TMCBLOG.com – Walaupun hanya ditempatkan di tim ke-2 yakni Pramac Yamaha tahun 2026, namun sepertinya Yamaha tetap menganggap penting sosok debutan baru mereka, Juara Dunia Superbike 2025 – Toprak Razgatlioglu. Yamaha terlihat berupaya mempersiapkannya sebaik mungkin untuk tes pasca musim resmi di Valencia dua hari setelah race Final MotoGP 2025.
Yes, agar Toprak benar-benar bisa menjalankan adaptasi yang baik terhadap motor prototipe Yamaha dan Yamaha bisa mendapatkan data-data awal seperti setup ergonomi, maka telah diputuskan bahwa Toprak akan melakukan tes Yamaha M1 di Aragon, sebelum Valencia Tes.
” Kami memiliki uji coba privat dua hari di Aragon, Minggu dan Senin, yang sudah direncanakan bersama tim penguji kami sejak lama. Dan prioritasnya adalah pengembangan – namun, kami melihat ini sebagai kesempatan untuk melakukan shakedown motor bagi Toprak. “
” Ia sudah melakukan pengukuran bodi beberapa waktu lalu, sekarang saatnya untuk memeriksa semuanya, untuk memastikan bahwa ia mungkin akan memulai [uji coba di] Valencia tanpa tekanan tersebut. ” Ujar Managing Director Yamaha MotoGP, Paolo Pavesio.
Dan bersyukurnya brand dimana nama Razgatlioglu tercatat saat ini dalam kontrak pembalap yakni, BMW, dikabarkan telah bersedia membebaskannya dari kewajiban kontraktualnya untuk sesi tes singkat menggunakan Yamaha M1 V4 di Aragon. Informasi ini juga menunjukan bahwa sepertinya arah Yamaha di 2026 sudah mengerucut berat ke penggunaan mesin V4 1.000 cc ketimbang inline-4 1.000 cc.
“Jelas [beralih ke V4] adalah targetnya, jadi jika kami mencapai target, sejujurnya tidak ada gunanya menciptakan kebingungan [dengan memberi Razgatlioglu mesin empat silinder segaris untuk diuji],” kata Paolo Pavesio hari Jumat kemarin di Portimao.




Gambar editannya kurang sempurna 😅
Langsung dikasih motor terbaru. Apakah yahaha siap ngelepas fabio
Sepertinya ganti Peco lebih menarik
Prakk…. kenapa gak di hondut aja. meraka gak riset dari 0. dan dah mulai improve mendekati ktm… di LCR juga gak jelek kok…
Ada kemungkinan Honda sungkan mau ngelepas marini. Sedangkan slot di lcr disediakan untuk rookie muda.
Ati-ati pake Michelin,glu
Jangan asal stoopie aja
Toprak tingginya mirip loriz baz bukan sih, jangkung amat
BMW legowo kasih lampu ijo Toprak ngetes m1 karena udah hepi dapet pak dokter.
Tukar guling yg mutualisme.
Hmm gimana ambil datanya ya ntar
V4 yg masih belum sempurna + power dikebiri
Dan Toprak yg belajar buat handle motor MotoGP + ban Michelin
Kenapa ga tes i4 dulu dan biarkan Toprak menyesuaikan ban Michelin kayak bulega yg tes superbike Ducati pakai Michelin sebelum ke desmo?
kan sudah di jelasin di video itu makanya kalau baca berita sampe selesai, sekarang kalau di suruh coba inline mau ngapain? mau adaptasi lagi? sudah jelas tahun depan itu V4 ngapain bandingin lagi. justru dia butuh adaptasi cepat dengan V4 ban michelin biar nanti pas di valencia dia sdh ngepas
Toprak kenapa ga dikasih wildcard sih , lumayan kan buat adaptasi..spt bulega yg walaupun ga ke motogp tapi dia bisa dapet pengalaman bagus tuh
udah abis dipake Augusto semua Kali kesempatannya
Masih ada ikatan kontrak sama BMW sampai akhir tahun.. itu bisa ngetes Yamaha di Aragon pun ada andil kebaikan BMW yang mengijinkan. Ceritanya mungkin lain kalo ada tim BMW MotoGP..
berterima kasih lah pada bmw motor kontrakpun jika berakhir di tahun ini tapi bmw gak keberatan dan mengiizin kan toprak ngetes motor yamaha, kalo sesama japanese itu sulit nunggu akhir tahun