Monday, 23 September 2024

Kramer Luncurkan Prototipe APX-350 MA Hanya Buat Balapan

TMCBLOG.com – Kramer Motorcycles mengumumkan platform APX baru untuk sepeda motor khusus balap di lintasan yang dibuat berdasarkan mesin berkapasitas kecil. Model pertama pada platform baru ini adalah Krämer APX-350 MA, yang akan digunakan dalam seri MotoAmerica Talent Cup 2025. Prototipe akan memulai debut publiknya akhir pekan ini di Texas dengan lap demonstrasi selama putaran MotoAmerica di Circuit of the Americas.

Seperti sepeda motor Krämer lainnya, APX-350 MA akan ditenagai oleh mesin turunan KTM. Dalam hal ini, mesin ini berasal dari mesin DOHC Single 350cc berpendingin cairan yang dipakai pada varian motocross enduro KTM 350 EXC-F. Untuk APX-350, Krämer mengganti throttle body 42 mm dengan throttle body berukuran 50 mm untuk penggunaaan road racing.

Pada APX-350 MA, Krämer mengklaim output puncak sebesar 55 hp pada 10.700 rpm dan torsi maksimum 27 lb-ft. pada 8.100 rpm, dengan redline mesin ada di angka 12.500 rpm. Mesin ini dipadukan dengan kopling hidrolik dan girbok enam percepatan dibekali quickshifter dengan auto-blipping untuk up-shift tanpa menarik tuas kopling.

APX-350 MA akan menggunakan ECU balap merk Mectronik MKE7 dengan kontrol Engine-Brake yang dapat disesuaikan, Mapping Gas yang dapat disesuaikan, dan pembatas kecepatan di pitlane. Prototipe ini juga dilengkapi dengan dashboard dari Solo Engineering ECUMASTER dengan pengatur laptime beberbasis GPS yang kompatibel dengan berbagai sistem pencatatan data.

Mesin ini didukung oleh rangka teralis baja chromium-molibdenum yang dirancang untuk menawarkan kekakuan lateral dan kekakuan torsional. Untuk menyesuaikan ukuran pengendara dan gaya berkendara, sudut kepala kemudi, sudut lengan ayun, dan offset triple clamp kemudi, tinggi jok, posisi dudukan belakang, serta footpeg yang dapat disesuaikan posisi dan panjangnya sesuai kaki rider.

Suspensi dapat disetel sepenuhnya, menggunakan komponen WP Suspension. Di bagian depan, APX-350 MA menggunakan garpu upside-down berdiameter 43mm, versi modifikasi dari seri WP 6500 dengan tutup atas khusus untuk menawarkan rentang penyetelan pre-load yang lebih luas. Monoshock WP memenuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh buku aturan MotoAmerica. Baik suspensi depan maupun belakang menawarkan travel 12 cm.

Pengereman depan menggunakan kaliper Brembo Stylema tunggal yang dipasang secara radial yang dipadukan dengan rotor diameter 320 mm, sedangkan roda belakang menggunakan rotor diameter 230 mm dan kaliper Formula 4 piston. Velg menggunakan 17 inci terbuat dari aluminium-cast, dan dibalut oleh ban slick dari Dunlop.

Fairing aerodinamis terbuat dari bahan fiberglass, dengan titik pemasangan utama yang diperkuat serat karbon/aramid. Intake sentral di depan mengarahkan udara bertekanan ke kotak udara. Ciri khas Krämer, bagian ekor berfungsi ganda sebagai tempat bahan bakar, dengan kapasitas 12 liter. Spesifikasi untuk prototipe tercantum di bawah ini.

Info : Motorcycle.com

2025 Krämer APX-350 MA Prototype Specifications
Engine Four-Stroke, Single-Cylinder, DOHC, Four-Valve, Liquid-Cooled
Displacement 349.7cc
Bore x Stroke 88 x 57.5 mm
Compression Ratio 13.7:1
Power 55 hp @ 10,700 RPM
Torque 27 lbs•ft @ 8,100 RPM
Redline 12,500 RPM
Throttle Body Keihin 50mm Throttle Body
ECU Mectronik MKE7 ECU with Ride-by-Wire Throttle
E-Start Standard
Electronics Adjustable Engine Brake Control and Throttle Mapping, Integrated Lap Timer, and Data Acquisition Ready
Transmission 6-Speed, Quickshifter with Auto-Blip Downshifts
Clutch Hydraulic
Frame Type Chromium-Molybdenum Steel-Trellis Frame
Chassis Adj. Steering Head Angle, Swingarm Angle, and Triple Clamp Offset
Ergonomics Adjustable Seat Height, Clip-on Angle, and Rearset Position
Seat Height 32.2″ (820mm)
Curb Weight 242 lbs / 110 kg (claimed)
Fuel Capacity 12 Liters (3.17 US Gallons)
Wheelbase 51.96 in. (1,320mm)
Steering Damper Adjustable
Final Drive DID 520 Chain
Front Suspension WP USD 43mm Forks, Open Cartridge, Adjustable Pre-Load and Damping (Rebound/Compression)
Rear Suspension WP Monoshock, Adjustable Pre-Load and Damping (Rebound/Compression)
Front Brakes Single 320mm Floating Rotor, Single Brembo Stylema caliper, Radially Mounted
Rear Brakes Single 230mm Floating Rotor, Formula Four-Piston Caliper
Front Wheel 17″ x 3.0″, Cast Aluminum Wheels
Rear Wheel 17″ x 4.0″, Cast Aluminum Wheels
Body Fiberglass Fairing with Carbon/Kevlar Reinforcement, XPE Plastic Fuel Tank/Seat
Handlebars CNC Handlebar Clamps with Replaceable Tubes
Safety Wired Standard

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP