TMCBLOG.com – Sepeda motorcross Honda CRF450R akan mendapatkan perubahan minor di bagian sasis untuk model tahun 2025 seperti yang terungkap dari registrasi desain paten baru yang didaftarkan oleh Honda sendiri yang menunjukkan seperti apa tampilan mesin versi berikutnya.

Peluncuran resmi CRF450 generasi berikutnya sepertinya tidak akan lama lagi, dan desain barunya menunjukkan motor yang mengambil contoh dari model kompetisi terbaru yang dikampanyekan oleh tim karya HRC di kelas MXGP, lengkap dengan bodywork yang mengambil inspirasi dari tahun 1980an.

Mengingat sifat pengembangan sepeda motorcross yang didorong oleh kompetisi, gaya biasanya dikesampingkan karena prioritasnya adalah apa pun yang dapat membuat mereka lebih cepat di trek. Namun karena tampilannya sebagian besar sama sejak tahun 2021, Honda jelas memutuskan untuk merombak CRF450R untuk model tahun 2025.

Spatbor depan, pelindung garpu depan, dan papan nomor terlihat merupakan komponen bawaan dari versi 2024, namun bodywork di belakangnya dikerjakan ulang. Perubahan paling nyata adalah panel shroud samping baru yang bentuknya lebih sederhana dengan dua saluran ventilasi keluar udara bertumpuk. Tampilannya memiliki nuansa CR500 dan CR250 pertengahan hingga akhir tahun 80-an dan berlanjut ke garis lurus yang ditarik ke bagian bawah jok dan ke ujung spatbor belakang.

Secara mekanis, sepertinya Honda lebih memilih melakukan evolusi daripada revolusi, tanpa perubahan nyata pada mesin SOHC Unicam atau knalpotnya, serta linkage swingarm dan suspensi belakang yang dibawa dari motor 2024. Namun pada rangka utama terdapat desain ulang, dengan braket tambahan yang dilas ke sisi atas tiang di setiap sisinya.

Nampaknya Honda mau memberikan titik pemasangan tambahan untuk subframe jok. Hal ini pasti berdampak pada keseimbangan kekakuan sasis secara keseluruhan, dan sekali lagi motocross balap pabrikan terbaru juga mengadopsi desain serupa, meskipun dengan tampilan yang lebih dibuat dengan tangan pada braket tambahan. – @tmcblog

7 COMMENTS

  1. tim hrc mxgp sudah pake model yg baru wak, lihat di ig tim gajser cover tangki sudah model yg baru lubang 2 model jalur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here