Home Pabrikan Aprilia Aprilia RSV4 X ex3ma . . . Satu satunya Superbike dengan Ground...

Aprilia RSV4 X ex3ma . . . Satu satunya Superbike dengan Ground Effect Fairing !

6

TMCBLOG.com – Di Misano, Aprilia Racing resmi memperkenalkan Aprilia RSV4 X ex3ma. Dan Selama ini memang sudah menjadi Salah satu misi terpenting Aprilia Racing untuk selalu mengembangkan teknologi balap mutakhir bagi para penggemar sepeda motor di seluruh dunia. Dari elektronik sepeda motor canggih hingga pembuatan rangka dan suspensi kelas dunia serta solusi aerodinamis perintis yang mendefinisikan ulang konsep balap sepeda motor, semua inovasi teknis yang membuat Aprilia terkenal dikembangkan di Divisi Balap.

Aprilia Racing terus mengejar teknologi tertinggi dengan RSV4 X ex3ma, RSV4 tercanggih yang pernah diproduksi. Ini adalah bab keempat dari proyek unik yang dimulai pada tahun 2019 dengan RSV4 X, diikuti oleh Tuono X, dan berkembang pada tahun 2022 dengan RSV4 X Thirty yang lebih canggih. Model yang benar-benar unik ini, ditandai dengan ‘X’, mewakili puncak teknologi dan performa yang tersedia untuk umum.

Romano Albesiano, Direktur Teknis Aprilia Racing: berkomentar: “Motor ini merupakan evolusi paling ekstrem dari program yang kami mulai untuk menghadirkan teknologi mutakhir langsung dari divisi balap kami kepada para pelanggan. Pengalihan teknologi balap kepada publik sering dibicarakan, tetapi di Aprilia Racing, hal itu merupakan kenyataan yang nyata.

Para teknisi kami telah menciptakan sesuatu yang jauh melampaui evolusi RSV4 yang sudah luar biasa. Hal ini paling jelas terlihat dalam aerodinamika, yang menampilkan inovasi yang biasanya disediakan untuk motor MotoGP. Ex3ma adalah motor pertama yang dijual umum dengan paket ground effect lengkap, yang meningkatkan beban lateral hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan model X sebelumnya: Fairing bertingkat dan sayap menikung merupakan inovasi yang pertama kali diperkenalkan Aprilia di MotoGP.”

Sayap depan, desain MotoGP sejati, memiliki lebar 550 mm dan menghasilkan downforce lima kali lebih banyak daripada model X Thirty sebelumnya, yang telah melampaui versi jalan raya, sehingga menghasilkan akselerasi yang luar biasa. Kemajuan signifikan terletak di balik permukaan, dimulai dengan ECU balap APX yang terkenal, yang telah ditingkatkan secara ekstensif untuk meningkatkan performa dan kemudahan penggunaan.”

Banyak komponen, baik yang terlihat maupun yang tersembunyi, yang baru atau dioptimalkan untuk mengurangi bobot. Sepeda motor ini tidak diragukan lagi merupakan sepeda motor yang paling mendekati pengalaman berkendara dari mesin MotoGP modern.”

Aprilia RSV4 X ex3ma menandai hubungan langsung dengan MotoGP, karena merupakan motor pertama dan satu-satunya yang tersedia untuk dijual umum yang dilengkapi dengan aerodinamika ground-effect. Teknologi yang sangat canggih ini, yang sepenuhnya dikembangkan dan dipatenkan oleh Aprilia Racing, sebelumnya hanya tersedia untuk RS-GP 24, yang berkompetisi di MotoGP.

Bentuk khusus fairing yang dibentuk di sisi-sisi memanfaatkan tekanan udara antara tanah dan motor saat menikung, sehingga meningkatkan cengkeraman. Seluruh paket aerodinamis, yang berasal dari MotoGP, mencakup sayap depan yang baru dirancang, sayap bawah (umumnya dikenal sebagai ‘spoon’) di bawah lengan ayun, dan sayap menikung di bagian bawah spatbor depan.

Fairing seluruhnya terbuat dari serat karbon, dibuat oleh PAN Compositi menggunakan teknik yang sama seperti MotoGP. Dibandingkan dengan X Trenta yang sudah canggih, fairing ini meningkatkan tekanan udara vertikal lima kali lipat dalam garis lurus, meningkatkan stabilitas dan presisi sekaligus mengurangi wheelie. Di tikungan, fairing ini melipatgandakan downforce, sehingga meningkatkan cengkeraman secara signifikan.

Livery khusus Perla Nera terinspirasi dari warisan Aprilia dan mitologi balap motor. Sentuhan akhir hitam mengilap dan grafis dari RSV4 X ex3ma merupakan penghormatan yang jelas kepada salah satu motor ikonik dalam sejarah olahraga ini, RS 250, yang dikendarai Max Biaggi dan memenangkan tiga kejuaraan dunia berturut-turut dari tahun 1994 hingga 1996 di kelas 250cc. Bukan kebetulan bahwa Aprilia Racing memilih livery ini untuk balapan Silverstone baru-baru ini.Untuk merayakan 75 tahun MotoGP dimana setiap pabrikan membalap dengan warna paling ikonik mereka.

6 COMMENTS

  1. Buat apa kalo gak bisa ikut kompetisi balap?
    Padahal dimensinya jg keliatan mungil

    Beast yg terkekang,Cuma berakhir jadi pajangan atau sekadar fun race community inimah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


Exit mobile version