Home MotoGP Kebijakan Syarat Tim / Pabrikan Baru MotoGP Berubah Lagi

Kebijakan Syarat Tim / Pabrikan Baru MotoGP Berubah Lagi

9

TMCBLOG.com – Jika sobat sekalian dulu ingat bahwa sepeninggal Suzuki, hadirnya tim baru secara umum hanya bisa dilakukan oleh pabrikan baru yang pada dasarnya menggantikan posisi/slot Suzuki Ecstar yang notabenenya adalah tim pabrikan. Dan bahkan saat itu semisal Pierer Mobility ingin memasukan nama GasGas atau Husqvarna pun tidak diperbolehkan untuk hadir dalam entitas tim baru karena kedua brand ini masih akan menggunakan motor RC16. Kalau GasGas atau Husky mau hadir, keduanya harus berbekal motor baru yang unik dan berbeda dari RC16. Namun kebijakan ini sepertinya sudah diubah oleh Dorna.

Perubahan policy ini ketahuan setelah Dorna sempat ditanyakan mengenai potensi BMW masuk ke MotoGP di masa mendatang (sepertinya 2027) dan mengenai hal ini Carlos Ezpeleta mengatakan, “Kami sepakat bahwa visi MotoGP akan terus menjadi sebelas tim dan dua puluh dua pembalap. Pengalaman telah menunjukkan kepada kami bahwa kondisinya adalah yang terbaik. Faktanya adalah kami sudah memiliki harta yang sangat besar dalam diri kami.”

“Struktur yang belum kami manfaatkan sepenuhnya. Dua puluh dua pembalap aktif saat ini semuanya mewakili dua puluh dua cerita yang sangat bagus. Kami melihat aksi luar biasa dalam empat puluh empat balapan, dan saya pikir kami sudah menghadapi tantangan besar untuk itu menceritakan kisah-kisah ini dengan cara terbaik. Dengan dua puluh empat pemain, tugas itu akan menjadi lebih besar.”

“Pada akhirnya, kami tertarik pada kualitas sebelas tim. Apakah ini disediakan oleh lima atau enam pabrikan adalah soal lain. Tapi bukan rahasia lagi bahwa prioritas kami saat ini adalah lima konstruktor. Ini tidak berarti bahwa kami ingin mencegah masuknya konstruktor keenam, tetapi itu berarti konstruktor lain harus bekerja dengan salah satu dari sebelas tim. Sebelas tim, dua puluh dua pembalap. “

Terlihat jelas bahwa jika BMW jadi masuk ke MotoGP di 2027 nanti mereka harus melakukan seperti yang pernah dilakukan Aprilia dan Gresini beberapa tahun yang lalu dan sangat mungkin untuk 2027 nanti mereka Gresini sebagai tim yang paling masuk akal untuk merapat dengan BMW, sehingga dengan begitu semua pabrikan akan merata masing-masing memiliki satu tim satelit nantinya. – @tmcblog

9 COMMENTS

  1. Seharusnya nambah slot satu lagi, biar bener-bener merata. Kalau cuma 11 tim, kan berarti ada satu tim yang engga punya satelit.

  2. Kok pesanan bmw?? Pesanan ducati mungkin biar gak nambah lg pabrikan yg ngrecokin, kan bmw scr grup otomotif gede tuh itungan sumber dayanya, takut kesaing 😅

  3. Dorna menjadi cukup tamak. Mereka di sisi lain mulai repot dengan 22 seri dan 44 balapan yg menuntut logistik. Jika saja mereka mempertahankan maksimal 20 seri dengan hanya 10 balapan sprint maka 24 motor dan pembalap akan sangat enak bagi penggemar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version