Monday, 23 September 2024

Massimo Bartolini Perkirakan 2026 Yamaha Baru Bisa Kompetitif

TMCBLOG.com – Seperti kita ketahui, Massimo Bartolini sudah didatangkan oleh Yamaha dari Ducati Corse untuk membangun kembali pola pikir dan pola pengembangan motor Yamaha M1 agar lebih kompetitif. Dan baru baru ini akhirnya Bartolini buka suara mengenai seperti apa ia melihat karakter Yamaha atau pabrikan Jepang pada umumnya yang mempengaruhi dan menjadi penyebab keterbelakangan mereka dari pengembangan pabrikan Eropa yang agresif.

“Bagi Yamaha, memiliki teknisi asing adalah sebuah usaha besar. Saya tidak merasakan perbedaan apa pun karena orang-orang yang mencalonkan diri, apa pun kewarganegaraannya, bekerja untuk tujuan yang sama. Saya tidak merasa berada di lingkungan yang berbeda. Memang benar Ducati dan Yamaha adalah perusahaan yang berbeda tetapi mereka menyambut saya seperti biasa.

“Kami mengubah cara kami bekerja, berpikir, melakukan pendekatan, dan itulah yang membutuhkan waktu. Di Yamaha mereka konservatif & lambat. Memang benar orang Jepang memikirkan sesuatu 10 kali sebelum melakukannya. Perubahan sikap itulah yang berhasil dan itulah yang penting” Begitu Bartolini memulai penjelasannya.

Lanjut ada banyak pendapat mengatakan bahwa kedatangan Batolinini akan membuat mesin inline-4 Yamaha M1 akan berubah menjadi mesin V4 ala ala Ducati. Mengenai ini Ia menjelaskan, Apa yang akan saya tiru dari Ducati? Cara untuk selalu bertumbuh, berusaha melaju cepat, berkembang, bahkan dalam hal-hal kecil. Memahami dan meningkatkan: inilah mesin utama yang menggerakkan Ducati saat ini dan mungkin inilah yang membuat perbedaan dibandingkan.

Saya datang dengan ide untuk memadukan 2 cara kerja. Cara kerja Yamaha yang mempunyai hal positif, sama seperti [karakter cara kerja] Ducati , kecepatan, reaktivitas, kecerdikan. Dengan memadukan 2 budaya, lama kelamaan Anda akan menjadi lebih baik dalam keduanya. Ducati membutuhkan beberapa tahun untuk pulih dan mungkin memulai dari awal  sederhana yang kita miliki di sini.

“Dasar mekanik Yamaha cukup bagus, mungkin terjebak pada beberapa hal. Pada saat Ducati memiliki potensi yang berbeda dan strukturnya hampir selesai, Gigi tahu bagaimana mengarahkannya (2013) dengan sangat baik ke arah yang benar. Tanpa dia, mungkin, hal itu tidak mungkin terjadi.

“Berapa kali saya pergi ke Jepang? Rencana awalnya adalah pergi sebulan sekali, tetapi saya berhasil melakukannya pada bulan Juni. Akan sulit mempertahankan frekuensi tersebut di paruh kedua musim. Saya akan menghabiskan waktu lebih lama di sana pada akhir tahun, serta awal tahun 2025.

“Saya belum pernah melihat perusahaan sebesar ini (Yamaha) . Di Iwata mereka adalah raksasa, atmosfer balapnya tidak sebanyak Ducati. Di departemen karier Ducati, ini adalah “pusat bisnis” dari segalanya, Yamaha di sisi lain, perusahaan ini memiliki jantung produksinya sendiri, dan saya jamin itu menakutkan.”

Lanjut Bartolini juga memberikan prediksinya mengenai kapan Yamaha kembali akan bisa kompetitif, yang tentu didasarkan pada apa yang bisa ia kunyah kunyah dari kondisi Yamaha saat ini dan mengekstrapolasinya dengan segala update perubahan yang telah dan akan dilakukkan, Kalau kita beruntung dan bagus, itu baru 2 atau 3 tahun lagi. Pada akhir tahun 2025 kita bisa saja sudah dekat dan pada tahun 2026 kita bisa menjadi kompetitif, namun semuanya harus berjalan dengan baik. Dalam balapan, banyak hal bisa berubah dengan cepat, mungkin menjadi lebih baik karena kami sedang mengerjakan banyak hal di semua area.

“Saya akan dapat memberi tahu Anda tahun depan apakah Pramac akan membantu, tetapi jika Anda memiliki pembalap dua kali lipat lebih banyak, Anda memiliki 22 GP untuk melakukan beberapa hal. Ini akan terus membantu, kita akan lihat apakah itu kecil atau besar, dan memiliki beberapa pembalap di motor yang sama, bahkan bagi para pembalap, adalah sebuah keuntungan besar.” – @tmcblog

6 COMMENTS

  1. yamaha motogp bukan produk utama yamama sedang ducati emang rohnya motor2 spesial. mereka bikin motor spesial dl baru ikutan balap. sedang yamama sangat berbeda.

  2. Wak..ini kok susah banget dibaca blognya.. lompat2 gitu.. kalo scrol dilepas holdnya kaya lompat ke atas atau ke bawah.. mau nyelesain 1 artikel aja susah.. 😥

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP