Wednesday, 25 September 2024

Pertamina Enduro VR46 Racing Team Bisa Menjelma Sebagai ” Ducati’s Reference Team “

TMCBLOG.com – Pertamina Enduro VR46 Racing Team yang pada saat ini masih sebagai salah satu tim independen dari Ducati MotoGP, kemungkinan akan merasakan peran baru di masa mendatang yang perbedaan statusnya signifikan. Tim yang dipimpin oleh Uccio Salucci tersebut saat ini sedang dalam skenario menggeser posisi Prima Pramac Racing yang selama beberapa tahun ke belakang mendapatkan dukungan tertinggi dan spesifikasi motor-motor terbaru dari Ducati. Kelak apabila mereka deal dengan pabrikan lain yang saat ini rumornya akan hijrah ke Yamaha, maka Pertamina Enduro VR46 Racing Team lah yang berpotensi didaulat menjadi tim referensi Ducati MotoGP, sebuah status yang istimewa untuk sebuah tim independen di kelas primer.

Mengonfirmasi potensi transisi ini kepada La Gazzetta dello Sport, Uccio selaku Team Director Pertamina Enduro VR46 Racing Team menjelaskan bahwa draft kontrak baru tersebut dapat mendefinisikan kembali pembaharuan kemitraan mereka bersama Ducati pada musim MotoGP 2027. “Rancangan perjanjian ini mengenai rencana mendapatkan dua motor spek pabrikan untuk tahun depan, kemudian menjadi tim acuan mulai MotoGP 2027,” ujarnya.

Jadi begini sob, saat ini posisi Pertamina Enduro VR46 Racing Team memang lebih kuat untuk memperpanjang kerjasama mereka bersama Ducati ketimbang desas-desus akan pindah pabrikan ke Yamaha. Tahap yang dilalui oleh tim dengan pabrikan sudah sampai tahap pengajuan rencana kerja sama mereka mulai dari tahun depan (2025) yakni Ducati memberikan dua unit motor spek terbaru – Ducati Desmosedici GP25 – efektif mulai musim depan kepada Pertamina Enduro VR46 Racing Team, yang kemudian disusul oleh kenaikan status tim sebagai tim acuan atau yang mereka sebut dengan reference team menggantikan posisi Pramac Racing.

Namun, Salucci mengklarifikasi bahwa belum ada yang pasti dan masih ada beberapa aspek yang harus dipelajari; “Sekarang tinggal melihat skenario baru, yang akan memakan waktu.” kata sahabat karib Valentino Rossi sejak kecil ini.

Apabila Ducati resmi ‘me-upgrade‘ level Pertamina Enduro VR46 Racing Team, maka di sisi box lainnya diperkirakan akan ada rookie muda Fermin Aldeguer yang sudah dikontrak Ducati Corse untuk ditempatkan dalam tim. Ya, ini adalah wajar untuk junior team atau tim satelit yang menjadi acuan pihak pabrikan sebagai tempat menempatkan pembalap potensial mereka di masa depan. Lagipula pembalap binaan mereka yakni Marco Bezzecchi kini telah resmi hijrah ke tim pabrikan Aprilia Racing mulai musim depan, so dipastikan satu seat available di tim ini.

Dengan kemungkinan reorganisasi ini, Pertamina Enduro VR46 Racing Team tidak hanya dapat memperkuat posisinya sebagai tim satelit/independen biasa, tetapi juga menegaskan dirinya sebagai pemain penting di MotoGP. Bagi TMCBlog ini akan menjadi sebuah energi baru untuk MotoGP masa depan dan meratakan kembali distribusi kekuatan antara tim dan juga pembalap menyambut regulasi teknis baru, diharapkan bisa membawa dinamika baru pada masa mendatang. – @tmcblog

29 COMMENTS

  1. sepertinya ada campur tangan dorna mengenai konstelasi pembalap dan team demi menjaga keseimbangan ,team yang dana pas pasan di up biar survive, team mapan dikasih ke pabrikan yang pas pasan agar tidak kabur seperti pendahulunya, dan pembalap diatur sedemikian rupa agar mereka mendapatkan tempat yg layak, pembalap kuat ditaruh di motor motor yang dah kompetitif, pembalap tuan rumah dipertahankan sedemikian rupa biar tak kehilangan pangsa pasarnya…semua seperti ada alurnya yg demi menjaga balance itu td.manut sek gae sirkus ae….

  2. Masih heran dulu Bezzechi lebih milih tetep Ducati jika VR46 TEAM pindah supplier mesin, ehh kok sekarang rumors VR46 TEAM tetep pake Ducati tapi Bezzechi pindah Aprilia 🧐

    • Keterima kerja di tim factory team adalah segalanya.
      Mirip2 keterima kerja jadi PNS 😂😂.

      Kesempatan bisa saza nggak akan datang dua kali.

  3. Syarat wajib tim mbah kakung naik pangkat, disinyalir emang menampung si Firman.

    Ducita copas cara yamama (melalui petronas srt), menemukan talenta kotaro minami.

    Apakah Firman bisa memenuhi ekspektasi ducita?
    Time will tell lagh

  4. Bagus lah untuk sponsor Pertamina. Tinggal pecco aja nih kuat mental gak se tim sama MM. Bezz udah gak perlu bukti lagi dengan motor sama kalah. Enea Martin pindah. Berarti Gresini dapat motor lama dung. Kalo motor 2024 juara sih gas aja sama 73. Siapa tau cocok kayak 2022.

  5. Yang punya BA nya Yamaha, latihan di support pake motor Yamaha tapi ora mau jadi tim satellite Yamaha, maunya sama Ducati karena motor juara…piye jal

    • tim satelit itu orientasinya ga cuma di motor doang, tp lebih ke sponsorship, mana ada sponsor yang mau nempel di motor yg jarang ke ekspos di tv ????, kenapa gresini pramag dan teamnya rossi pilih ducati walaupun rossi brand ambasador yamaha yah karena itu td, karena ducati klo balapan di tv sering terlihat jd bagus untuk menarik sponsor, sponsor indo ajah gabung tuh, duit sponsor sangat2 berharga bagi keberlangsungan team satelit di motogp…duit pas pasan juga akan sangat susah cari pembalap bagus….nahh…alurnya kelihatan kan. UUD

  6. Gresini cuma dianak tirikan,padahal beberapa tahun belakangan jebolan dari Gresini yg dicomot ke pabrikan,tapi seolah itu gak jadi pertimbangan buat mempererat hubungan mereka jadi lebih spesial

  7. misal beneran pramac pindah ke yamaha, dan VR46 team jadi team junior factory ducati, maka untuk pertama kalinya ridernya bukan dari VR46 academy (jika diggia stay & masuk fermin), dan nasib franki morbi yg belum jelas (dapat kursi di VR46 atau ikut pramac ke yamaha)

  8. kalau franki akhirnya tetap di pramac dan besut M1 lagi, komentar pertamnya kira kira seperti ini : “well, saya memang ditakdirkan dengan M1 lagi, dan saya memang lebih cocok dengan M1”.
    andai Lin diganti Rosi sebagai manager di Factory Ymh, bisa jadi ini hal paling bagong di motogp.

  9. Smoga diggia bisa tetap dipertahankan sama vr46 team karna performa dia sejauh ini adalah yg terbaik di team…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here


TERBARU

KONTEN PILIHAN

MOTOGP