Home MotoGP Kenan Sofuoglu : Toprak ke MotoGP 2025 Bergantung ‘Restu’ BMW

Kenan Sofuoglu : Toprak ke MotoGP 2025 Bergantung ‘Restu’ BMW

34

TMCBLOG.com – Saat ini Toprak Razgatlioglu memiliki kontrak membalap dengan BMW Motorrad WSBK berdurasi dua tahun (2024-2025) dengan nilai 2 juta Euro per-musim, dan pihak pabrikan BMW sempat tampil memberikan penjelasan resmi yang singkat untuk merespon apa yang sempat diinginkan oleh Toprak untuk mencicipi MotoGP di 2025 : “Kami senang dengan kesuksesan yang dicapai Toprak bersama kami di Kejuaraan Dunia Superbike. Kami memiliki kontrak yang berlaku untuk musim ini dan musim depan (2025), dan kami tidak akan memicu spekulasi lagi.” Begitu kata BMW. Santuy tapi terlihat tegas dan agak sedikit beraroma ketidak-sukaan terhadap apa yang sempat disampaikan oleh Kenan Sofuoglu beberapa hari yang lalu.

http://app-okeefe.jfo7syl77y-pxr4kzxnv4gn.p.temp-site.link/2024/06/22/hrc-dirumorkan-niat-bajak-toprak-ragatlioglu-dari-bmw-buat-motogp-2025/

“Kami memiliki perjanjian dua tahun dengan BMW dan semuanya berjalan sangat baik. Ini berjalan sangat baik sehingga Toprak mulai bermimpi serius tentang MotoGP. Performa bagus Toprak menarik banyak minat dari tim-tim MotoGP,” jelas Sofuoglu. “Dengan gabungan kedua faktor ini, Toprak mulai mengatakan ‘Saya ingin MotoGP sekarang’. Tim juga menginginkan Toprak. Sejauh ini semuanya berjalan baik. Tapi kami harus menghormati perjanjian kami dengan BMW. Dalam pertemuan saya dengan BMW, saya katakan mereka bahwa Toprak ingin pergi ke MotoGP setelah menyelesaikan pekerjaan yang dia lakukan,” tegasnya Kenan.

“BMW belum memberi kami jawaban yang jelas. Jika BMW datang dan memberi tahu kami bahwa ‘kami ingin mempertahankan Toprak, kami akan menghormati perjanjian kami’, kami akan menghormatinya,” aku Kenan, “Saya tidak ingin menjelaskan terlalu banyak syarat perjanjian, kami memiliki kemungkinan untuk pergi. Kami tidak pernah dalam mode ‘ayo langgar perjanjian, ayo pergi ke tempat lain atau melakukan hal lain’ dalam perjanjian apa pun yang kami miliki. Jadi jika BMW mengatakan ‘OK Toprak, jangan pergi, maka kami akan mencegahnya untuk pergi, jika Anda ingin pergi ke MotoGP, Anda bisa pergi tahun depan’, maka kami bisa pergi ke MotoGP.”

Jadi walaupun saat ini Kenan yang merupakan manajer Toprak mengaku sudah ada tiga pihak dari paddock MotoGP yang melamar Toprak untuk 2025, namun secara umum skenario Toprak pindah ke MotoGP tahun 2025 akan sangat bergantung ‘restu’ BMW Motorrad.

Taufik of BuitenZorg | @tmcblog

34 COMMENTS

  1. ini kenan malah minta bmw kaya dora ke sweeper

    ayo kita sebutkan bersama

    toprak jangan pergi, toprak jangan pergi

    apa??? lebih keras!!!

    TOPRAK JANGAN PERGI, TOPRAK JANGAN PERGI, TOPRAK JANGAN PERGI!!!!

    toprak said : oh, ya ampun 😫

  2. Tiga pihak tim MotoGP yang minat Toprak?? 🧐

    Zaman kapan tuh? Sekarang udah hampir full penumpang tinggal berangkat aja

    • masa iya kenan ngomong omong kosong, kegeeran toprak ada yg mau di motogp
      kalo melihat performance doi di wsbk jadi pemimpin klasemen di motor baru dimana bmw yg tdnya motor busuk jadi motor juara, ga heran ada beberapa yg minat.

  3. sebenarnya kurang etis aja sih
    dah kek cerita vinyalose ke katemi

    kl lihat umur toprak 27 emang lagi matang, jadi bisa balance antara emosi dan sikap dalam bawa m0t0r, misal kata doi jadi di ngondeh, cukup buat membentuk kepercayaan diri sebelum 2027 di riset semua yg umurnya dh mulai menua

    tapi kl emang bimer serius, mending janjiin toprak buat 2027 nanti ikut motoboji sekalian buat riset motor dan juga jadi lejen buat bimer kedepannya, masa pensiun nyaman, dan bisa cover juga jadi HRD buat orang turkiye buat masuk lingkaran bimer

  4. setuju sih topx ke motogp sekarang, siapa tau beliau lah pawang recikvi sebenarnya. karena motor apa bae bisa jadi juara di tangannya.

  5. mungkin bisa jadi strategi juga sebelum BMW masuk moto gp, toprak harus merasakan atmosfir dan juga bagaimana moto gp sebagai bekal nantinya saat 2027 BMW ikutan moto gp, karena memang nanggung kalau nunggu 2 tahun lagi keburu umur udah 29

  6. apakah keingin toprak ke motoGP menjdikan dorongan halus agar BMW cepat2 mengisi slot pabrikan?… biar gak nanti dlu-nanti dlu.
    dan toprak juga cepet main ke motoGP

  7. Gibahan jurnalis yurop:
    Kalo promag jadi merapat ke yamama, disinyalir dapet senjata persis pabrikan.

    Jokinya :
    1. vacant
    2. ketoprak

    Entah bener, entah halu, time will tell lagh.

  8. Masuk motogp bisa 5 besar, udah keren banget om toprak. Selama masih ada mm93, pecco, martin dan pedro, bakal cukup menantang.

    Tapi rasa penasaran harus dipuaskan, sebelum pengsiun dari membalap.

  9. Bmw masih sayang2nya sama toprak baru dia sembalap bmw yg lgsg adaptif.
    Managernya aja yg ambisius pengen cuan dan gengsi gede .. hedehh

  10. Saya suka Toprak….
    Tapi ora banget untuk Kenan…

    Modal sabar waktu di Yamaha…dia akan mulus ke MotoGp..

    Yaa begini klo ambil keputusan, otak masih di penuhi emosi….luputtt jummm

    • Gak salah juga sih tipikal gak sabarannya, terbukti bisa jurdun WSBK dengan Yamaha, coba sabar aja waktu Toprak gak dipasang Suzuka8H dengan Kawasaki, belum tentu pindah ke Yamaha dan jurdun

      Pindah dari Yamaha ke BMW ternyata benerrr mampu kompetitif juga,

  11. Saya ga ngerti sama onda, waktu toprak masih di yameha mau abis kontrak ga diambil, malah bwm yg berhasil mendapatkan ttdnya, sekarang giliran di bwm baru berjalan setengah musim udah mau diembat.

  12. Menurut gw udh telat sih sori to say. Doi ke motobiji nanti udh masuk umur yg maap2 kata mulai susah adaptasi krn menjelang kepala 3. Kurang bebakat apa Toseland, Edwards, Hogson. Tp mereka melempem ketika ke motobiji krn kelamaan maen motor massal dan baru ke prototipe diumur jelang/lewat kepala 3. Harusnya doi ke motobiji abis jurdun kemaren. Apalagi monmaap dia diwsbk ketolong waktu yg selalu pas. Naek Yamaha disaat itu motor mulai nonjol dan casis Yamaha bisa diseret sana sini meskipun mesin loyo tapi bisa jadi motor terkompetitit kedua setelah Ducati, kemudian keluar Yamaha disaat itu R1 mentok dan ditampung BMW disaat arah development mulai terlihat dan masih ketolong sisa2 konsesi (bantuan rpm) yg bikin motor dia lagi2 terkompetitit kedua setelah Ducati krn punya topspeed hampir sepantaran tp casis lebih baik dr Panigale V4 berkat Kalex. Jadi meski dia kaga naek Ducati, performa dia selama ini masih bisa dibilang ketolong motor kompetitit. Kecuali dia fenomenal sejak dulu ampe skrg dgn naek CBR ato Kawasaki, itu beneran alien no debat. Cari aman sih stay di BMW aje abisin kontrak, baru abis itu mikirin ajang laen itu jg kalo bisa yakinin pabrikan di ajang laen dgn cara jurdun back to back di wsbk. Kalo sekadar mantan jurdun wsbk dan skrg baru mentok title contender wsbk sih direkrut Gresini ato Trackhouse harusnya udh sujud syukur, jgn ketinggian ekspektasinya, Marquez yg mantan jurdun 8X motobiji aje mau ke pabrikan Ducati musti refresh di tim satelit duku jd payrider kan. Realistis aje bang kenan.

    • Ianone yg B aja di wsbk dibilang masih mumpuni kalau comeback motogp. Padahal udh tuirr wkwk
      Tapi toprak yg baru umur 27, udh pernah juara & salah satu penantang juara, dibilang ga qualified wkwk entah gimana jalan pikirannya.

      Walaupun emang bener sih jebolan WSBK ga ada yg bisa bicara banyak di MGP, macem spies, cc, rea (wildcard). Tapi aneh aja cara mikir begitu, mana dibilang ketolong motor lagi wkwk

      • Sebutin 1 seri aje kapan Toprac pernah menang di motobiji, ato moto2, ato moto3. Jg sebutin dimana posisi Toprac di klasemen ketika naek motor yg dinerf abis-abisan aka ZX10RR apa title contender ato bahkan jurdun? Selamat ngubek2 google. Nyatanya motobiji kejam bre, lu ngarep auto masuk tim pabrikan di umur nearly kepala 3 bermodal pengalaman wsbk itu sama aje ngimpi kecuali pabrikan gurem. Tim pabrikan motobiji entah itu pabrikan yurop ato nipong yg ngisi selalu nama2 besar motobiji, Axosta, Bastianini, Martin, Piccolo yg nama besar moto2 aje begitu naek motobiji musti diospek dulu di satelit. Jangan kata jaman skrg, jaman dulu aje Rea mentok2 cuma ditawarin tim satelit padahal jurdun wsbk bekali2, bukan cuma sekali jurdun kemudian bekali2 gagal jurdun alias jurdun sekali plus title contender rutin tiap taon doang. Laen cerita klo toprac taon ini ama taon dpn bisa buktiin diri jurdun, pasti jadi rebutan tim motobiji.

        • Jangan ngentengin orang lah kang, bisa aj… bisa aj loh telapak tangan dibalik ky omongan orang, tinggal diliat aj dulu

        • Wkwkwkwk ya yg perlu diliat apa lg? udh gamblang begitu klo manajer Toprac aji mumpung naekin nilai jual Toprac kok. Muaranya udh jelas, secara alus minta naek gaji ke BMW. Ini loh rider kita laku di motobiji, lu pada mau dia tetep taat kontrak ya naekin gajinya. Liat noh die ngegendong motor lu, masa rela dia pergi? Gitu dah kira2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version