan: “Kami sudah mulai mengerjakan motor 2027, permasalahan yang paling penting sudah diputuskan. Bagian pertama yang kita kerjakan adalah mesin yang harus sudah dibuat layout sepeda motornya.

“Setiap tim akan mencoba membawa motor baru ke trek pada musim semi 2026, atau mungkin bahkan lebih awal, kita lihat saja nanti. Hal ini akan mengalihkan sumber daya dari pengembangan sepeda yang akan digunakan hingga tahun 2026. Ini merupakan komitmen besar bagi pabrikan.”

23 COMMENTS

  1. Ya asal udah nanti turun ke 850cc, awas aja kalau supplier ban nya masih banyak alasan ini itu.

    Bakal ada nongol lagi v4 screamer gak ya ? turun power kan imho lebih banyak hal yang jadi lebih bisa terkontrol

  2. Kyknya Aero pun akan jadi kurang efektif krn powernya turun, lumayan itu dr 1000cc ke 850cc, apalagi utk versi awal2, belum lagi katanya make bensin berkelanjutan

    • Naah, HRC seharusnya bisa curi start tuh karena mereka kerja sama langsung dgn repsol untuk pengembangan bensin sintetis itu

    • Jangan salah dulu waktu motogp sempet diturunin ke 800cc tahun 2008-2009, top speed motor malah pada naik semua rata-rata

      • betul..! sasis lebih kecil lebih ringan tapi inget, waktu itu ECU nya Inhouse…
        kalo sekarang kan pake BRT, eh Juken, eh salah lagi.. pake magnet…

  3. Lha ini…semuanya mulai dari 0[nol], saya yakin Honda dan Yamaha (Suzuiki?) akan tidak terlalu jauh dari Ducati,KTM,dan Aprilia.
    Atau bahkan mengasapi Ducati ?
    We’ll see..

    • Logikanya bawa 1000 cc aja pebalap motoGP udah seperti main BMX, apalagi “cuma” 800 cc an, pasti leboh Goks lagi

    • gak bakal, wong yang dikecilin bore pistonnya

      beda sama jaman 800cc dulu yang sama 81mm kayak sekarang

  4. Ada isu soal kawasaki ke motoGP gk wak? Secara mereka ngelihat duo jepang terpuruk, siapa tau manajemen ambil kesempatan buat jadi “hero” bagi pabrikan jepang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here