Home MotoGP Michelin Beri Tambahan Opsi Ban Belakang Slick Khusus di MotoGP Aragon 2024

Michelin Beri Tambahan Opsi Ban Belakang Slick Khusus di MotoGP Aragon 2024

2

TMCBLOG.com – Kejuaraan Dunia MotoGP FIM kembali ke Circuito de Alcañiz, di jantung kompleks Motorland Aragon yang megah untuk pertama kalinya sejak 2022. Dibuka pada tahun 2009, sirkuit ini menjadi tuan rumah Grand Prix sepeda motor untuk pertama kalinya pada tahun 2010, dan setelah menjadi tempat reguler untuk MotoGP, Motorland Aragón bahkan menjadi tuan rumah dua balapan MotoGP pada tahun 2020 karena pandemi yang mengganggu kalender. Seperti juga Pirelli, Michelin beri tambahan opsi ban belakang slick khusus di MotoGP Aragon 2024.

Pada tahun 2023, sirkuit sepanjang 5,077 km, yang bertipe berlawanan arah jarum jam dengan 10 tikungan kiri, 7 tikungan kanan, dan dua lintasan lurus, (yang terpanjang adalah 968 m) mengalami pekerjaan renovasi besar. Semua aspalnya telah diganti, dan sekarang menjadi lintasan 100% baru yang akan dijelajahi oleh tim Michelin Motorsport dan mitra mereka untuk pertama kalinya.

Piero Taramasso, Michelin’s two-wheel competition manager; Mengingat aspal baru, konfigurasi sirkuit, dan kendala signifikan yang diberikan lintasan ini, baik untuk ban depan maupun belakang, kami sekarang memulai dari awal dengan karet baru. Kami tahu bahwa permukaan baru menghasilkan lebih banyak keausan pada ban belakang, tetapi juga variasi termal yang signifikan.”

“Namun, karakteristik spesifik akan bergantung pada ukuran butiran permukaan baru. Jika ‘terbuka’, tanah akan sangat abrasif, dan jika tertutup (halus), kami harus menghadapi peningkatan suhu yang cepat. Uji coba pertama akan sangat penting untuk pengaturan sepeda, dan para pebalap harus menghadapi berbagai kombinasi, tetapi kami akan ada di sana untuk membimbing mereka dalam pilihan mereka. Seperti biasa, kami akan membawa tiga senyawa untuk bagian depan, tetapi tiga senyawa, bukan dua senyawa seperti biasanya, untuk bagian belakang.”

Untuk MotoGP Aragon 2024, Michelin Motorsport akan menyediakan kompon karet soft, medium, dan hard yang simetris untuk ban depan. Di bagian belakang ada ada opsi pilihan tiga jenis kompon ban belakang, bukan dua, untuk lebih memahami karakteristik aspal baru. Para pembalap akan dapat memilih antara ban soft dengan kompon karet yang berorientasi pada speed, opsi medium yang menggunakan filosofi yang sama, dan ban hard yang didedikasikan untuk suhu tinggi. Ban belakang akan asimetris, dengan bahu kiri diperkuat, untuk merespons lebih banyak tikungan di sisi ini. – @tmcblog

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version